Yang Pergi Ke Pantai Torohudan Jogja

Posted on

Pantai Torohudan yang secara administratif berada di Kabupaten Gunungkidul menambah satu lagi alami yang berada di Yogyakarta. ini kecil, dengan garis sekitar 50 meter saja. Diapit batu karang yang menjorok ke laut pada kanan dan kirinya, ini malah membentuk semenanjung yang eksotis. Warga setempat pula menyebutnya Tanjung ataupun Semenanjung Torohudan.

Pasir di ini corak putih dengan butirannya yang sedikit kesat namun bersih. Di sekitar pantainya, kamupun akan memandang bebatuan karang yang terserak berupa kuning keemasan. Tipe karang seperti ini agak jarang ditemui di wilayah lain. Begitu banyak bisa ditemui di tempat ini saja.

Suara deburan ombak Pantai Torohudan bisa menghibur setiap pengunjungnya. via IG @dhani_saputraa
Suara deburan ombak Torohudan bisa menghibur setiap pengunjungnya. via IG @dhani_saputraa

Tidak hanya indah oleh pasir dan bukit karang yang mengapit, ini juga merasa nyaman dan membuat betah dengan deburan ombak yang menenangkan. Paling utama bagi hadirin yang datang untuk tujuan mencari atmosfer yang merilekskan dan rehat, karena irama laut yang dihasilkan biasanya tidak pernah membosankan.

ini adalah satu di antara pilihan yang menyejukkan di sekitar Kecamatan Saptosari. Hadirin yang datang ke ini biasanya camping, ataupun liburan dengan menjelajahi alam yang masih alami dan belum dikelola Pemda setempat.

Pantai Torohudan ini tenang dan sepi untuk dinikmati sambil bersantai. via IG @mryudi_gpt
Torohudan ini tenang dan hening untuk dinikmati sembari bersantai. via IG @mryudi_gpt

Bahwasanya ini bukan adalah kawasan wisata. Sebaliknya tak berpenghuni yang kerap didatangi backpacker yang mau berhasil menikmati keelokan alami. Mereka mendirikan tenda untuk menikmati alam terbuka yang masih liar.

Akses yang dilalui untuk sampai ke ini ialah jalan setapak, melewati bukit-bukit sebelah timur Ngrenehan  yang dilalui dengan tracking. Kendaraan memang tidak mungkin merambah jalur ini. Sampai-sampai kendaraan baik itu motor ataupun mobil Cuma bisa sampai zona parkir Pantai Ngrenehan yang bersebelahan dengan ini.

Pantai Torohudan ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang tersembunyi. via IG @doddyarisusanto
Torohudan ini ialah satu di antara pantai di Yogyakarta yang tersembunyi. via IG @doddyarisusanto

Bila kalian juga mau berhasil singgah di ini, berarti kalian mesti siap menanyakan posisi kepada pribumi yang kamu temui. Karena ini tidak disediakan papan penunjuknya. Jalur yang harus kamu lewatipun naik turun, lewat bukit dan lembah.

ini memiliki karakteristik khas banyaknya tanaman pandan laut yang rimbun. Pepohonan ini membuat ini semakin tersembunyi dan jarang dicermati oleh siapapun. Sedangkan malah di situlah keunikan dari ini. Tidak hanya kesannya yang tersembunyi akibatnya jarang orang yang datang menghinggapi, pepohonan pandan ini membuat atmosfer asri dan fresh.

Suasana sunset atau matahari terbenam di Pantai Torohudan juga cantik lho! via IG @yoedz_27
Atmosfer sunset ataupun matahari terbenam di Torohudan juga elok lho! via IG @yoedz_27

Cara Berangkat Ke Torohudan Jogja

Tohorudan beralamat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Untuk lebih mempermudah, ini terletak di sebelah timur Ngrenehan. Paling gampang kalau kamu memanfaatkan petunjuk posisi Torohudan di Google maps disini. Sesudah itu anda dapat bertolak ke tersebut dengan kendaraan individu.

Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam jika anda berangkat dari Kota Jogja ke ini. Dan rute yang dapat kalian lalui ialah, Ringroad Ketandan mengarah Patuk, lalu Lapangan Terbang Gading. Dari pertigaan Gading belok ke kanan, ke arah Playen. Sampai di Paliyan, ambil arah selatan ke arah Saptosari. Lalu Pasar Trowono, Ngrenehan, dan akhirnya sampai di torohudan.

Pantai Torohudan ini bisa dibilang juga cukup instagramable. Jadi kalau mencari pantai instagramable di Jogja, mampir kesini saja! via IG @hanifzuhdan8
Torohudan ini bisa dibilang juga cukup instagramable. Jadi kalau mencari instagramable di Jogja, mampir kesini saja! via IG @hanifzuhdan8

Karena kendaraanmu hanya bisa sampai zona parkir Ngrenehan, kamu akan membayar parkir kendaraan yakni Rp5.000 per kendaraan.

Tips Wisata Ke  Torohudan

  • Buat kamu yang tertarik mendatangi posisi ini, janganlah lupa untuk membawa santapan dan minuman yang cukup. Lokasinya jauh dari warung makan, tengah ekspedisi yang cukup jauh dengan medan yang naik turun memeras tenaga.
  • Gunakan sepatu yang nyaman di kaki dan tidak licin, agar kamu nyaman menelusuri ekspedisi.
  • Hendaknya memang ekspedisi ini tidak kamu lakukan sendirian saja. Anda dapat mengajak jalan beberapa sahabat yang punya kesukaan terhadap aktifitas outdoor dan mengandung petualangan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *