Traveling ke Solo? Ini 5 Kuliner Khas Solo yang Selalu Dicicipi Wisatawan

Posted on

Kota yang kira-kira mirip seperti Jogja ini, masih sangat kental dengan budaya tradisional keratonnya yang terurus dengan baik. Tidak heran bila kota Solo menjadi satu di antara destinasi liburan di Indonesia yang menarik untuk didatangi. Hal yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke suatu tempat yakni mencicipi kuliner lokal tak cuma tempat wisatanya. Begitu juga saat liburan ke Solo. Banyak kuliner khasnya yang menarik untuk dicoba dan memberikan kenangan istimewa dari darmawisata liburanmu di Solo. Apa saja kuliner khas Solo yang harus kamu coba? Berikut rekomendasinya dari Liburan Aja.

1. Tengkleng

kuliner khas Solo, Tengkleng, liburanaja.com
Tengkleng Klewer Bu Edi, Liburan Aja (Instagram: @jajanyogya)

Kuliner khas Solo yang pertama yakni Tengkleng. Kerasanya kuliner ini sudah menjadi ikon kota Solo. Masakan ini dibuat dari tulang kambing yang masih ada dagingnya. Mirip seperti gulai tampilannya. Kelainannya terletak pada kuahnya yang lebih cair ketimbang gulai. Jangan sampai lupa dengan ekstra bumbu tambahan si cabe rawit yang dibiarkan masih utuh sampai-sampai membuat kuliner ini memiliki kerasa yang sedikit pedas dan fresh. Biasanya tengkleng dimakan dengan nasi.

Cara penyajiannya pula unik, tidak memanfaatkan piring maupun mangkuk, kebalikannya memanfaatkan daun pisang yang dipincuk. Nasi dalam pincukkan daun pisang sesudah itu disiram dengan tengkleng. Melihatnya saja sangat menggiurkan sekali untuk lekas dicicipi. Harga satu jatah tengkleng mulai dari Rp25 ribuan. Satu dari semua tempat makan tengkleng yang populer di Solo yakni Tengkleng Klewer Bu Edi yang lokasinya berada di Pasar Klewer Solo, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Surakarta.

2. Selat Solo

kuliner khas Solo, Selat Solo, liburanaja.com
Warung Selat Mbak Lies, Liburan Aja (Instagram: @eatfolks)

Mendengar namanya saja, kita langsung berpikir kuliner ini berasal dari Solo. Tetapi memang benar adanya, kuliner khas Solo ini selalu dinikmati oleh turis yang sedang liburan di sana. Bisa dibilang Selat Solo mirip seperti salad. Karena kuliner Jawa ini juga memiliki pengaruh masakan dari Eropa. Tidak saja bahagia, Selat Solo juga masakan yang menyehatkan. Dalam satu porsinya terdapat buncis, wortel, tomat, acar bawang goreng, kentang goreng, telur pindang, daging steak dan saus mayones. Lengkap sekali kan bumbu makanannya.

Olahan – bumbu yang dipakai memang terdengar campur aduk. Tetapi saat satu suap masuk ke dalam mulut, kamu akan tahu gimana enaknya. Bagi yang sudah mencicipinya pasti tahu gimana kerasanya. Tempat makan Selat Solo yang populer yakni Warung Selat Mbak Lies yang jadi langganan turis mancanegara. Satu jatah Selat Solo harganya mulai dari Rp16 ribuan. Anda dapat datang ke lokasinya yang terletak di Jalan Pensiunan, Gang II Nomor.42, Serengan, Surakarta.

3. Nasi Liwet

kuliner khas Solo, Nasi Liwet, liburanaja.com
Nasi Liwet Wongso Lemu, Liburan Aja (Instagram: @e_ndro)

Kuliner khas Solo memang sering kali memanfaatkan pincukkan daun pisang yang menjadi karakteristik khas khusus dan menambah nikmat makanannya. Tak cuma tengkleng, kuliner khas Solo yang juga memanfaatkan pincukkan daun pisang yakni nasi liwet. Kuliner yang satu ini begitu mudah karena hanya terdiri dari nasi putih dan lauk pauk yang mudah. Layaknya masakan rumahan. Tetapi perihal tersebut tidak kurangi keistimewaan kerasanya. Malah menjadi kuliner istimewa yang wajib kamu coba saat liburan ke Solo.

Nasi Liwet terdiri dari nasi putih yang diberi lauk pauk seperti telur rebus, suwiran ayam dan labu siam serta kuah santan yang gurih. Seporsi nasi liwet harganya mulai dari Rp19 ribuan. Anda dapat mencicipi nasi liwet di Nasi Liwet Wongso Lemu yang terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Harganya sedikit lebih mahal ketimbang dengan penjual nasi liwet yang ada, namun kerasanya sudah terjamin bahagia.

4. Timlo

kuliner khas Solo, Timlo, liburanaja.com
Timlo Solo, Liburan Aja (Instagram: @e_ndro)

Solo memiliki kuliner sotonya yang khas bernama Timlo. Kuliner khas Solo ini wujudnya seperti soto namun kerasanya seperti sup. Paling bahagia dimakan saat cuaca dingin, karena kuahnya akan menghangatkan badan. Isian Timlo terdiri dari mie soun, potongan sosis Solo, suwiran ayam, telur kecap dan wortel, sesudah itu disiram dengan kuahnya yang berbumbu gurih.

Kamu juga bisa meningkatkan telur dadar dan irisan hati ayam bila ingin. Harga satu jatah Timlo mulai dari Rp18 ribuan untuk isian yang lengkap. Tempat makan yang menjual Timlo di Solo, salah satunya yakni Warung Timlo Solo Sastro yang terletak di wilayah Pasar Gede, tepatnya di Jalan Kapten Mulyadi Nomor.8, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta.

5. Sate Buntel

Sate Buntel, liburanaja.com
Sate Buntel Mbok Galak, Liburan Aja (Instagram: @streetfoodstories)

Dilihat sekilas mirip seperti sate lilit khas Bali. Tidak seperti sate pada biasanya yang adalah potongan dari daging kambing maupun ayam, kuliner khas Solo ini dibuat dari cacahan daging kambing lalu dibungkus memanfaatkan susunan lemak tipis. Proses memasaknya sama seperti sate yang yang ada. Tidak saja dagingnya yang empuk, lemak tipis yang menjadi pembungkusnya menciptakan aroma yang khas saat terbakar. Bumbu sambal yang dipakai yakni sambal kecap yang dilengkapi dengan cabai rawit, irisan bawang merah serta kol.

Kian nikmat gunakan jeruk nipis untuk menetralkan kerasa dagingnya. Kerasanya yang khas dan bahagia ini menjadikan sate buntel disukai oleh 2 presiden Indonesia lho yakni Pak Soeharto dan Pak Jokowi. Tempat makan tengkleng yang bahagia di Solo, salah satunya yakni Sate Buntel Mbok Galak yang terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro Nomor. 112, Sumber, Banjarsari, Surakarta. Harga satu porsinya mulai dari Rp35 ribuan.

Jadi mau berhasil berupaya yang mana Cariers? Anda dapat berupaya semua kuliner khas Solo tersebut. Karena kerasanya tidak rela harus meninggalkan satu maupun 2 kulinernya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *