Tips Pergi Ke Pantai Widodaren Jogja

Posted on

Mungkin kamu penasaran, kenapa pantai ini diberi nama Widodaren?  Buat yang belum tahu, nama Widodaren yang dalam bahasa Jawa berarti bidadari memang kayaknya cocok untuk diberikan kepada yang sepi dan memiliki kemolekan alami ini. Karena ini bisa dibilang merupakan satu dari keseluruhan pantai di Yogyakarta yang indah!

Di sepanjang bentangan Widodaren ini kamu akan melihat yang bersih dan indah, dengan untalan pasir putih yang alami, berpadu hawa udara yang sejuk. ini juga memperlihatkan karang-karang di sekitar , memberikan kesan kemolekan yang betul-betul alami.

Kalau kamu ingin bersantai, lebih baik liburan ke Pantai Widodaren saja! via IG @rahman.ali_012
Bila kalian mau berhasil bersantai, lebih baik liburan ke Widodaren saja! via IG @rahman.ali_012

Sudah pasti, siapapun akan tertarik untuk menghabiskan masa liburan di ini bukan!?

Widodaren yang Sunyi dan Menarik bagi Turis

Gunungkidul terlihat memiliki beberapa koleksi yang alami, belum dipoles namun sangat berpotensi menarik kepedulian pengunjung. Kemampuan yang hadir dari keunikan karakteristik dan kondisi , yang membuktikan perbandingan yang mencolok dengan pada lazimnya. Bisa dibilang,  Widodaren ini juga adalah pantai di Jogja yang unik!

Pada ini, kamu juga akan menatap sendiri adanya tebing dengan mahal mencapai 7 meter. Tebing ini untungnya boleh anda naiki melalui tangga yang telah tersaji. Dengan adanya tangga ini, jelasnya semakin mudah bagi tamu, untuk melihat langit senja yang berbeda corak menjadi keemasan, dengan matahari jingga yang tergelincir ke barat.

Siapa sangka sunset di Pantai Widodaren ini luar biasa indah seperti ini! IG via @norel08
Siapa sangka sunset di Widodaren ini luar biasa indah seperti ini! IG via @norel08

Di kawasan ini juga terdapat bukit, Bukit Widodaren yang berumput dan luas. Di atas rerumputannya, pengunjung yang singgah di bukit ini bisa melepas lelah dengan nyaman, sembari menikmati suara alam yang didominasi deburan ombak yang kokoh menghantam karang. Mengambil cuti dari pekerjaan, dan wisata ke ini, kalian boleh leluasa merilekskan saraf dan ketegangan angan. Melepas lelah di yang sepi, menjauhkan diri tengah dari banyak kegiatan jelasnya merasa nyaman.

Yang perlu kamu ingat, karena ini juga masih sangat alami dan belum banyak tersaji sarana, hendaknya kamu datang dengan bekal hidangan dan minuman yang cukup. Dan tidak lupa, untuk mengumpulkan sampah plastik dan sisa hidangan dalam kantong sebelum membuangnya pada tempat sampah. Dikhawatirkan kala kamu datang hanya dengan membawa duit untuk mampir di warung yang menjual seafood, ternyata inipun belum mengadakan warung yang kamu impikan.

Ada banyak spot instagramable di Pantai Widodaren! Jadi kalau kesini jangan lupa bawa kamera ya! via IG @seto_jasuma
Ada banyak spot instagramable di Widodaren! Jadi kalau kesini tidak lupa membawa kamera ya! via IG @seto_jasuma

Apalagi bila kalian berminat untuk camping. Ya, di ini kalian boleh mengajak teman-teman komunitasmu untuk camping bersama, dan menikmati aktifitas yang mengasyikkan bersama. Baik memancing, memasak dan makan bersama, maupun bersantai dengan game yang bisa kalian lakukan dengan santai. Tinggal beberapa hari di alam yang liar jelasnya akan membangkitkan lagi kecintaan akan alam. Berminat liburan ke Widodaren?

Cara Bertolak Ke  Widodaren

Letak ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Persisnya, ini berada di sebelah timur Ngrenehan. Sayangnya, belum ada papan indikator yang memusatkan pengunjung mengarah ini. Jadi tengah ini kamu memang baru bisa mengandalkan patokan Ngrenehan, dan petunjuk dari warga setempat.

Widodaren yang dalam bahasa Jawa berarti bidadari memang sepertinya cocok untuk diberikan kepada Pantai Widodaren ini @romeography
Widodaren yang dalam bahasa Jawa berarti bidadari memang kayaknya cocok untuk diberikan kepada Widodaren ini @romeography

Tak usah cemas untuk numpang tanya pada warga yang kamu jumpai di jalan, maupun seandainya terpaksa mengusik aktifitas warga di ladang. Biasanya mereka ramah dan baik kepada pengunjung yang sedang mencari-cari alamat. Ataupun kalian boleh juga memanfaatkan petunjuk posisi  Widodaren di Google Maps disini.

Dari arah kota Jogja, arahkan saja laju kendaraanmu ke Wonosari. Sesudah itu di wilayah Gading belok kanan, mengarah Saptosari. Lanjut sampai Ngenehan, yup dari sama kalian boleh memarkir kendaraan lalu meneruskan petualangan hingga Widodaren dengan berjalan kaki. Petualangan ini memang sedang lama, memakan waktu sekitar 40 menit. Sepanjang petualangan mengarah , kamu akan melewati jalan setapak, sawah warga dan perbukitan.

Harga Tiket Masuk Ke  Widodaren

Beda dengan pantai-pantai lain yang tetap menarik retribusi, di ini tidak dijumpai loket tiket maupun penjaga yang menyongsong pengunjung yang mau berhasil masuk posisi . Masuk kawasan ini memang free. Yang harus kamu bayarkan merupakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000 di Pantai Ngenehan.

Pasir pantai yang halus, suasana yang tenang seakan membius siapapun yang berlibur kesini. via IG @anjueka_ss
Pasir yang halus, atmosfer yang tenang seakan membius siapapun yang wisata kesini. via IG @anjueka_ss

Tips Wisata Ke  Widodaren

  • Petualangan dari posisi parkir ke Widodaren yang cukup jauh harus kamu imbangi dengan minum air putih yang cukup.
  • Karena ini belum mengadakan sarana lengkap, mengenai MCK kalian boleh singgah di Ngrenehan tempat kamu memarkir kendaraan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *