Wisata Masjid Indonesia 15 Masjid Terindah yang Harus Kamu Datangi

Posted on

Ramadan adalah waktu yang pas untuk mengaplikasikan wisata masjid Indonesia. Selain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada-Nya, kamu juga bisa menelusuri sejarah ataupun lika-liku kehidupan masyarakat di sekitar masjid.

Sebagai negeri dengan penganut Islam paling banyak se-Asia Tenggara, tak heran kalau masjid-masjid indah bertebaran di bermacam wilayah. Sekalian mudik dan melakukan tarawih pada hari-hari terakhir, mari kunjungi 15 masjid megah saran Tripzilla berikut.

1. Masjid Seribu Tiang, Masjid Agung Al-Falah (Jambi)

Image credit: @heruprasetio99

Pertama kali memandang bangunan masjid ini, kamu pasti langsung berdecak kagum. Masjid Agung Al-Falah di Jambi ini unik banget karena tiada pintu ataupun jendela yang halangi rubrik di dalamnya! Masjid ini terencana dibentuk dengan filosofi untuk menyongsong siapapun yang kepingin berhasil beribadah dengan ‘tangan terbuka’. Tidak hanya itu, model bangunan begini membuat atmosfer masjid merasa dingin dan nyaman.

Image credit: @miftaharifbudiman

Walaupun dijuluki masjid seribu tiang, sedianya masjid ini ‘hanya’ memiliki 288 tiang. Namun karena jumlah tiangnya yang begitu banyak, masyarakat lebih mudah mengingat masjid ini dengan nama tersebut.

Image credit: @1001masjidjambi

Posisi: Jalan Sultan Thaha Beringin, Legok, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36124

2. Masjid Pink yang Terang Riang, Masjid Raya An-Nur (Bintan)

Image credit: @estherbunnymo

Jikalau kamu sudah pernah mendengar tentang masjid berdinding ataupun berkubah warna-warni yang terletak di bermacam kota, kamu juga harus tahu tentang masjid merah muda satu ini. Anda dapat mengaplikasikan wisata masjid Indonesia sekalian mengeksplorasi destinasi-destinasi indah di Bintan.

Image credit: @romaini.romaini

Masjid yang berlokasi di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan ini kelihatan kecil dari kejauhan. Namun, kalau kamu mencermati dengan seksama, ada aksen keemasan di kubahnya yang menambah menawan panorama alam masjid. Begitu merambah masjid, kamu akan dihibur dengan desain dalam kubah yang semarak. Instagrammable banget!

Posisi: Jalan Raya Kawal, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29151

3. Masjid 99 Kubah, Masjid Asmaul Husna (Makassar)

Image credit: @yohansjo

Jikalau kamu berjalan-jalan ke Center Point of Indonesia (CPI) Losari, kamu akan memandang masjid ini di anjungan. Masjid luar biasa yang lebih diketahui dengan nama Masjid 99 Kubah ini akan mulai beroperasi pada bulan Ramadan. Wajib kunjung nih, buat kamu yang akan mudik Lebaran ke Makassar.

Image credit: @unearthedname

Tidak hanya menjadi satu di antara masjid terindah di Indonesia, bangunan yang diprakarsai dan didesain oleh Ridwan Kamil ini disebut-sebut sebagai proyek termegah di Indonesia Timur tahun 2019.

Posisi: Center Point of Indonesia, Losari, Makassar

4. Pusat Silaturahmi Masyarakat Muslim Bali, Masjid Muhammad (Denpasar)

Image credit: @vendyphotography

Ada banyak masjid dan musala tersebar di Bali, beberapa di antara lain terlebih lagi berdimensi cukup besar. Seperti Masjid Muhammad yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol. Bangunannya tidak kelihatan besar dari jalan raya, namun seusai kamu melewati jalan masuk dan tempat parkir, kamu akan terkesima memandangi masjid yang megah ini.

Image credit: @masjid.muhammad

Untuk merambah masjid, kalian boleh memutuskan dari 4 pintu besar yang adalah replika pintu Masjid Nabawi. Setiap pintu dinamakan dengan nama-nama Khulafaur Rasyidin, adalah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, dan Utsman bin Affan.

Image credit: @syababmuhammad

Masjid ini sering mengundang ustaz dan ustazah terkemuka dari Jakarta. Tiap hari ada jadwal aktifitas keagamaan, oleh karna itu masjid ini kira-kira selalu ramai. Pasti mengasyikkan buat dapat mengaplikasikan wisata masjid Indonesia sembari tarawih di tengah-tengah saudara Muslim-Muslimah di Bali.

Posisi: Jalan Imam Bonjol Nomor.335, Pemecutan Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80119

5. Masjid Berornamen Kristal, Masjid Khadija (Sleman)

Image credit: @selmadena

Masjid indah tidak harus besar, sepakat? Masjid Kristal Khadija mungkin terkategori ‘mini’, namun sudut-sudutnya mengundang untuk diabadikan. Bilik dan atap masjid ini tertutup kaca beraneka corak, yang dikabarkan dapat ide dari masjid di Dubai. Pola keramik pada lantainya membentuk motif floral yang menawan, ditambah dengan air mancur di halaman masjid, tak heran bila kalian akan berlama-lama di masjid ini.

Image credit: @raravintageous27

Masjid Kristal Khadija berlokasi di zona SMP dan SMA Budi Mulia 2, Sleman, Yogyakarta. Jaraknya tidak begitu jauh dari Lapangan terbang Adi Sucipto, kalian boleh mampir dulu ke sini sebelum memperingati momen Idulfitri bersama keluarga di Yogyakarta ataupun Sleman.

Image credit: desainbangun.co.id

Posisi: Kenayan, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Wilayah Istimewa Yogyakarta 55584

6. Tempat Melepas Capek untuk Geng Mudik, Masjid AR. Fachrudin (Malang)

Image credit: @arie_juve

Mudik ke Kota Batu dan sekitarnya? Kamu akan melewati masjid yang bersebelahan dengan Halte Landungsari, Malang. Bukan hanya bangunan masjid yang putih bersih ini yang akan buat anda terpesona, namun permukiman Universitas Muhammadiyah Malang yang luar biasa luas dan megah akan menggodamu untuk mampir dan berkelana.

Image credit: @ady_april

Masjid AR. Fachrudin terdiri dari 5 lantai, wow. Jikalau kamu memasukinya dari pinggir jalan raya, kamu akan langsung mendeteksi tempat salat adalah lantai 3 sampai lantai 5. Sedangkan bila kalian masuk lewat belakang (dalam kampus), kamu akan mendeteksi kantin, koperasi, ATM, dan poliklinik di lantai satu. Lantai 2 dipakai untuk kantor takmir masjid, tempat wudu, aula, dan taman pustaka. Lengkap!

Posisi: Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur 65144

7. Taj Mahal-nya Sunter, Masjid Ramlie Musofa (Jakarta Utara)

Image credit: @dierabachir

Sekitar satu tahun terakhir, ada ‘destinasi wisata baru’ di wilayah Danau Sunter, Jakarta Utara. Warga Jakarta ataupun turis dari kota lain gemar mampir untuk salat di masjid lux yang mirip dengan bangunan Taj Mahal ini.

Image credit: @fahrudiyansyah

Berhubung masjid ini dibentuk di perumahan dimana Muslim adalah minoritas, maka ada kesepakatan dengan masyarakat sekitar bahwa azan tidak dikumandangkan ke luar masjid dengan suara keras. Sebagai pengganti, masjid ini memiliki beduk yang dipukul untuk mengumumkan waktu salat. Unik, kan?

Image credit: @fitria_puji_astuti

Buat kamu yang kepingin berhasil mengeksplorasi wisata masjid Indonesia, lebih-lebih di Jakarta dan sekitarnya, jangan sampai lupa mendatangi Masjid Ramlie Musofa ya.

Posisi: Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I/10 Nomor.12C-14A, Kota Jakarta Utara, Wilayah Khusus Ibukota Jakarta 14350

8. Cerminan Kemegahan Kesultanan Langkat, Masjid Azizi (Langkat)

Image credit: @anwiratmoko

Wisata masjid Indonesia belum lengkap tanpa mendatangi masjid yang memiliki nilai historis. Masjid Azizi ini adalah masjid tertua di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Masjid yang dibentuk pada tahun 1989 ini mengusung style arsitektur kombinasi Turki dan Arab. Sejak dahulu, corak utama masjid adalah kuning-hijau selalu dipertahankan agar menjadi karakteristik khas.

Image credit: @kevingumilang

Pada masa lampau, Masjid Azizi ialah pusat persebaran ajaran Islam untuk masyarakat Sumatera Utara dan sekitarnya. Demi mengabadikan sejarah dan merayakan wafatnya Tuan Guru Babussalam Syeikh Abdul Wahab Rokan, Festival Azizi sering diadakan setiap tahun. Aktifitas dalam festival mencakup lomba azan, baca puisi, tadarus Alquran, dan sebagainya.

Posisi: Jalan Masjid Nomor.1, Minggu Tanjung Pura, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20853

9. Masjid Terbesar Kedua di Asia Tenggara, Masjid Islamic Center (Samarinda)

Image credit: @adhan_dedy

Dengan jumlah penganut Islam mencapai 87% (Wikipedia), wajar kalau setiap kota besar di Indonesia memiliki masjid agung ataupun masjid raya. Tak terkecuali Samarinda yang memiliki masjid terbesar kedua di Asia Tenggara seusai Masjid Istiqlal. Tak tanggung-tanggung, luas bangunan masjid mencapai 43,500 meter persegi! Pantas saja akan tidak mudah untuk kamu memfoto masjid ini secara totalitas. Besar banget!

Image credit: @riskhianafarahnurdewanti_

Islamic Center Samarinda memiliki 7 tower pencakar langit dengan ketinggian 99 meter yang merepresentasikan Asmaul Husna. Sebaliknya anak tangga dari lantai dasar ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah yang melambangkan jumlah biji tasbih. Kurang lebih, berapa lama waktu yang harus kamu luangkan untuk mengeksplorasi masjid ini?

Posisi: Jalan Pangeran Bendahara, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251

10. Masjid yang Menjadi Pusat Peradaban Masyarakat, Masjid Raya Natuna (Natuna)

Image credit: @dio_ds

Di Natuna, kepulauan paling utara di selat Karimata, berdiri sebuah masjid indah yang cukup besar. Konon, satu saf bisa menampung sekitar 180 jemaah! Tidak hanya daya tampung yang sangat banyak, keunikan dari Masjid Agung Natuna ialah kubah yang berjumlah 20 buah dan disusun dalam 3 tingkatan. Desain kubah bertingkat ini mirip dengan desain Masjid Raya Sulaimaniah di Turki.

Image credit: @ariansera_

Wilayah masjid ini diketahui dengan nama ‘Permukiman Gerbang Utaraku’ yang menjadi implementasi pembangunan 5 pilar utama untuk kesejahteraan masyarakat, adalah keimanan, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan hukum. Tidak tanggung-tanggung, di dalam permukiman masjid terdapat pasar, halte, asrama STAI (Sekolah Teratas Agama Islam), gedung berolahraga, dan bangunan-bangunan lain untuk menopang kehidupan masyarakat Natuna.

Posisi: Ranai Kota, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau 29783

11. Sentra Dakwah Warga Muslim Kalimantan Barat, Masjid Raya Mujahidin (Pontianak)

Image credit: @dhaniielev

Satu lagi masjid raya yang berdimensi luar biasa besar, kali ini di Kota Pontianak. Halaman parkir masjid saja bisa menampung hingga 1,600 mobil! Sedangkan kapasitas bangunan masjid bisa diisi oleh 9,000 jemaah. Tak heran kalau masjid ini selalu dipakai untuk menyelenggarakan hajatan seperti perkawinan, ataupun mengadakan peringatan hari-hari besar Islam.

Image credit: @ayuhaliza_

Bangunan asli Masjid Mujahidin Pontianak sudah ada sejak tahun 1978, lho. Untuk memperbaiki dan memperindah masjid, diadakan renovasi pada tahun 2011-2015. Jadilah Masjid Mujahidin seperti yang kita lihat saat ini, dengan luas bangunan sekitar 3,600 meter persegi.

Image credit: @nursyahrinidewi

Posisi: Jalan Jendral Ahmad Yani, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121

12. Berdiri Kokoh Sejak Abad Ke-15, Masjid Jami’/Agung (Tuban)

Image credit: @tryonopambudi

Di samping corak kubah yang ‘ngejreng’, Masjid Agung Tuban menegaskan kita akan kanopi Masjid Nabawi. Payung yang bisa dibuka-tutup tersebut menjadi aksen yang menyongsong kedatanganmu di masjid yang lampaunya bernama Masjid Jami’.

Image credit: @mf_cc206

Pertama kali direnovasi pada tahun 1894, masjid ini sudah beberapa kali mengalami perluasan dan transformasi style arsitektur. Pada tahun 2014, Pemerintah Wilayah Tuban memperbanyak 2 tingkatan agar bisa menampung lebih banyak jemaah, serta mendirikan 6 tower masjid. Luas totalitas bangunan Masjid Agung Tuban saat ini sekitar 3,565 meter persegi. Cocok untuk tarawih bersama keluarga, nih.

Posisi: Jalan Bonang, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62311

13. Serasa di Negeri 1001 Malam, Masjid Agung AG KH Abdul Rahman Ambo Dalle (Pare-Pare)

Image credit: @dzulkifly_ri

Parepare, ataupun Pare-pare, ialah kota kelahiran presiden ke-3 Indonesia, Ayah B.J. Habibie. Kota dengan panorama alam nan menawan ini memiliki sebuah masjid unik yang akan membawa pikiranmu terbang ke Timur Tengah. Di samping itu, masjid ini memiliki ‘ruang bawah tanah’ yang instagrammable banget. Wajib merasakan menunggu beduk magrib di masjid ini!

Image credit: @elfarasatriyo

Masjid ini terkategori masjid baru, yang mulai beroperasi pada tahun 2010. Namun begitu, kapasitasnya mencapai 3000 jemaah. Untuk penuhi kebutuhan tamu pada hari-hari giat, terdapat 80 toilet dan tempat wudu yang tak kalah luas. Tak perlu khawatir kalau kepingin berhasil mengaplikasikan salat Idulfitri di sini, teras dan pelataran masjid juga cukup nyaman untuk salat, kok.

Posisi: Jalan Jenderal Ahmad Yani KM.2, Ujung Baru, Soreang, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan 91113

14. Masjid Polda Terbesar Se-Indonesia, Masjid Arif Nurul Huda (Surabaya)

Image credit: @ferdiantiojs

Merambah Kota Surabaya dan menyusuri Jalan A. Yani, kamu akan terkesima dengan panorama alam masjid yang luar biasa indah – apalagi bila kalian melewatinya pada malam hari. Style arsitekturnya cukup minimalis namun mengundang kesan magis. Ditambah dengan danau persis di depan pintu masuk masjid, menanti senja di sini pasti mengasyikkan.

Image credit: @silapurnaarif_

Masjid Arif Nurul Huda adalah kebanggaan bagi Kepolisian Wilayah (Polda) Jatim karena menjadi masjid Polda terbesar se-Indonesia. Baru diresmikan pada tahun 2018, sebelumnya anggota Polda Jatim hanya memiliki masjid kecil yang kondisinya cukup kurang baik. Dengan demikian, adanya Masjid Arif Nurul Huda ini diharapkan bisa tingkatkan spiritualitas para polisi.

Image credit: @indraiswanto84

Tenang, masjid ini terbuka untuk umum. Kamu yang mudik ataupun mengaplikasikan darmawisata bisnis ke Surabaya, boleh banget singgah dan salat tarawih di Masjid Arif Nurul Huda.

Posisi: Jalan Ahmad Yani Nomor.116, Ketintang, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

15. Masjid Indah dengan Panorama alam Hijau, Masjid Andalusia (Bogor)

Image credit: @egreebrew

Masjid megah tak hanya dibentuk oleh pemerintah wilayah ataupun lembaga pemerintah. Kadang, universitas ataupun pesantren memiliki masjid besar yang bisa menampung ribuan jemaah. Salah satunya ialah STEI Tazkia di Bogor, yang juga terkemuka dengan Masjid Andalusia.

Image credit: @fuad.putranto

Masjid bergaya arsitektur Spanyol ini memiliki luas bangunan sekitar 1,250 meter persegi dan bisa menampung hingga 2,500 jemaah. Dinamakan Andalusia, karena wilayah otonom di Spanyol tersebut lampaunya adalah bagian dari Kerajaan Islam dan dipimpin oleh Thariq bin Ziyad. Harapannya, STEI Tazkia ikut berkontribusi untuk membangun kembali kejayaan Islam di seantero dunia.

Posisi: Masjid Andalusia STEI Tazkia, Jalan Ir H Juanda Nomor.78, Citaringgul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *