Tips Liburan ke Jepang Agar Nyaman dan Tenang

Posted on

Liburan ke Jepang menjadi satu di antara pilihan menarik masyarakat Indonesia. Tidak hanya banyaknya promo tiket murah, layanan visa waiver bagi pemegang e-pasport juga jadi pemicunya.

Kamu hanya perlu mendaftarkan paspormu untuk leluasa keluar masuk Jepang semasih 3 tahun, pastinya dengan ketentuan berlaku.

Daya tarik Negeri Sakura memang sudah populer sejak dulu. Ini diakibatkan kebersihan lingkungannya, lanskap perkotaan ataupun pedesaan yang sangat indah, serta kekhasan budaya yang menghangatkan atmosfer. Layak banget deh sebagai destinasi wajib wisatamu!

Tak seperti liburan ke kota-kota di Indonesia, liburan ke luar negeri harus memerhatikan beberapa hal, eksklusifnya dalam hal budaya hingga bahasa.

Buat kamu eksklusifnya yang baru pertama kali ke luar negeri, ada baiknya lakukan studi kecil-kecilan lebih dulu. Cari tahu data tentang, letak, trasportasi, penginapan, dan santapan di negeri tujuan.

Buat kamu yang menyusun liburan ke Jepang untuk pertama kali, berikut tips yang bisa dilakukan agar liburanmu berjalan nyaman dan tenang:

1. Sebelum liburan ke Jepang, download offline Google Maps

Liburan ke Jepang
Sebelum liburan ke Jepang, download offline Google Maps (Shutterstock)

Inilah satu di antara hal terutama disaat kamu liburan ke Jepang. Bila kalian sudah selalu dan khatam dengan jalanannya sih gak perlu! Tetapi, buat yang baru pertama kali, gak ada salahnya untuk mengunduh peta offline di Google Maps.

Peta offline ini membolehkan kamu mendapatkan arahan ataupun mengenali posisi tanpa harus memanfaatkan jaringan internet.

Semisal, kamu tersesat di kota Tokyo tetapi kamu gak ada internet ataupun sinyal, bersedia bertanya ke orang-orang juga tidak mudah karena terkendala bahasa, di sinilah peta offline bisa membantumu.

Sebelum mengunduh, pastikan dulu kamu sudah mengenali di mana kota yang disambangi, destinasi-destinasi wisata yang kamu tuju, serta tempat penginapan.

Berikut, cara mengunduh peta offline dari Google Maps:

  • Buka Google Maps
  • Seleksi menu “peta offline”
  • Seleksi “Custom map”
  • Tentukan wilayah yang mau berhasil diunduh (zona bisa di perluas ataupun dipersempit dengan membesasrkan dimensi peta)

2. Sewa Wi-Fi portable ataupun beli kartu SIM Card

Liburan ke Jepang
Sewa Wi-Fi portable ataupun beli kartu SIM Card sebelum liburan ke Jepang (Shutterstock)

Ingat, bahasa di Jepang dan Indonesia sangat berbeda dan masih banyak juga orang sana yang tidak dapat berbincang Inggris. Jadi untuk menanggulangi kasus ini, gak ada salahnya membeli SIM Card sana ataupun menyewa Wi-Fi portable dari Indonesia.

Setibanya di Lapangan terbang, kamu tentu akan disuguhkan dengan booth-booth yang menawarkan SIM Card, beserta paket data internet. Belilah sesuai kebutuhanmu dan durasi liburanmu.

Untuk menjauhi pemborosan, contohnya liburanmu hanya satu minggu, belilah paket yang sekitar bisa bikin satu minggu. Kamu juga bisa kok membelinya di Tokopedia, harganya sekitar Rp 190 ribuan untuk paket data 3GB semasih 7 hari.

3. Membawa colokan listrik yang sesuai

Liburan ke Jepang
Membawa colokan listrik yang sesuai saat liburan ke Jepang (Shutterstock)

Item satu ini penting banget untuk kamu perhatikan sebelum terbang ke Jepang, adalah membawa colokan listrik ataupun adaptor yang selaras dengan negeri tersebut.

Alasannya, colokan listrik sangat dibutuhkan untuk mengisi baterai ponsel, kamera, dan kebutuhan elektronik yang ada.

Di Indonesia banyak kok toko-toko yang menjual adaptor umum yang bisa dipakai untuk beberapa tipe colokan. Harganya juga gak sangat mahal, di Tokopedia, harganya sekitar Rp 60 ribu sampai Rp 200 ribuan.

4. Membawa power bank

liburan ke Jepang
Membawa power bank saat liburan ke Jepang (Shutterstock)

Hobi potret-potret, mengambil video, hingga membuka media sosial saat berliburan pasti membuat baterai ponsel kilat habis. Tidak hanya itu, memanfaatkan data roaming juga terkesan lebih memeras baterai dibanding di negeri asal.  

Jadi, agar liburanmu ke Jepang kian nyaman, jangan sampai lupa untuk membawa power bank. Isi penuh power bank-mu saat sebelum terbang ke Jepang. Sehabis itu, jangan sampai lupa di isi kembali dayanya sesudah kamu gunakan seharian.

Bawalah power bank yang kecil, namun memiliki kapasitas daya yang besar, sekitar 10.000 mAh sudah bisa bikin penuhi kebutuhanmu semasih satu minggu liburan.

5. Penelitian tentang transportasi umum

liburan ke Jepang
Penelitian tentang transportasi umum saat liburan ke Jepang (Shutterstock)

Seperti halnya di Jakarta, transportasi umum andalan di Jepang ialah kereta. Ya, mungkin kalian akan ribet banget menentukan kereta apa dan harus masuk dari jalur mana.

Karena itu, ada baiknya melaksanakan studi lebih dulu saat bakal liburan ke Jepang.

Saat tiba di Negeri Sakura ini, agar gak tersesat kalian boleh bertanya pada petugas yang terdapat di stasiun ataupun mengandalkan Google Maps. Google Maps akan membantu kamu mendeteksi jalur, hingga kereta apa yang harus kamu gunakan untuk mencapai tujuan.

Bila kalian banyak duit, bisa juga berpergian memanfaatkan taksi. Tetapi tarif taksi di Jepang mahal banget, makanya warga lebih selalu berpergian memanfaatkan kereta.

6. Buat fotokopi paspor

liburan ke Jepang
Buat fotokopi paspor saat liburan ke Jepang (Shutterstock)

Saat liburan, apalagi ke luar negeri, jangan sampai lupa memikirkan hal-hal terburuk sebagai langkah estimasi. Pikirkan macam apa seandainya paspor kamu sirna saat liburan ke Jepang.

Paspor ialah bukti diri diri seseorang seandainya wisata ke luar, kalau itu sampai sirna, hati-hati bisa dibilang imigran gelap.

Untuk mempermudah proses pengurusan seandainya paspor sirna, jangan sampai lupa untuk memfotokopi paspor sebanyak-banyaknya.

Setelah itu tempatkan lembaran kopi paspor di tempat yang berbeda-beda, misal di tempat penginapan satu, di tas satu, dan di kantong pakaian. Satu lagi kalau perlu gambar bukti diri diri di paspormu sesudah itu taruh di ponsel dan upload ke email.

Demikianlah 6 tips buat kamu yang baru pertama kali liburan ke Jepang. Semoga bisa membuat liburanmu bisa dengan mudah, dan tanpa hambatan!
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *