Tips Panduan Beretika Masyarakat Jepang untuk Turis

Posted on

Jepang memang tiada habisnya untuk dipelajari. Semakin meningkatnya jumlah pelancong yang bersedia berhasil berangkat ke Jepang, membuat Pemerintah Kota Hokkaido baru-baru ini meluncurkan panduan beretika khusus untuk turis, lho.

Panduan ini dikeluarkan agar para pelancong mampu lebih memahami kebudayaan Jepang yang berbeda dengan kebanyakan negeri asal turis. Diharapkan dengan diluncurkannya panduan ini, mampu melawan terbentuknya culture shock, atau malahan perselisihan antara warga lokal dengan pelancong.

Panduan yang dikeluarkan ini terdiri dari 5 point yang berbeda.

Yang pertama ialah mengenai kesopanan. Orang Jepang tersohor akan karakter mereka yang sopan dan tidak kelewatan. Mereka menunjukkan kesopanan mereka dengan berdiskusi dengan sangat pelan terlebih di tempat-tempat umum, agar tidak mengacaukan sahabat. Tak cuma itu, mereka juga akan sebisa mungkin menjauhi hal-hal yang akan membuat sahabat tidak nyaman, seperti menjauhi bersendawa di tempat umum. Jadi, jangan bersendawa dikala sedang makan, karena itu dikira kurang sopan bagi orang lokal.

Image source : http://en.visit-hokkaido.jp/
(dok Hokkaido Tourism Organization)

Point kedua memuat peraturan agar hidup harmoni di tengah masyarakat, antara lain harus cocok waktu, membuang sampah pada tempatnya, selalu tertib dan tidak merambah properti sahabat tanpa seizin pemiliknya.

Image source : http://en.visit-hokkaido.jp/
(dok Hokkaido Tourism Organization)

Point ketiga ialah mengenai kerutinan makan orang Jepang. Saat makan, anda wajib mencermati kebersihan makanmu, dan tidak menyisakan hidangan karena hal itu dikira tidak sopan. Apabila kamu membeli hidangan buffet, jangan sampai kamu memasukkan hidangan dan minuman tersebut ke dalam tempat bekalmu, ya.

Image source : http://en.visit-hokkaido.jp/
(dok Hokkaido Tourism Organization)

Point keempat ialah mengenai etika di pemandian umum. Seperti yang sudah kamu ketahui, orang Jepang sangat suka dengan namanya berendam di pemandian umum. Apabila pelancong juga bersedia berhasil coba mandi di pemandian umum, mereka tidak boleh risih. Cobalah bersosialisasi dengan telanjang bundar karena seperti itu kerutinan orang lokal. Lalu, janganlah lupa untuk membilas badanmu sebelum kamu berendam. Kamu juga tidak boleh difoto ria di pemandian umum, dan keringkanlah badanmu sebelum merambah ruang ganti.

Image source : http://en.visit-hokkaido.jp/
(dok Hokkaido Tourism Organization)

Sesudah itu point yang terakhir ialah panduan mengenai selisih kerutinan antara turis dan orang lokal Jepang. Baik itu mengenai akomodasi penginapan, asuransi, etika dikala di toilet, dan mengenai keaslian barang yang diperdagangkan di Jepang.

Image source : http://en.visit-hokkaido.jp/
(dok Hokkaido Tourism Organization)

Semua point yang terletak di panduan tersebut dibuat secara unik dan komunikatif karena ditambahkan ilustrasi yang lucu.

Panduan-panduan ini sangat bernilai untuk para pelancong yang akan liburan ke Jepang. Wisata ke negeri orang, hendaknya ketahui dan hormati etika-etika yang terletak di sana ya.

Selamat liburan…

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *