Simak Dampak Kalau Hanya Bawa Mie Instan Saat Mendaki Gunung

Posted on

Mie praktis menjadi satu di antara objek hidangan yang umum dibawa para pendaki Indonesia. Sifatnya yang praktis dan mengenyangkan  menjadi penyebab, panganan tipe ini kira-kira selalu ada di ransel para pendaki.

Namun mengerti kah Anda, mie praktis ternyata tak mampu untuk penuhi kebutuhan kalori Anda saat melangsungkan pendakian.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia (APGI) Rahman Muklis mengatakan, saat mendaki, tubuh manusia membutuhkan kalori lebih banyak ketimbang saat berada di perkotaan dan tak melangsungkan kegiatan yang sangat memeras tenaga.

“Prinsipnya 4 sehat 5 sempurna yang tadi di kota kita pindah ke gunung. Maksudnya dalam satu hari itu menu karbohidrat harus ada, nasi, roti, kentang. Sayur dalam sehari makan itu harus ada. Lalu lemak dari ayam, daging, ikan, protein tempe tahu telur, lalu buah sekali aja sehari. Lalu bisa juga membawa susu, kalau tida suka ya ditukar teh,” papar Rahman.

Ia mengatakan, seandainya jumlah kalori dan nutrisi tak terpenuhi, maka Anda akan lebih kilat capek dan menjadikan pendakian Anda tak nyaman.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Timbulkan Efek Dehidrasi

Tidak hanya memunculkan malnutrisi, menurut Kabid K 3Federasi Mounteneering Indonesia (FMI) dokter. Iqbal El Mubarok komsumsi mie praktis saat mendaki gunung juga berpotensi memunculkan dehidrasi.

“Intinya mie saja ya kebanyakan karbo, protein lemak kan enggak sanggup. Apalagi mie itu kandungan garam, itu kan ada bumbunya. Ya garam itu sifatnya memadu air yang bisa mengakibatkan dehidrasi,” kata ia.

Tak hanya mie praktis, saat mendaki Anda juga dianjurkan tak komsumsi hidangan sangat asin yang ada.

Tidak hanya itu, komsumsi air putih yang cukup sepanjang pendakian juga penting dilakukan untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

“Intinya jangan sampai kehabisan cairan dalam mendaki. Atur tempo dan jumlah minum yang cocok sampai-sampai badan akan tetap fresh,” katanya.
Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *