Tips Hemat Uang Makan Saat Pelesir ke Singapura

Posted on

Satu di antara hal penting yang perlu disiapkan sebelum berpelesir yakni himpunan tempat-tempat makan.

Manfaat mempersiapkan himpunan tempat makan ini, tak cuma bisa tahu karakteristik khas kuliner setempat, juga untuk mengendalikan pengeluaran agar tidak membesar.

Terhitung apabila bepergian ke Singapura. Walaupun terkemuka dengan toko-toko dan destinasi wisata yang modern, bukan tidak mungkin menciptakan tempat makan yang murah dan menggugah selera.

Di Singapore, ada yang istilahnya hawker centre ataupun semacam pujasera. Di sana, banyak penjual menjajakan masakan khas, baik masakan berat hingga yang ringan.

Kompas.com menghadiri satu di antara hawker centre yang cukup ramai, ialah People’s Park Food Centre di Chinatown pada Minggu (31/3/2019).

Lokasinya yang terjangkau apabila memanfaatkan MRT membuat tempat ini ramai didatangi warga lokal ataupun pelancong mancanegara.

Stasiun MRT Chinatown di Singapura, Minggu (31/3/2019). Sejumlah hawker centre atau pujasera di SIngapura dapat dengan mudah diakses karena lokasinya yang berdekatan dengan stasiun-stasiun MRT. KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Stasiun MRT Chinatown di Singapore, Minggu (31/3/2019). Beberapa hawker centre ataupun pujasera di SIngapura mampu dengan enteng diakses karena lokasinya yang bersebelahan dengan stasiun-stasiun MRT.

People’s Park Food Centre langsung nampak saat keluar dari Stasiun MRT Chinatown. Tempatnya diisyarati gedung 3 lantai dengan tulisan besar People’s Park.

Saat merambah zona food centre, atmosfer bising langsung merasa. Bukan karena suara mesin ataupun semacamnya, sebaliknya riuh wisatawan yang makan dan berbelanja sembari berbincang.

Tempatnya yang luas namun padat membuat wisatawan harus lebih awas saat berjalan. Seandainya tidak hati-hati, bukan tidak mungkin menabrak wisatawan lain ataupun penjual yang padat jadwal bolak balik mengantar masakan.

Tipe masakan yang dijajakan ada banyak, mulai dari nasi, mi, kwetiau, masakan laut, hingga yang berkuah serta bahan ayam, daging, serta bebek. Hal yang amat pokok yakni harganya yang terjangkau.

Seandainya di sekitar zona wisata harga masakan bisa di atas 5 dollar SGD, di food centre seperti ini dipatok antara 2 sampai 4 dollar SGD.

Suasana Peoples Park Food Centre di Chinatown, Singapura, Minggu (31/3/2019). Food centre atau hawker centre menjadi tempat favorit warga SIngapura maupun wisatawan untuk mencari makanan enak dan murah. KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Atmosfer Peoples Park Food Centre di Chinatown, Singapore, Minggu (31/3/2019). Food centre ataupun hawker centre menjadi tempat kesukaan warga SIngapura ataupun pelancong untuk mencari masakan senang dan murah.

Apabila mau berhasil lebih hemat, bisa memesan masakan jatah besar dengan harga 18 dollar SGD untuk 4 sampai 5 orang.

Ditambah dengan minum, maka pengeluaran untuk sekali makan sekitar 5 dollar SGD saja. Terlebih, jatah biasa di sini ukurannya sudah cukup besar, paling tidak melebihi dimensi piring ataupun mangkok yang biasa dijumpai di Indonesia.

Selain People’s Park Food Centre, hawker centre yang terkemuka lain di antara lain Chinatown Complex Food Centre di Chinatown hingga Old Airport Road Food Centre di dekat Stasiun MRT Dakota.

Bagi pelancong backpacker, biasanya selalu membawa botol air minum sendiri untuk mengirit pengeluaran. Karna ini amat ampuh, mengingat harga air mineral di Singapore cukup mahal.

Harga botol air mineral yang paling murah ada di kisaran 1,5 dollar SGD untuk dimensi 1,5 liter.

Pelancong sesungguhnya mampu memanfaatkan sarana air minum free, namun terbatas hanya di tempat-tempat tertentu, seperti Lapangan terbang Internasional Changi, National Library Singapore, Gardens by the Bay, serta di beberapa tempat ibadah.

Rata-rata hawker centre yang besar memang menjual masakan oriental. Namun tidak perlu takut, karena ada beberapa hawker centre di pusat-pusat perbelanjaan yang mungkin sejalan atas lidah Anda, seperti masakan Melayu, India, Thailand, Vietnam, dan sebagainya.

Melalui hawker centre, kita bisa merasakan atmosfer asli di Singapore dan budaya makan yang sangat kental di negeri ini. Pastinya dengan harga yang terjangkau dan masakan yang autentik.

Suasana Peoples Park Food Centre di Chinatown, Singapura, Minggu (31/3/2019). Food centre atau hawker centre menjadi tempat favorit warga SIngapura maupun wisatawan untuk mencari makanan enak dan murah. KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Atmosfer Peoples Park Food Centre di Chinatown, Singapore, Minggu (31/3/2019). Food centre ataupun hawker centre menjadi tempat kesukaan warga SIngapura ataupun pelancong untuk mencari masakan senang dan murah.
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *