Tempat Wisata Kuliner Solo yang lezat dan Murah

Posted on

Kota Solo ataupun Surakarta adalah salah satu kota yang paling kesukaan didatangi di Jawa Tengah. Tak heran bila wisata kuliner Solo juga menjadi salah satu yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Ada beragam kuliner Tempat Wisata Kuliner Solo yang lezat dan Murah dan sangat ramah di kantong. Inilah sebab paling pas untuk menghabiskan liburan tahun baru, seperti di lansir dari blog reservasi liburan panjang hingga liburan lebaran di Kota Solo yang diketahui sebagai sentra penghasil batiknya.

 

  • Soto Gading

Soto Gading yang berada di pusat kota, alun alun Selatan Keraton Solo ini menjadi langanan pejabat besar dan beberapa orang populer di Indonesia salah satunya Presiden Jokowi.

Soto gading merupakan kuliner khas Solo yang memiliki kuah bening fresh dengan isi suwiran ayam. Istimewanya ada beragam lauk ekstra sebagai pendamping makan Soto Gading

  • Telur Puyuh
  • Tempe Goreng
  • Jeroan Sapi
  • Perkedel Kentang
  • Sate Uritan
  • Bakwan

Timlo Sastro

Timlo tidak berbeda jauh dengan soto, salah satu andalan kuliner Solo. Kuahnya memakai kuah bening tetapi fresh dengan isian lengkap seperti sosis Solo, telur pindang juga jeroan ayam yang sudah diiris-iris.

Salah satu Timlo yang paling populer dan terkenal merupakan Warung Timlo Sastro merupakan Tempat Wisata Kuliner Solo yang berlokasi di Pasar Gede Kota Solo. Seperti Soto Gading, Warung Timlo Sastro juga sudah buka sejak pagi hari antara jam 6 hingga 7 pagi.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman sangat berbeda karena masih dipanggang secara tradisional memakai tungku. Mungkin seperti itu yang membedakan cita kerasa khas Serabi Notosuman dengan Serabi yang lain.

Ada 2 kerasa ialah kerasa original dan kerasa cokelat. Tempat Wisata Kuliner Solo Serabi Notosuman adalah salah satu wisata kuliner Solo legendaris di Kota Solo karena sudah buka sejak tahun 1923 dan masih bertahan hingga saat ini.

Gudeg Ceker Bu Kasno

Berbeda dengan Gudeg Jogya yang khas dengan nangka dan telurnya, Gudeg bu Kasno malah memperkenalkan inovasi dengan memakai ceker ayam. Gudeg bu Kasno hanya buka pada malam hari di Jalan Monginsidi dekat SMA 1 Solo.

Harganya relatif terjangkau dengan lauk lengkap seperti opor ayam, telur dan tentu saja tidak ketinggalan ceker ayam lembut yang menggoda selere.

BAca Juga ” 9 Tempat Kuliner Idola di Yogyakarta yang Selalu Bikin Ketagihan

Selat Solo Mbak Lies

Belum lengkap kerasanya bila bertandang ke Solo tanpa menikmati Selat Solo terlebih dahulu. Tempat Wisata Kuliner Solo Kuliner khas ini adalah kuliner sehat karena isinya sayur-mayur fresh seperti wortel, daun selada, buncis, acar bawang dan timun, potongan daging sapi, kentang goreng dan tak lupa telur rebus.

Salah satu Selat Solo paling legendaris merupakan Selat Solo Mbak Lies yang berada di Gang II Serengan. walaupun cukup susah menciptakannya, kamu tak akan dibuat kecewa sehabis mencicipi kuliner ramuan Mbak Lies ini.

Kuliner Solo yang satu ini memang menjadi karakteristik khas santapan khas Solo dengan cita kerasa Eropa.

Tahu Kupat Sholihin

Kupat Tahu Sholihin sangat berbeda dengan Kupat Tahu Magelang ataupun Kupat Tahu Singaparna di Bandung.

tidak hanya kupat tahu kamu akan disajikan isian tauge, tahu goreng, mie basah, bakwan goreng, kacang goreng dan tak lupa siraman bumbu kuah yang menyegarkan. Lokasinya berada di sekitar Jalan Gajah Mada, Solo.

Sate Kambing Mbok Galak

Buat yang cemas kolesterol memang harus waspada dengan Tempat Wisata Kuliner Solo lezat ini. Sate Kambing Mbok Galak tak jauh berbeda dengan sate pak Bari di Jogja. Hanya saja sate Kambing Mbok Galak disiram dengan kuah bumbu kacang yang istimewa.

tidak hanya Sate Kambing, kamu juga bisa mencicipi Gule khas Mbok Galak yang tak kalah enaknya.

Sate Buntel Mbok Galak

Tempat Wisata Kuliner Solo warung Mbok Galak bukan hanya sate kambingnya saja yang populer lezat. Salah satu kuliner Solo di Warung Sate Mbok Galak merupakan sate buntel yang tak kalah nikmat.

Warung Mbok Galak lokasinya berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro nomor 122 Kota Solo. walaupun harganya sedikit lebih mahal di warung yang lain, tetapi kerasanya enggak bohong dan proporsional dengan harganya.

Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Khas Solo lain yang bisa kamu cicipi merupakan Sate Buntel Tambak Segeran. Lokasinya kebetulan berada di Jalan Tambak Segeran 39 Surakarta.

Cara penyajian Sate Buntel memang berbeda dengan sate lazimnya. Daging sate adalah daging kambing yang sudah dicacah dan dicincang tipis-tipis setelah itu dicampur bumbu dan dibungkus dengan irisan lemak kambing.

Salah satu rahasia kelezatannya terletak pada selimut irisan lemak kambing yang menjadikan Sate Buntel lezat lagi nikmat.

Bale Padi Resto

Jika mau berhasil atmosfer pedesaan khas warung Sunda, kamu bisa menikmati kuliner khas Solo di Bale Padi Resto. Hamparang pematang sawah menjadi salah satu sajian yang tidak bisa kamu miliki di tempat lain tidak hanya di Bale Padi Resto.

Alamat Bale Padi Resto berada di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo.

Kuliner yang disajikan khas kuliner rumahan yang membuat kamu kangen dengan kampung halaman dan masakan ramuan bunda. Kuliner yang disajikan diantara lain;

  • Tumis Tahu
  • Empal
  • Oseng Pare
  • Gulai Kakap
  • Seafood
  • Kelapa Bakar Rempah
  • Minuman Rempah

Torpedo Yu Rebi

Torpedo bukan merujuk pada peluru kendali, ini kuliner khas yang ada di Indonesia yang konon bisa tingkatkan vitaltas laki-laki berusia.

Salah satu Warung Kuliner yang mengadakan kuliner langka ini adadal Warung Sate Yu Rebi. Alamatnya berada di belakang Stadion Sriwedari kota Surakarta. bila kamu memang cukup berusia, jangan lupa untuk mencicipinya paling tidak seumur hidup sekali saja.

Roemahkoe Resto

Solo adalah salah satu wilayah yang memiliki keistimewaan seperti halnya Yogyakarta. Namun, pusat kuliner Jawa Tengah bisa kamu miliki di Solo. Begitu juga kuliner Jogya yang bisa kamu nikmati di Solo.

Salah satu resto yang menjajakan kuliner Jawa Tengah merupakan Roemahku Resto. Kuliner tradisional naik kelas di Resto ini.

Salah satu kuliner terkenal di Roemahku Resto merupakan Nasi Jemblung yang disajikan dengan beralasakan daun pisang. Lauknya merupakan lidah sapi yang disemur. Penasaran mau berhasil mencobanya?

Alamtnya berada di Jalan Radjiman 501. Salah satu minuman kesukaan di resto ini juga pantas kamu coba merupakan Cemol. Cemol merupakan minuman rempah dari air jahe, serai, gula, kacang tanah sangrai, kelapa muda dan ditambah dengan irisan roti tips-tipis.

Galabo Solo

Salah satu pasar malam di Solo yang populer di golongan anak muda merupakan pasar malam Galabo Solo. Galabo merupakan akronim dari Gladag Langen Bogan. Alamatnya di Jalan Mayor Sunaryo.

Apa saja sih kuliner khas Solo yang bisa kamu nikmati di sini? antara lain ialah;

  • Tengkleng
  • Sate Kere
  • Mi Thoprak
  • Wedang Ronde
  • Susu fresh Shi Jack

Galabo Solo adalah salah satu one stop culinary di Solo yang baru buka pada malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *