Tempat Wisata di Semarang Terbaru 2019 Terbaik dan Romatis

Posted on

Tempat Wisata di Semarang Terbaru – sebagai bunda kota Jawa Tengah tentu memiliki beragam kemampuan wisata. Dengan wisata ke semerang  sanggup membuat waktu libur Anda menjadi lebih berupa.

Beberapa destinasi wisata menarik dan memiliki bisa Anda kunjungi sembari menikmati atmosfer di kota ini. Karena lokasinya yang strategis, Semarang memiliki kemampuan yang sangat lengkap, mulai dari hingga cagar budaya dan wisata religi.

Tempat Wisata di Semarang Terkini

Di bawah ini akan kami sajikan 20 tempat wisata di Semarang. Yang bisa Anda peruntukan pilihan untuk wisata akhir minggu ini.

1. Air Terjun Kali Pancur

Tempat wisata di Semarang dan sekitarnya
gambar dari @pikniksemarang

Tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang kami rekomendasikan untuk Anda merupakan Air Terjun Kali Pancur. Air Terjun ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini tidak sangat jauh dari Salatiga, hanya sekitar 14 kilometer saja. Air terjun ini terletak di punggung Gunung Telomoyo dan langsung menghadap ke obyek wisata Rawa Pening.

Terbayang bukan macam apa indahnya panorama alam di Air Terjun Kali Pancur ini. Ekspedisi mengarah tempat wisata di Semarang dari tempat parkir memang agak jauh.

Akan tapi karena jalanannya sudah bagus dan dipagari indahnya ciptaan Tuhan di sekelilingnya membuat kerasa capek juga terbayar. Terlebih lagi relief bebatuan sepanjang ekspedisi sudah cukup menarik untuk dijadikan latar belakang foto Anda.

2. Candi Gedong Songo

tempat wisata di Semarang atas
gambar dari @afifuddinnasyith

Candi Gedong Songo adalah satu dari semua tempat wisata di Semarang atas yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Candi yang dijumpai oleh Raffles pada tahun 1804 ini memiliki 9 buah candi, mungin itu yang membentuk nama candi songo. Karena dalam bahasa Jawa sendiri songo memiliki arti 9.

Candi Gedong Songo ini adalah aset dari jaman Wangsa Syailendra yang berjaya pada abad ke-9, ialah sekitar tahun 927 Masehi. Candi ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 mdpl dengan kesembilan bangunannya tersebar di lereng Gunung Ungaran.

Karena lokasinya yang tampak di ketinggian, saat tiba di candi ini Anda akan memandang panorama alam yang sangat indah. Dan di sekitar Candi Gedong Songo Anda bisa melaksanakan banyak aktifitas, seperti mandi air panas yang mengandung balerang ataupun berkuda.

3. Tugu Muda

tempat wisata di Semarang Selatan
gambar dari @bbcindonesia

Kecamatan Semarang Selatan adalah satu dari semua posisi di Semarang yang memiliki banyak tempat menarik. Satu di antara tempat wisata di Semarang Selatan merupakan Tugu Muda yang sangat beken karena mengandung faktor sejarah.

Tugu yang berbentuk seperti parafin ini mengandung arti semangat juang para pahlawan yang tidak pernah padam untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Tugu ini dibentuk sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan yang gugur dalam pertempuran 5 hari yang berlangsung di Semarang.

Tugu Muda mulai dibentuk pada bertepatan pada 10 November 1951 dan selesai pada 20 mei 1953. Ialah hasil rancangan Salim Hendro.

Di sekitar Tugu Muda dibentuk halaman dengan bermacam ornamen seperti air mancur, lampu-lampu, tanaman cemara, serta duplikasi senjata bambu runcing. Akibatnya Tugu Muda juga selalu ramai didatangi oleh para pengunjung yang mau berhasil menikmati keelokan halaman sekalian mengenang sejarah para pahlawan.

4. Museum Ranggawarsita

tempat wisata di Semarang dekat Stasiun Poncol
gambar dari @novieey

Kalau kebetulan Anda mendatangi Semarang dengan mengenakan kereta dan turun di Stasiu Poncol, tidak terdapat salahnya mendatangi Museum Ranggawarsita.

Museum ini adalah satu dari semua tempat wisata di Semarang dekat Stasiun Poncol. Yang akan memberikan pengalaman serta pengetahuan baru bagi Anda. Museum Ranggawarsita diresmikan pada 5 Juli 1989 dengan jumlah koleksi mencapai 59.784 berbagai.

Alamat Museum Ranggawarsita merupakan Jalan Abdul Rahman Saleh Nomor.1 Kalibanteng Kulon, Semarang, Jawa Tengah. Museum ini memamerkan bermacam peninggalan dan barang budaya Jawa Tengah yang diletakkan di 4 bagian gedung. Masing-masing gedung menaruh serta menggambarkan sejarah yang berbeda-beda.

5. Kota Lama Semarang

tempat wisata di Semarang dekat Simpang Lima
gambar dari @jumadi_

Simpamg 5 adalah jantung Kota Semarang yang sangat strategis karena menghubungkan jalan-jalan utama di Ibukota Jawa Tengah ini. Satu di antara tempat wisata di Semarang dekat Simpang 5 merupakan Kota Lama yang adalah pusat perdagangan pada abad 19-20.

Kawasan yang dijuluki “Little Netherland” ini memiliki luas sekitar 31 hektar yang memiliki 50 bangunan kuno. Bangunan-bangunan tersebut secara umum mengikuti arsitektur khas Eropa yang nampak dari bentuk serta ornamen-ornamennya.

Beberapa bangunan kuno yang akan nampak unik saat dijadikan latar belakang foto Anda seperti Gereja Blenduk dan Susteran Ordo Fransiskan. Kedua bangunan ini adalah aset yang telah berdiri lebih dari 100 tahun.

Arsitektur asli dari bangunan ini tetap dipertahankan sampai waktu sekarang. Akibatnya akan menunjukkan panorama alam yang menegaskan dengan Indonesia pada tempo dulu.

6. Wisata Alam Umbul Sidomukti

wisata alam Semarang
gambar dari @dannikkumalasari

Bagi Anda yang bosan dengan padatnya atmosfer kota dan mencari udara fresh, cobalah mendatangi wisata alam Umbul Sidomukti. Objek wisata alam Semarang ini berlokasi di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang dengan sarana yang cukup lengkap.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di sana merupakan berenang di kolam bertingkat dengan kedalaman yang berbeda-beda. Ada juga flying fox yang memiliki panjang lintasan sekitar 110 meter dengan ketinggian kurang lebih 70 meter.

Di Umbul Sidomukti juga tersuguh outbound training, adrenalin permainan, camping ground, dan pondok wisata. Panorama alam yang disajikan tentu saja masih sangat asri dan alami akibatnya memang seperti menyatu dengan alam.

Biaya tiket masuk ke satu dari semua tempat wisata di Semarang ini sangat terjangkau. Yakni 4.000 saat weekdays dan 5.000 saat weekend.

7. Marina

tempat liburan di Semarang
gambar dari @tikus_mondol

Tak hanya wisata edukatif ataupun sejarah saja, juga tampaknya tujuan tempat liburan di Semarang. Satu di antara yang cukup terkemuka dan selalu dipadati oleh hadirin merupakan Marina.

Yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Lapangan terbang Ahmad Yani. Dan sekitar 4 kilometer dari Tugu Muda serta bersebelahan dengan Puri Mareokoco.

Untuk mengarah pantai ini Anda hanya akan menempuh waktu ekspedisi sekitar 15 hingga 30 menit saja, tergantung kepadatan lalu lintas. Buat dapat merambah zona , hadirin dikenai retribusi sebesar 5.000 rupiah per pribadi orang.

Di tempat tamasya di Semarang ini ada banyak aktifitas yang bisa Anda lakukan seperti berenang, bertualang setiap mengenakan perahu, ataupun memancing. Di sana juga terdapat penyewaan ban sebagai pelampung dan mobil balap mainan untuk mengisi waktu saat berada di .

8. Water Blaster Graha Candi Golf

Tempat menarik di Semarang
gambar dari @ayodolan

Tempat menarik di Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga merupakan Water Blaster Graha Candi Golf. Zona ini adalah wahana games air pertama serta selalu menjadi andalan warga Kota Semarang. Terdapat sekitar 8 unit jumlah wahana air yang dimiliki oleh Water Blaster ini yang sanggup memberi pengalaman menarik bagi Anda.

Water Blaster Graha Candi Golf ini terletak di Jalan Bukit Candi Golf Nomor 1, Semarang. Untuk harga tiket masuk pada hari Senin hingga Jumat merupakan sebesar 35.000 sebaliknya saat Sabtu Minggu merupakan 50.000 rupiah.

Wahana games air ini buka waktu 13.00 hingga 17.30 saat hari Senin, sebaliknya hari selasa jam 10.00-17.30. Saat Minggu dan hari libur yang ada zona ini buka lebih pagi, ialah sejak waktu 07.00 sampai 17.30 WIB.

9. Lawang Sewu

obyek wisata Semarang Kota
gambar dari @adityawirapradana

Lawang Sewu adalah satu dari semua obyek wisata Semarang Kota yang sudah sangat terkemuka malahan hingga ke mancanegara karena sejarahnya. Nama lawang sewu dapat ide dari banyaknya pintu yang tampak di bangunan ini, walaupun jumlahnya tidak sampai seribu.

Lawang Sewu berlokasi tidak jauh dari Tugu Muda. Dan menjadi satu dari semua bangunan kuno ataupun memiliki di Semarang yang harus dilindungi.

Lawang sewu dulu berfungsi sebagai kantor NIS ataupun Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij. Sesudah itu gedung ini beralih fungsi menjadi Kantor Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) ataupun PT Kereta Api Indonesia saat ini.

Sesudah itu gedung ini juga pernah dipakai sebagai Kodam IV/Diponegoro dan Kantor Wilayah Kementrian Perhubungan Jawa Tengah. Saat ini Lawang Sewu telah dibuka untuk umum. Dan selalu menarik pengunjung untuk memandang secara langsung satu dari semua ikon Kota Semarang.

10. Maron Mangrove Edupark

Wisata Semarang hits
gambar dari @fatkhusetiya29

Wisata Semarang hits yang mulai ramai didatangi oleh anak muda merupakan Maron Mangrove Edupark. Yang berlokasi di Tugurejo, Kota Semarang, jawa Tengah.

Posisinya yang tidak jauh dari Lapangan terbang Ahmad Yani membuat para hadirin yang tengah berada di sana merasa sensasi yang unik. Lalu lalang pesawat di udara menjadi satu dari semua panorama alam istimewa saat sedang berada di Maron mangrove Edupark.

Tak cuma itu hujainya bakau yang direndam oleh air laut akan terlihat apik tatkala bersatu dengan jembatan kayu. Akibatnya hasil gambar Anda saat berada di sini sudah tentu bakal sangat menarik.

Tak cuma itu di sana juga terdapat sebuah tower dengan ketinggian 10 meter. Yang bisa dipakai untuk memandang panorama alam dengan lebih jelas. Hasil gambar dari atas tower ini juga akan lebih indah.

Buat dapat menikmati pesona Maron Mangrove Edupark, biaya yang dipakai cukup terjangkau. Yakni sebesar 5.000 rupiah dan ditambah 2.000 untuk parkir.

11. Semarang Night Carnival (Malam hari/malam)

Wisata Semarang malam hari
gambar dari @helosheen

Wisata Semarang malam hari yang biasa diadakan setiap tahunnya untuk memeringati hari lahir kota ini merupakan Semarang Night Carnival.

Event ini mulai diadakan sejak tahun 2010 dan terus berlangsung serta menjadi agenda biasa Semarang hingga saat ini. Pada Semarang Night Carnival biasanya akan ditampilkan bermacam pertunjukan yang menonjolkan budaya di kota ini.

Wisata malam Semarang yang satu ini biasanya akan menunjukkan 3 corak budaya, ialah Jawa, Arab, dan Tiongkok. Hal itu karena Semarang didominasi oleh ketiga etnis tersebut.

Namun tidak saja itu, Semarang Night Carnival juga mengundang penampilan dari negeri orang sebelah. Sebut saja beberapa negeri yang ikut memeriahkan antara lain Korea Selatan, Malaysia, Sri Langka, Thailand, dan Taiwan,

12. Kampung Pelangi

Tempat wisata di Semarang terbaru
gambar dari @kacamata_tulungagung

Tempat wisata di Semarang terkini yang saat ini mulai ramai didatangi merupakan Kampung Pelangi yang tidak jauh dari Tugu Muda. Nama aslinya merupakan Kampung Wonosari yang masuk ke dalam wilayah Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan.

Awal mulanya wilayah ini adalah perkampungan yang kumuh dan tidak menarik, namun akhirnya disulap menjadi Kampung Pelangi. Menurut Slamet Widodo, selaku tokoh masyarakat setempat, karena itu untuk mengimbangi dengan Pasar Bunga yang telah direnovasi.

Tempat wisata Semarang terbaru ini terletak di atas bukit tengah kota akibatnya corak warni tersebut sangat menarik kepedulian. Terlebih lagi para hadirin sudah ramai difoto di kampung ini sebelum proses pengecatan memang rampung.

Bermacam corak dengan lukisan yang indah dipadukan di seluruh perkampungan dan menciptakan view yang sangat apik. Pengecatan ini memang berencana dilakukan oleh pemerintah setempat untuk kurangi wilayah kumuh yang mencapai 40 hektar.

13. Curug Benowo

obyek wisata Kabupaten Semarang
gambar dari @suryaumar39

Curug Benowo merupakan satu dari semua obyek wisata Kabupaten Semarang yang menawarkan keelokan alam yang masih asri dan alami. Air terjun yang berlokasi di Lereng Gunung Ungaran ini sangat eksotis dan membutuhkan sedikit perjuangan untuk tiba di sana.

Jalan yang menjadi akses ke sana hanya setapak dengan kondisi yang naik turun. Akibatnya tidak direkomendasikan untuk membawa anak kecil kemari. Tak jauh dari air terjun ini terdapat Curug Lawe yang juga memberi keelokan yang luar biasa.

14. Pasar Semawis

wisata kuliner di Semarang
gambar dari @widyadistyaputri

Pasar Semawis mungkin tampaknya alternatif terbaik bagi Anda yang mau berhasil hunting wisata kuliner di Semarang. Pasar yang masuk di wilayah pecinan ini adalah gagasan dari perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata).

Beragam hidangan disajikan di pasar yang berlokasi di Gang Warung Pecinan, Semarang ini. Beberapa antara lain, pisang plenet khas Semarang. Aneka sate, bermacam menu steamboat, nasi ayam, serabi, dan beraneka ragam.

Sayangnya tempat makan di Semarang ini hanya buka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu malam sejak waktu 6 sore. Jadi bagi Anda yang penasaran mau berhasil mencicipi aneka kuliner khas Semarang, kunjungilah wilayah ini pada akhir minggu.

Tak cuma pilihan yang banyak, pasar yang mulai buka sejak tahun 2004 ini juga menjual masakan dengan harga yang cukup bersahabat.

15. Lumpia, Santapan Khas Semarang

makanan khas Semarang
gambar dari @all_abouttastes

Berkunjung ke tempat baru tentu harus mencicipi kuliner yang menjadi karakteristik serta andalan dari wilayah tersebut. Di Semarang sendiri ada banyak masakan khas yang bisa Anda cicipi.

Salah satunya merupakan Lumpia yang sudah terkemuka sebagai masakan khas Semarang. Ada banyak penjual lumpia yang bisa Anda temui di kira-kira seluruh sudut kota Semarang

16. Torakur, Oleh-Oleh Khas Semarang

oleh-oleh khas Semarang
gambar dari @wingkobabatklaten

Saat ini telah dikembankan oleh-oleh khas Semarang terkini ialah torakur (tomat kerasa kurma). Manisan tomat ini selalu dijadikan sebagai kudapan buka puasa pengganti kurma.

Yaitu Bunda Ngesti yang pertama kali membuat manisan ini karena mau berhasil membuat tomat menjadi jauh lebih tahan lama. Dan saat ini torakur mulai banyak dicari dan dijadikan oleh-oleh.

17. Kampoeng Wisata Halaman Lele

Tempat nongkrong di Semarang
gambar dari @sitembem_sisetiawati

Tempat nangkring di Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga merupakan Kampoeng Wisata Halaman Lele. Tempat ini adalah kolam buatan yang dilengkapi dengan bermacam sarana untuk memberi kemudahan bagi seluruh pengunjungnya.

Di sana terdapat gazebo, sepeda air, bermacam pemainan anak, dan kolam renang untuk anak. Terlebih lagi ada juga beberapa hewan peliharaan yang dipamerkan seperti merak, bermacam kategori burung, buaya, dan ular python.

Tempat piknik di Semarang ini memiliki posisi yang sangat strategis, ialah pas di jalur pantura. Bagi Anda yang sedang melaksanakan ekspedisi dari Jakarta mengarah ke arah timur Pulau Jawa. Ataupun kebalikannya bisa mampir ke sana.

Anda bisa cuma melepas lelah sejenak ataupun malahan menginap di hotel yang terdapat di Kampoeng Wisata Halaman Lele tersebut.

18. Kelenteng Sam Po Kong

Wisata sejarah di Semarang
gambar dari @imron_maiden

Wisata sejarah di Semarang memang sangat beragam dan unik, sebut saja salah satunya Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong.

Tempat ini konon mejadi tempat peristirahatan Laksmana Cina bernama Zheng He (Cheng Ho). Kelenteng ini juga boleh dibilang Gedung Batu karena wujudnya Gua Batu Besar dan terletak di Bukit Batu.

19. Museum Muri

Wisata edukasi di Semarang
gambar dari @thintall2

Wisata pendidikan di Semarang yang cukup menarik merupakan Museum Muri yang tampak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang. Museum ini pertama kali didirikan pada 27 Januar 1990 dan mencatat lebih dari 1.200 rekor.

Saat ini tidak hanya menjadi museum, MURI juga bertugas menghimpun data dan memberikan anugerah penghargaan terhadap prestasi anak bangsa.

20. Masjid Agung Jawa Tengah (religi)

Wisata religi di Semarang
gambar dari @jumadi_

Wisata religi di Semarang ternyata cukup banyak dan terdiri dari bermacam agama. Salah satunya merupakan Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang yudhoyono.

Saat ini masjid tersebut selalu ramai oleh hadirin yang bakal beribadah. Masjid yang sangat megah tersebut adalah hasil rancangan Ir. H. Ahmad Fanani.

Peta Wisata Semarang

Bagi anda yang belum tahu tentang jalan mengarah destinasi wisata di semarang, bisa mengenakan sarana google maps melalui link berikut:

Tempat Wisata Sekitar Semarang:

Ternyata tidak hanya sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang memiliki banyak kemampuan menarik. Beragam tempat wisata di Semarang bisa Anda peruntukan alternatif untuk wisata. Jadi jangan ragu untuk berkunjung ke Semarang.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *