Tips Petunjuk Untuk Menggunakan Toilet Umum di Jepang

Posted on

Tipe dan cara gunakan toilet berbeda tergantung negeri, dan dari beberapa ada yang membingungkan macam mana cara memanfaatkannya. Walaupun begitu, kalau kita bertanya kepada seseorang, pasti ada kerasa malu. Ada yang mengatakan muka toilet adalah muka bangsa. Tak heran seandainya di Jepang, negeri yang beken dengan teknologinya itu, sediakan toilet yang bukan hanya bersih tetapi juga mutahir.

Untuk kamu yang pernah berkunjung ke Jepang jelas akan mengalami “gagap” sejenak disaat mengenakan toilet-toilet di tempat umum. Kecanggihan toilet di Jepang ini memang selalu membingungkan para pelancong. Jadi tak usah cemas hanya kamu sendiri yang merasa “ndeso” disaat berupaya memanfaatkan toilet di sana ya.

Di Jepang, toilet ada di stasiun, halaman, mall, restoran, dan tempat-tempat umum yang ada. Oleh karna demikian, jika anda sedang berada di Jepang, kamu tak harus khawatir tidak mendeteksi toilet ya. Kamu hanya perlu mencari ciri seperti ini (photo di bawah), ataupun bertanya seperti ini, :toire wa doko desuka (toilet ada di mana?)”

Kamu juga tak harus kok mempersiapkan duit receh kalau pingin berhasil memanfaatkan toilet umum di sana. Kira-kira semua toilet di Jepang bisa dipakai tanpa bayar kok.

Terdapat 2 kategori kloset yang biasa dijumpai di Jepang, kloset jongkok dan kloset duduk. Namun kloset duduk nampak lebih mendominasi dan dilengkapi dengan teknologi yang mutahir. Toilet umum mutahir ini mungkin tidak akan boleh anda temukan di negeri asalmu maupun di negara-negara yang ada.

Toilet duduk di Jepang dilengkapi dengan bermacam tombol yang memiliki fungsi yang berbeda. Bayangkan, jika anda angkat kaki ke toilet di Indonesia, mungkin kamu hanya akan mendeteksi tombol untuk menyiram (flush) toilet. Namun toilet di Jepang, setiap kloset standarnya memiliki tombol bidet, shower, stop, water pressure. Terlebih lagi pada kloset yang lebih mutahir terdapat lebih banyak seperti tombol warm seat, flushing/sound dan yang ada.

Walaupun tedapat banyak tombol, kamu tak harus khawatir untuk memanfaatkannya kok. Karena baru-baru ini, kebanyakan tombol sudah dilengkapi dengan instruksi berbahasa Inggris. Walaupun kadangkala instruksi berbahasa inggris masih sedikit membingungkan, anda dapat memanfaatkannya dengan baik kok. Gunakan sedikit imajinasi, kamu pasti bisa dengan enteng memahami fungsi dari masing-masing tombol. Untuk lebih gampangnya, berikut fungsi dari masing-masing tombol.

Bidet, diisyarati dengan simbol perempuan berupa pink. Tombol ini khusus untuk perempuan. Tugasnya untuk keluarkan air dan membilas bagian kewanitaan sesudah buang air kecil.

Shower, diisyarati dengan simbol air berupa hijau ataupun biru. Tugasnya untuk keluarkan air dan membilas bagian belakang sesudah buang air besar.

Stop, diisyarati dengan simbol kotak berupa oranye ataupun merah. Tugasnya untuk menghentikan aliran air.

Water pressure, diisyarati dengan simbol + dan -. Berfungsi untuk memperbesar (+) ataupun memperkecil (-) aliran air yang dikeluarkan dari tombol bidet dan spray.

Warm seat, terdiri dari on/off. Tugasnya untuk menghangatkan dudukan kloset. Kamu jelas akan berlama-lama duduk di kloset ini, apalagi pada saat masa dingin.

Flushing/sound, biasanya diisyarati dengan simbol not balok ataupun speaker. Tugasnya untuk keluarkan suara kucuran air bilas kamuflase. Tombol ini dipakai agar suara yang timbul akibat buang air besar ataupun buang air kecil tidak terdengar keluar toilet. Lebih-lebih pada toilet umum yang biasanya terdiri dari bilik-bilik.

Volume, terdiri dari simbol (+) dan (-). Berfungsi untuk memperbesar ataupun memperkecil suara yang dikeluarkan oleh tombol flushing/sound.

Berbeda tempat, berbeda pula cara pakainya. Toilet Jepang kerap diketahui bagai toilet yang terbersih di dunia. Itu bukan hanya karena dibersihkan saja, akan namun karena orang Jepang memiliki kerutinan untuk ‘tidak pingin berhasil merepotkan keluarga’, ‘tidak mengotori tempat yang akan dipakai oleh keluarga juga’.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan petualangan ke Jepang kamu pada H.I.S!
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *