Tugu Photocopy Unik dan Nyentrik di Tanah Datar

Posted on

Pernah liburan ke Tugu Jogja ataupun Tugu Monas? Setiap kota biasanya punta tugu yang dibentuk sebagai simbol ataupun bukti diri kota tersebut. Biasanya wujudnya pahlawan ataupun karakteristik khas yang melekat di kota tersebut. Kota Batik seperti Solo ada tugu berbentuk orang membatik. Di Kota Surabaya yang diketahui dengan kota Pahlawan punya Tugu Pahlawan dengan simbol bambu runcing. Mana lagi tugu yang menurut kamu bagus dan sangat mudah diingat?

Kalau tugu yang satu ini, barangkali dapat dibilang tugu paling unik di Indonesia. Kalau tugu yang lain yaitu simbol kota, tugu yang satu ini bernama TUGU PHOTOCOPY. Satu-satunya tugu fotokopi di dunia. Wah unik banget ya. Kurang lebih kenapa ya dibikin tugu beginian? Mari simak ulasan Hipwee Travel aja.

Tugu Photo Copy dibentuk di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Tugu ini cukup unik karena tidak berbentuk simbol kota ataupun wilayah tersebut

tugu photocopy via twitter.com

 

Di Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, ada sebuah tugu yang cukup eksentrik. Tidak dibentuk dengan figur pahlawan ataupun simbol budaya lokal, tugu ini dibentuk dengan nama Tugu Photocopy. Tugu ini berupa putih kotak memanjang dan di atasnya ada replika mesin fotokopi. Apa sih spesialnya mesin fotokopi buat warga Negeri Atar? Kok bisa sampai dibikinin tugu ataupun monumennya?

Mungkin buat kalian tidak begitu penting namun bagi warga Nagari Atar, mesin fotokopi yaitu simbol perekonomian dan kesuksesan mereka di tanah rantau

tugu photocopy via deskgram.net

Nagari Atar bukanlah sebuah wilayah yang subur dan cocok untuk pertanian. Topografinya berbukit-bukit dan serta berbatu sampai-sampai tidak mudah bagi warganya untuk bercocok tanam seperti kawasan yang lain di Sumatra. Untuk itu, wajar apabila banyak warga Nagari Atar menentukan untuk merantau ke bermacam wilayah baik di Sumatra ataupun Jawa. Mereka membuka usaha fotokopi di bermacam kota. Kira-kira 90 % perantau dari Nagari Atar membuka usaha fotokopi. Banyak yang sekarang telah sukses di perantauan, dan tradisi ini masih berlangsung hingga sekarang. Fotokopi jadi denyut nadi perekonomian warga Nagari Atar sampai hari ini.

Maka tak heran kalau mesin fotokopi amatlah berjasa bagi kehidupan warga Nagari Atar. Sebagai bentuk kerasa syukur dan terimakasih, maka dibuatkan Tugu Photo Copy sejak tahun 2012

tugu photo copy via twitter.com

“Tugu ini dibentuk sebagai lambang dan pemersatu para perantau yang tersebar di pulau jawa dan sumatera yang membuka usaha Photocopy dengan penduduk di kampung”, pungkas pak Amir Syarifudin selaku Wali Nagari Atar seperti dikabarkan di Kompasiana.

 

Tugu Photo Copy jadi penting karena lewat mesin inilah kehidupan warga Nagari Atar terus berdenyut. Ada nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan dan nilai perjuangan di balik tugu yang unik tersebut. Betapa tidak, kalau ada satu dari keseluruhan orang yang sukses, ia juga akan mengajak kerabatnya untuk menggeluti usaha yang sama terlebih lagi memodalinya. Jadilah banyak warga Nagari Atar sekarang jadi pengusaha lewat mesin fotokopi. Seperti itu kenapa banyak pengusaha fotokopi dari Sumatra Barat. Hehehe.

Ada tugu yang lebih unik? Share di kolom pendapat ya.

Source by [author_name]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *