Cantiknya Pantai Losari Di Makassar, Wajib Di Kunjungi Nih

Posted on

Indonesia yaitu negeri kepulauan dengan daya tarik utama obyek wisata . Pemerintah berupaya terus membangun fasilitas-fasilitas mencukupi di sekitar agar bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Yup, karna ini juga bisa Anda lihat di Losari. yang menjadi ikonnya Makassar ini wajib didatangi. Terdapat bermacam aktivitas seru untuk dilakukan bersama orang-orang tersayang.

Pantai losari
Losari. Image via: www.instagram.com/jjs_makassar/

Seperti obyek wisata yang lain yang memiliki karakteristik khas khusus, begitu pula dengan Losari. Anda akan merasakan atmosfer berbeda yang tak akan didapatkan di wilayah manapun. Jadi, jangan mengaku pernah berkunjung ke Makassar kalau belum mampir ke Losari yang sudah terkemuka di mata nasional.

Pingin berhasil tahu apa saja keistimewaan satu di antara obyek wisata kebanggan ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini? Mari, simak informasi lengkapnya.

Sejarah Losari

Bermacam tempat yang menjadi obyek wisata di Indonesia tak lepas dari sejarah masa lalu. Losari juga memiliki cerita yang perlu Anda ketahui. Dahulunya tempat di sekitar  difungsikan sebagai pasar ikan di pagi hingga siang hari, seusai itu tempat berjualan beraneka santapan di sore hingga malam hari.

Sehabis itu pembangunan di tepi juga dilakukan pada sekitar tahun 1945, yang yaitu ide dari Walikota pada masanya, yaitu DM van Switten.

Simak juga: Tersembunyi dan Baru ditemukan, Objek Wisata Pantai di Bali Terindah

Pantai losari dari udara
Losari dari udara. Image via: www.instagram.com/jjs_makassar/

Awal mulanya, pembangunan dilakukan dengan pemasangan lantai dasar beton dengan panjang 910 meter. Pemasangan lantai ditujukan untuk menjaga fasilitas-fasilitas sekitarnya dari terjangan ombak selat Makassar. Selanjutnya pembangunan juga kian menaik, hingga sekarang menjadi obyek wisata yang banyak didatangi oleh warga sekitar, dan wisatawan luar untuk berkumpul dan menikmati semua sarana dan prasarana di sana.

Yang lain arti nama Losari sendiri sampai sekarang belum diketahui apakah itu diambil dari bahasa Belanda ataupun Makassar.

Namun jikalau diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa, Losari dipecah menjadi 2 suku kata, yaitu Los dan Ari .Los maksudnya ialah zona yang dipakai untuk kegiatan jual beli ataupun zona yang dipecah menjadi beberapa toko maupun los. Lalu, Ari diambil dari arti selaput pembungkus ataupun yang menyalurkan, seperti halnya ‘ari-ari’.

Dimana Posisi Losari?

Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Makassar, jelasnya masih buta arah dan tidak tahu jalan mengarah bermacam tempat yang di impikan. Apalagi saat Anda bermaksud untuk berkunjung ke Losari. Tak perlu bingung, alamat lengkapnya ada di Jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar.

Namun apabila masih bingung kemana harus berangkat, cobalah buka Maps dan cari alamat tersebut. Anda akan mendeteksinya dengan gampang. Seusai itu tinggal perkirakan jarak dari letak  berada sampai Losari. Sewa saja sepeda motor sembari menikmati jalanan di Kota Makassar.

Simak juga: Pantai Sadranan, Permata Indah Di Gunung Kidul Jogjakarta

Rute Mengarah Losari dari Lapangan terbang Hasanuddin

Kalau Anda berasal dari luar wilayah Makassar, lebih-lebih luar Pulau Sulawesi, tentu harus menggunakan pesawat sebagai transportasi utama.Lalu, kemana rute yang benar mengarah Losari dari Lapangan terbang?

Katakanlah Anda dari Lapangan terbang Soekarno-Hatta di Jakarta.Pertama-tama, belilah tiket pesawat mengarah Lapangan terbang Hasanuddin, Makassar. Bahwasanya rutenya sangat mudah, karena ini berada di pusat Kota Makassar, efeknya bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi orang maupun umum. Selagi waktu tempuhnya rata-rata 1 jam saja dari lapangan terbang, namun apabila Anda melewati jalan tol, maka bisa dipersingkat menjadi 40 menit.

Di samping itu, apabila Anda memulai petualangan dari Pelabuhan Soekarno-Hatta di Wajo, Makassar, maka waktu tempuhnya hanya 20 menit saja. Cukup singkat kan bagi Anda yang tak sabar menikmati atmosfer di Losari?

Masjid 99 kubah
Masjid 99 kubah. Image via: www.instagram.com/masjid99kubahmakassar/

Jam Buka Losari

Perlu Anda ketahui bahwa obyek wisata tidak memiliki jam operasional secara khusus. Berbeda dengan destinasi lain seperti museum, waterpark, air terjun, dan sebagainya. Dengan kata lain, Losari buka sepanjang 24 jam.

Anda leluasa mendatanginya kapan juga semau hati.Meski begitu, sangat dianjurkan untuk datang ke tempat ini antara jam 3 sore sampai 9 malam untuk menjauhi sengatan sinar matahari. Namun apabila Anda bersedia berhasil merasakan hawa di pagi hari, maka sah-sah saja.

Harga Tiket Masuk

Bicara perkara harga tiket masuk Losari, Anda layak bersenang hati. Berkunjung ke obyek wisata ini tidak dipungut biaya sama sekali. Maupun free.

Silahkan Anda datang kapan juga bersama siapa juga, karena tak akan dipungut biaya tiket masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja yang nominalnya pasti tak sampai 10 ribu rupiah. Tempat ini memang istimewa dengan semua kelengkapan sarana di sekitar, namun tidak terdapat tiket masuknya.

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Anjungan Losari

Losari yaitu yang unik, karena bentuk dari obyek wisata ini tidak seperti lain yang memiliki hamparan pasir dan biota lain. Pemisah antara lautan dan daratan ialah bebatuan di tepi yang menjadi pemecah ombak.

Pembangunan anjungan-anjungan di tepi laut inilah yang menjadi sarana khas sebagai ruang publik untuk dimanfaatkan oleh para hadirin.

Anjungan suku
Anjungan Losari. Image via: ksmtour.com

Anjungan di diberi nama berdasarkan suku-suku yang terletak di Makassar, seperti Anjungan Bugis, Anjungan Makassar, Anjungan Toraja dan Anjungan Mandar.

Renovasi anjungan selalu dilakukan sebagai tempat senyaman mungkin bagi masyarakat. Anda juga bisa diambil photo ria dengan latar belakang tulisan letter besi ‘ Losari‘ maupun nama-nama suku di Sulawesi Selatan yang berdimensi besar.

Tokoh dunia
Arca tokoh dunia. Image via: tsjokka.blogspot.com

Seusai puas diambil photo dengan latar belakang tulisan letter besi, coba pindah ke monumen patung-patung pahlawan Sulawesi Selatan, yaitu Sultan Hasanuddin, Sultan Alauddin, Arung Palakka dan patung-patung suku.

Seandainya Anda bersedia berhasil mencari tempat sholat juga tak harus jauh-jauh, karena ada masjid terapung di atas lautan bernama Masjid Amirul Mukminin. Intinya, Anda tak akan ketiadaan ide untuk melaksanakan seluruh aktivitas di Anjungan Losari ini.

Patung Dada Pahlawan Nasional
Arca dada pahlawan nasional asal Sulawesi. Image via: travelfauziamir.wordpress.com

Losari Malam Hari

Biasanya obyek wisata akan hening di malam hari, tapi tidak dengan Losari. Semakin malam, tempat ini malah semakin ramai, lebih-lebih di malam-malam liburan.

Lalu apa saja kegiatan di malam hari yang bisa dilakukan? Walaupun Anda tidak bisa memandang panorama alam laut dengan jelas karena gelap, tapi potret-potret tetap bisa dilakukan di Anjungan Losari. Posisi ini dilengkapi dengan penerangan yang mencukupi, efeknya sangat cocok dijadikan tempat nangkring.

Suasana malam
Losari Malam hari. Image via: www.instagram.com/jjs_makassar/

Apabila Anda mulai lapar, tak perlu repot-repot mencari santapan, karena wisata kuliner lengkap bisa dijelajahi di kawasan ini. Cukup berjalan kaki saja, tak lama seusai itu Anda akan mengetahui bermacam tempat makan yang berjejeran. Tinggal seleksi menu apa yang di impikan.

Harga-harga makanannya juga cukup terjangkau.Sebagai pencuci mulut, janganlah lupa icipi pisang epe, yang yaitu santapan khas dari Makassar.

Daya Tarik Lain di Losari

Mempersoalkan tentang daya tarik Losari memang tak ada habisnya. Seperti ini beberapa contoh keistimewaan yang akan didapatkan :

Spot Sunset Terbaik

Siapa sih yang tak terpesona memandang sunset ataupun momen terbenamnya matahari?Keindahannya ini seakan menyihir semua orang yang memandang. Losari dinobatkan menjadi spot sunset terbaik, karena hadirin bisa melihatnya langsung melalui Anjungan.

Panorama alam tersebut akan sangat jelas apabila cuaca  terang. Janganlah lupa abadikan momen sunset yang belum tentu Anda punyai lagi di peluang lain.

sunset
Sunset Losari. Image via: manusialembah.com

Sarana Wireless Zona Free

Jaringan wifi ataupun wifi bisa dijadikan pancingan bagi masyarakat dan wisatawan agar mau berhasil datang ke Losari. Lebih-lebih di era teknologi modern yang serba-serbi gadget ini. Kiranya semua orang memiliki Smartphone yang terkoneksi internet untuk berselancar di dunia maya.

Wireless zona juga menjadi tawaran menarik agar masyarakat maupun para wisatawan juga bisa mempromosikan Losari melalui media sosial.

Memancing

memancing
Memancing di Losari. Image via: gosulsel.com

Apakah Anda punya hobi memancing? Aktivitas ini bisa dilakukan di tepian dengan tanggul batu sebagai pemecah ombak. Banyak kok orang yang melaksanakan perihal serupa buat menemukan ikan maupun hasil laut yang lain.

Baca Juga : Tips Liburan Ke Tepi laut Plengkung Banyuwangi

Wahana Air

Aktivitas air seperti berenang memang dilarang di karena kedalamannya. Namun Anda masih bisa melaksanakan hal lain untuk merasakan atmosfer di lautan, seperti menggunakan perahu bebek, banana boat maupun sepeda udara.

perahu bebek
Naik Perahu Bebek di Losari. Image via: gosulsel.com

Futsal

Siapa bilang futsal hanya dilakukan di lapangan indoor?Anda bisa memainkannya di tepian Losari yang sudah disediakan tempatnya. Tentu lebih mengasyikkan bermain outdoor di sore ataupun malam hari.

Lapangan Futsal
Lapangan futsal outdor. Image via: bola.com

Sudah teruji kan bahwa Losari ialah pusat keramaian di Makassar yang wajib disambangi? Jangan sampai menyesal dikala Anda sudah meninggalkan Makassar tapi belum sempat mampir. Manfaatkan waktu sebijak mungkin untuk menciptakan momen dan kenangan terindah di ini.

Selamat wisata!

Losari Nan Menarik Di Makassar, Wajib di Kunjungi Nih!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *