Tips 10 Panduan Liburan ke Jepang Buat Pemula

Posted on

Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata terkenal di Indonesia. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang selalu jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Mumpung di Jepang lagi waktu sakura, kali ini Hipwee Travel bakal mengulas tentang Jepang. Akan ada 2 bagian reportase, yang pertama yaitu liputan tentang Tokyo dan persiapan liburan ke Jepang. Bagian kedua akan membahas tentang Osaka dan bermacam budaya khas di Jepang. Ya di informasi pertama ini, Hipwee bersedia kasih tips persiapan liburan ke Jepang bagi pendatang baru. Ayo simak.

Jepang.

Negeri ini yaitu negeri idaman buat traveler Indonesia dan dunia. Jepang ialah satu dari keseluruhan negeri di Asia dengan kunjungan pengunjung asing paling banyak. Budayanya yang khas, panorama alam alam yang indah serta gadis-gadis kawaii, yaitu beberapa daya tarik yang membawa wisatawan datang ke Jepang.

Hipwee Travel berkesempatan berkunjung ke negeri sakura pada waktu bulan Maret lalu. Berangkat ke Jepang bisa dibilang tidak mudah lho. Banyak sekali yang harus kamu siapkan dengan seksama. Perihal tersebut disebabkan Jepang memiliki budaya yang sangat disiplin dan taat peraturan. Perihal tersebut tentu sedikit menyulitkanmu jikalau kamu tidak mencernanya dari sekarang. Ya buat kamu yang pengen datang ke Jepang untuk pertama kalinya, dibawah ini 10 hal penting yang mesti kamu siapkan sebelum ke Jepang!

1. Harus punya paspor dengan masa expired paling tidak 6 bulan sebelumnya

paspor indonesia via www.pikniek.com

ID yaitu hal paling penting bagi pelancong di Jepang, ya di semua negeri juga sih. Namun di Jepang, kamu mesti membawa ID kemanapun. Kalau ketemu polisi dan kamu tidak membawa ID, bisa masuk penjara lho.

 

Sebelum itu, kamu mesti cek paspormu karena tidak boleh expired kurang dari 6 bulan. Tidak bisa keluar Indonesia sih pasti apalagi masuk Jepang. Hehehe.

2. Siapkan visa kunjungan ke Jepang, ada single entry ataupun multiple entry

visa jepang via www.satutours.co.id

Mengurus visa Jepang itu gampang gampang sulit. Jikalau kamu butuh visa Jepang, kalian boleh baca di informasi tentang pembuatan visa Jepang di artikel ini. Jikalau kamu punya e paspor kamu tidak butuh visa lagi cukup lapor aja. Namun kalau paspormu biasa ya harus bikin visa, bisa single entry atau multiple entry. Buat yang bersedia multiple entry harus pernah ke Jepang sebelumnya.

3. Siapkan semua akomodasi dari sini, pesan hotel via booking online aja

hotel ryokan di jepang via interiordesign.id

Hotel di Jepang mahal-mahal. Agar murah mending pesan dari sini saja gunakan aplikasi booking hotel online jauh kemarin – kemarin. Biasanya tumbangnya lebih murah. Lagipula, kamu perlu menentukan tujuan saat datang ke Jepang. Kalau belum pesen hotel repot banget di sana.

4. Atur itinerary secara perinci baik hari per harinya. Ketepatan waktu di Jepang yaitu yang terbaik di dunia

harus sesuai itinerary via www.instagram.com

Saat pengajuan visa Jepang, kalian mesti udah bikin itinerary bersedia ke mana aja dan kenapa aja sepanjang di Jepang. Ya kamu mesti bikin sampai perinci, misal jadwal kereta, jadwal tempat wisata buka, hingga jadwal makan. Karena serba-serbi tertib, apa yang kamu tulis bakal betul-betul sesuai diwaktu di sana. Salah ngitung jadwal kereta bisa ketinggalan.

5. Beli tiket kereta dari Indonesia dan sesuaikan kebutuhan kamu. Beli JR Pass jikalau bersedia keliling Jepang

shinkansen via www.japan-guide.com

Transportasi di Jepang mahal. Tercantum naik kereta di dalam ataupun luar kota. Untuk itu tentukan dulu tujuan kamu bersedia ke mana. Kalau cuma di Tokyo aja pake SUICA aja cukup. Kalau bersedia pindah ke luar kota, hendaknya kalian miliki JR Pass. Dengan JR Pass kalian boleh keliling Jepang dengan kereta JR, tercantum Shinkansen.

6. Biasakanlah antri dengan tertib karena di Jepang seluruhnya antri dengan apik

atmosfer antri di stasiun tokyo via www.hipwee.com

Problem orang Indonesia yaitu salah satunya sulit antri. Ya, jangan malu-maluin negeri ya nanti saat di Jepang. Di sana semua antri di stasiun dan sangat apik memanjang ke belakang. Belajarlah antri yang baik dulu di sini sebelum berangkat ke sana.

7. Membawa santapan dari Indonesia karena di sana santapan cukup mahal dan cukup susah mencari santapan halal

makan udon halal via www.hipwee.com

Masakan halal sulit sekali dijumpai di Jepang karena kebanyakan mengandung babi dan sake. Ada sih santapan halal (nanti akan dituliskan di informasi selanjutnya), tetapi jumlahnya tidak banyak dan harganya juga relatif mahal. Membawa mie praktis dan roti bakal membantu kamu sih waktu di sana.

8. Perlengkapan elektronik harus kamu siapkan dengan baik tercantum wifi dan colokan pipih

pulsa jepang mahal makanya membawa wifi via www.japantrips.co

Agar hemat saat internetan di Jepang, sewa wifi aja dari sini. Banyak kok travel yang menyewakan dengan harga murah, ya sekitar 400-500 ribu sepanjang satu minggu dan bisa dipake semua orang. Untuk colokan sendiri, berbeda lho ya dengan Indonesia. Kamu perlu siapkan colokan pipih dengan 2 lubang. Plus membawa roll kabel supaya bisa ngecas semua gadget barengan.

9. Tukarkan duit kamu di Indonesia dan bawalah paling tidak 10000 Yen per hari ataupun sekitar 1,2 juta

Secara peraturan, pelancong wajib membawa 10000 Yen per hari saat masuk Jepang. Ya walaupun kamu tidak akan dicek kecuali kena random check. Namun hendaknya membawa duit segitu. Tidak gampang emang bersedia liburan ala backpacker ataupun ngirit di Jepang. Hehehe.

10. Perhatikan prakiraan cuaca di Jepang. Ramalan cuaca di Jepang 99 % akurat!

prakiraan cuaca di jepang selalu akurat via getlostmagz.com

Prakiraan cuaca di Jepang ini memang terbaik. Kala ramalan cuaca bilang hujan jam 09.00 pagi maka kira-kira pasti hujan, begitu pula jikalau cuaca terang. Seperti itu mengapa setiap terjalin prediksi hujan, semua warga Jepang sudah membawa payung saat bepergian. Jadi selalu cek cuaca di Jepang, jangan sampai kamu kena hujan terus sepanjang liburan ke sana. Pasti bakalan mati style.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *