Tips Panduan Membuat Visa Schengen Eropa

Posted on

Jikalau sahabat – sahabat traveler berencana mendatangi negeri – negara di eropa, pasti kan kalian membutuhkan yang dibilang Visa Schengen. Pula sebagian besar orang suka cemas ketika mencari visa, dan lebih suka membuat visa Schengen lewat travel agent. Sejatinya cara membuat Visa Schengen Eropa sendiri itu cukup mudah kok.

O iya, buat yang belum tahu yang dibilang visa schengen ini yakni sebuah visa untuk banyak negeri di Eropa. Contohnya sahabat sahabat traveler bersedia bepergian ke negeri Islandia, Hungaria, Latvia, Luxembourg, Malta, Polandia, Portugal, Norwegia dan Swedia, Prancis, Italia, Belanda, Jerman, Austria, Spanyol, Swiss, Lichtenstein, Belgia, Yunani, Finlandia, Estonia, Slovenia, Slovakia, Republik Ceko, dan Denmark sahabat – sahabat hanya akan membutuhkan satu visa, ialah visa schengen saja. Duh asiknya ya! Traveling ke negeri – negeri di Eropa, hanya perlu satu visa Schengen sudah bisa melenggang ke banyak negeri.

Mau liburan ke Paris? baca Cara Membuat Visa Schengen Eropa Sendiri ini dah.
Bersedia liburan ke Paris? baca Cara Membuat Visa Schengen Eropa Sendiri ini dah.

Mengenai tempat membuat visa schengen sebaiknya di kedutaan mana, sesungguhnya semua kedutaan negeri yang masuk schengen bisa dipakai sebagai tempat pembuatan visa. Namun cara mudah membuat visa schengen Eropa sendiri biasanya dilakukan di Kedutaan Besar Belanda. Entah kenapa begitu, namun banyak yang dengan enteng mendapatkan visa schengen disitu. Pula sesungguhnya urusan visa itu hanya tuhan dan petugas imigrasi yang tahu 😀

Idealnya permohonan masa tinggal untuk visa schengen eropa untuk kunjungan singkat yakni maksimal 3 bulan, namun boleh saja apabila memohon dibawah itu. Terus usahakan untuk mengajukan visa schengen ini sedikitnya 2 minggu sebelum keberangkatan, dan hasil keputusan visa disetujui ataupun ditolak dalam 2 hari kerja sehabis dokumen – dokumen yang dibutuhkan diberikan ke kedutaan.

Untuk Dokumen – dokumen yang dibutuhkan sebagai ketentuan untuk membuat visa schengen sendiri di Kedutaan Besar Belanda yakni sebagai berikut:

  1. Passport. Siapkan yang masih berlaku dengan sedikitnya masa berlaku 6 bulan (asli dan fotokopi semua yang ada stempelnya). Jikalau ada passport lama, lampirkan juga (asli dan fotokopi).
  2. Photo Untuk Visa. 2 cocok photo bercorak dimensi 3,5 centimeter x 4,5 centimeter dengan latar belakang putih. Di kedutaan biasanya juga ada sarana pembuatan pass photo, namun demi kelancaran proses pembuatan visa shengen, harap disiapkan dulu. Lebih perinci mengenai contoh photo untuk visa schengen dapat diamati disini (klik disini).
  3. Biaya Visa Dalam Cash. Biaya pembuatan visa schengen yakni 60 euro per/orang untuk umur 12 tahun ke atas dan 35 euro per orang untuk umur 6-12 tahun. Biaya visa schengen harus dibayar dalam cash, dalam mata duit rupiah selaras dengan kurs yang berlaku saat pembayaran. Asiknya untuk anak dibawah 6 tahun tak harus membayar biaya visa.
  4. Formulir Permohonan Visa Schengen yang bisa didapatkan dengan download dari website Kedutaan Belanda ini.
  5. Asuransi darmawisata. Ada banyak asuransi di Indonesia yang umum dipakai sebagai ketentuan buat mendapat visa schengen ini. Terlebih lagi ada asuransi yang bisa himpunan sceara online dan pembayaran dengan memanfaatkan kartu kredit ataupun langsung transfer. Sehabis dibayar, polis asuransi pula bisa langsung di print. Tidak hanya untuk ketentuan pembuatan visa schengen, polis asuransi kadangkala harus selalu dibawa semasih di Eropa.
  6. Bukti Keuangan. Berdasarkan info dari blog kedutaan Belanda, tertulis kalau pemohon visa schengen sedikitnya harus memiliki dana di tabungan sebesar 34 Euro dikalikan masa tinggal semasih di eropa. Untuk lebih amannya, saldo sepertinya sanggup dilebihkan. Bukti keuangan ini bisa berbentuk rekening koran 3 bulan terakhir.
  7. Bukti Booking Tiket Pesawat. Bukti booking pesawat bisa memohon pertolongan untuk dipesankan di travel agen ataupun pesan saja dahulu, namun jangan dibayar. Baru sehabis visa schengen disetujui, beli tiket pesawat ke Eropa yang sebetulnya.
  8. Bukti Pemesanan Penginapan. Untuk bukti pemesanan penginapan, biasanya pesan online seperti di Booking.com ataupun Agoda dimana pesanan bisa dibatalkan hingga 2 hari menjelang kedatangan, tanpa ditarik biaya apapun. Kalau contohnya visa schengen Eropa tidak disetujui, pesanan bisa dibatalkan tanpa rugi apapun.
  9. Teks Penjelasan Kerja. Teks penjelasan kerja ini biasanya berisi menyatakan kalau sahabat – sahabat benar bekerja tetap dan tidak akan menjadi imigran gelap di Eropa. Bilang saja ke bagian HRD, mereka sudah kerap membuatkan pesan seperti ini kok. Lainnya untuk pengusaha lampirkan fotokopi SIUP saja.
  10. Rencana Petualangan Sepanjang Di Eropa. Rencana darmawisata ini diusahakan perinci, ataupun sedikitnya sahabat – sahabat traveler menuliskan bersedia bertolak ke negeri mana saja, kota apa, kapan landing di Eropa. Kalau bersedia lebih tekun lagi tulis jamnya sekalian 😀

Sehabis semua dokumen dipersiapkan dan sudah lengkap, langkah selanjutnya yakni membuat janji online untuk proses pembuatan visa schengen selanjutnya. Appointment online untuk visa schengen bisa dilakukan disini ( https://jakarta.embassytools.com/en/index ). Seleksi slot kosong untuk konfirmasi janji, slot kosong yakni yang bercorak biru. Dari proses ini sahabat – sahabat traveler akan mendapatkan nomor antrian melalui email.

Contoh visa schengen.
Contoh visa schengen.

Datang sesuai bertepatan pada yang sudah direncanakan dalam appointment online tadi, dengan membawa bukti nomor antrian yang di print, juga semua dokumen yang dibutuhkan. Dengan sebab keamanan semasih menunggu antrian sahabat – sahabat akan tidak diperbolehkan memanfaatkan smartphone sama sekali. Kalau membawa tas juga harus ditaruh di loker yang sudah disediakan.

Begitu nomor antrian terpanggil, silahkan mengarah loket, disitu akan ditanya secara random, jawab saja dengan jujur dan apa adanya. Kalau sudah selesai, akan diberikan bukti nomor antrian lagi untuk mengambil visa. Sehabis ini sahabat – sahabat traveler harus selalu berdoa. Karena disetujui ataupun tidaknya visa schengen Eropa baru diketahui disaat diambil. Namun semasih semua ketentuan lengkap, tampaknya visa schengen eropa pasti disetujui. Yup, macam mana? Tulisan “Cara Membuat Visa Schengen Eropa Sendiri” ini bermanfaat bukan? Habis ini bisa buat visa schengen sendiri deh 😀

PS : Dari Indonesia penerbangan murah ke eropa bisa dipesan dengan beberapa maskapai. Biasanya keberangkatan yang umum mengarah eropa dalah penerbangan dari Jakarta – Paris, ataupun Jakarta – Amsterdam.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *