Setu Babakan Benteng Terakhir Budaya Betawi Di Tanah Betawi

Posted on

Di wilayah Srengseng Sawah, Jagakarsa,  terdapat sebuah perkampungan Betawi yang masih dilindungi kelestariannya. Perkampungan Betawi tradisional yang lengkap dengan rumah-rumah bergaya Betawi ini diapit 2 buah danau buatan. Danau  Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Setu Babakan cukup luas, sekitar 30 hektare, dengan kedalaman 1-5 meter. Air danau ini cukup bersih dan terpelihara, degan wilayah sekitarnya yang rimbun dihiasi pepohonan.

Setu babakan
Setu Babakan. Image via: upk-pbb.business.site

Keberadaan Setu Babakan bagai Oasis di tengah gersangnya kehidupan Jakarta. Oasis dari segi alam, karena setu babakan yakni satu dari sedikit wilayah hijau yang masih bertahan di Jakarta. Di zona ini terdapat banyak tumbuhan tumbuhan yang rindang.

Oasis dari segi kebudayaan, karena zona Setu Babakan yakni benteng pertahanan terakhir dari kebudayaan Betawi di tanah betawi. Setu babakan menjadi usaha survival Budaya tardisional betawi untuk tetap bertahan di tanah Jakarta, di tengah terdesaknya nilai-nilai kebudayaan oleh nilai-nilai bisnis dan ekonomi di kota Jakarta.

panggung
Panggung Budaya. Image via: era.id

Posisi Setu Babakan

Posisi wisata Setu Babakan Jakarta berada di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, JL. Meter Kahfi ll Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tepatnya sekitar 5 kilo meter kesebelah selatan dari Kebun Hewan Ragunan. Arah mengarah Depok melewati Jalan Lenteng Agung Timur maupun arah dari Jakarta ke Bogor.

Letak Danau Setu Babakan tidak jauh dari pusat Kota Jakarta, tepatnya  di perkampungan Betawi. Secara administratif Setu babakan terdaftar berlokasi di Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, dekat dengan Depok.

Rute dan cara mengarah ke Setu Babakan

Akses dari Lebak bulus ke arah selatan sekitar 15 kilo meter. Kalau dari Pasar Minggu, bisa naik kereta api turun di Stasiun Universitas Pancasila, sesudah itu bisa melanjutkan ekspedisi mengenakan ojek maupun metro mini.

Jarak dari Stasiun Universitas Pancasila ke arah barat sampai ke Setu Babakan sekitar 1 kilo meter dan bisa naik Mikrolet Meter 20A tujuan Cipedak.

Untuk rute dari Jakarta Pusat bisa naik kereta api, turun di Stasiun Lenteng. Selanjutnya bisa naik angkot yang berupa biru, nomor.28 maupun Kopaja S 616 tujuan Cipedak dan bisa turun pas pada posisi wisata Setu Babakan.

Lainnya jikalau akses dari Blok Meter, bisa naik Kopaja jurusan Jagakarsa dan bisa turun pas di depan Pintu masuk I Bang Pitung Perkampungan Budaya Betawi Kampung Setu Babakan.

Apabila masih bimbang dengan akses mengarah tempat wisata tersebut, bisa memandang gambar peta Jakarta Selatan di goggle Map.

penanda
Indikator posisi. Image via: akurat.co

Jam Buka Setu Babakan

Waktu kunjungan bagi pengunjung dan wisatawan telah didefinisikan dan dibatasi perharinya dari jam 09.00 – 17.00 WIB.

Tiket Masuk Setu Babakan

Laporan kembira buat anda yang pingin berhasil berkunjung ke tempat ini, Karena hingga saat info ini ditulis Tiket masuk di Danau Setu Babakan free. Tamu hanya perlu memasok dana untuk biaya parkir.

Untuk sepeda motor hanya Rp. 2000 dan biaya parkir untuk mobil Rp. 5000.

Sarana di Setu Babakan Jakarta

Sebagai sebuah kawasan cagar budaya, Perkampungan Setu Babakan telah dilengkapi fasilitas-fasilitas umum. Sarana yang ada seperti:  seperti tempat ibadah (mushola), panggung pertunjukan seni, tempat bermain kanak-kanak, teater terbuka, wisma, kantor pengelola, galeri, dan pertokoan souvenir.

Dengan sarana ini wisatawan bisa diambil foto mengenakan busana adat khas Betawi dengan posisi pemotretan yang disesuaikan dengan kemauan wisatawan.

Suasana hajatan
Atmosfer Hajatan. Image via: jejakpiknik.com

Kegiatan Kebudayaan di Setu Babakan

Dalam kawasan ini bisa dengan enteng dijumpai kegiatan keseharian masyarakat Betawi, seperti: Latihan Waktu (Pencak Silat), Ngederes (membaca Al Quran bersama-sama dengan wara masyarakat), Aqiqah (kegiatan potong kambing untuk anak yang baru lahir), Injek Tanah, Ngarak Pengantin Sunat, Memancing, Menjala, Budi Daya Ikan Air Tawar, Bertani, Berdagang, Membuat Kerajinan Tangan.

Juga kegiatan memasak hidangan tradisonal Khas Betawi seperti : sayur asem, sayur lodeh, soto mie, soto babat, ikan pecak, bir pletok, jus belimbing, kerak telor, laksa, toge goreng, dodol, tape uli, geplak, dan wajil.

Agenda Aktivitas seni dan pertunjukan di Kampung Wisata Setu Babakan dibagi menjadi 3 (3), adalah :

  • Agenda Tahunan : Minggu Desember, Pergelaran Kesenian Nuansa Islami
  • Agenda Teratur : Pergelaran giat (Pergelaran Kesenian Betawi setiap hari sabtu dan minggu)
  • Agenda/Aktivitas Insidentil : Aktivitas insidentil di Perkampungan Budaya Betawi yang dilakukan oleh masyarakat umum, pemerintah maupun swasta untuk aktifitas intermezo, pertemuan, pengembangan dan pembinaan yang tidak menyimpang dari visi dan misi Perkampungan Budaya Betawi.
lebaran betawi
Lebaran Betawi di Setu babakan. Image via: republika.co.id

Aktivitas Manarik di Setu Babakan Jakarta

Untuk wisatawan yang datang ke setu babakan, kita bisa menikmati bermacam aktifitas mengasyikkan di zona setu. Mulai dari aktifitas games air, aktifitas bersantai, sampai wisata kebudayaan.

Berikut beberapa aktifitas yang bisa dilakukan semasih melancong di setu babakan.

Naik Perahu Naga

Perahu naga
Perahu naga. Image via: bukarana

Naik perahu naga yakni satu dari semua pilihan kegiatan yang terletak di zona wisata di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Tamu bisa berusaha mengelilingi setu seluas 30 hektar tersebut hanya dengan tiket sebesar Rp 10 ribu.

Untuk keselamatan, setiap wisatawan yang naik perahu naga akan diharapkan menggunakan pelampung.

Piknik Samping Danau

Piknik zona tepian setu ialah kegiatan utama saat berkunjung ke Setu Babakan. Tamu tak mesti repot memasok tikar aau meja piknik. Di sekitar setu banyak terdapat kursi dan meja yang berjejer.

Atmosfer teduh dengan tumbuhan yang rindang membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Bermain Perahu Kayuh

perahu kayuh
Perahu kayuh. Image via: metro.sindonews.com

Sarana wahana games air lain yang bisa dinikimati di Setu Babakan yakni perahu kayuh maupun bebek-bebekkan. Sedianya perahu kayuh tidak saja berbentuk bebek saja, ada bermacam bentuk hewan lain. Namun nama bebek-bebekan sudah terlanjur melekat pada wahana games satu ini.

Saat datang ke Setu Babakan bersama teman-teman maupun keluarga, tentu akan mengasyikkan berusaha untuk bermain perahu kayuh. Memiliki bentuk hewan-hewan air yang lucu, kanak-kanak akan senang apabila diajak bermain perahu kayuh ini.

Beda dengan perahu naga yang memiliki kapasitas sampai 20 orang, perahu kayuh maupun bebek-bebekkan hanya bisa dinaiki oleh 2 orang saja. Buat dapat mengelilingi sebagian wilayah Setu, penumpang harus membayar tiket sebesar Rp 7.500 saja.

Menikmati Kuliner Betawi

kuliner
Kuliner betawi. Image via: konfrontasi.com

Melancong ke suatu tempat, tentu tak akan lengkap tanpa menikmati kuliner yang ada. Sebagai satu dari semua tempat cagar budaya Betawi, di Setu Babakan Anda juga bisa mendeteksi bermacam penjual yang menjajakan kuliner khas Betawi.

Ini yakni aktifitas yang paling disukai di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Beragam kuliner khas Betawi ada di zona ini. Mulai dari kerak telor, soto Betawi, bir pletok, gabus pucung, sampai toge goreng. Harganya juga tak mahal-malah kok, semua dipatok antara Rp 18 ribu sampai Rp 35 ribu saja.

Mancing Ikan

memancing
Memancing. Image via: @teddy_black_coffee

Untuk melancong memancing di setu babakan, wisatawan harus membawa sendiri perlengkapannya, baik itu perkakas pancing, ataupun umpan. Ada beberapa tipe ikan yang hidup di setu babakan, antara lain yakni nila, mas dan mujaer.

Jalan Santai di Sisi Danau

Danau yang terletak di kawasan Setu Babakan ini memiliki luas yang mencapai 30 hektar dengan pepohonan rindang yang mengelilingi sisi danau. Panorama alam seperti ini jelasnya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Karena itu, saat berkunjung ke sini berjalan menyisiri sisi danau sembari merasakan situasi fresh dari pepohonan ialah pilihan yang pas. Sudah sangat jarang-jarang tempat di Jakarta yang memilki atmosfer rindangs eperti ini.

Tamu juga bisa memanfaatkan panorama alam alam ini sebagai latar belakang selfie. Untuk semata-mata bersantai, wisatawan bisa semata-mata duduk-duduk di sisi danau sembari menikmati panorama alam alam di tengah kota Jakarta.

Mempelajari Budaya Asli Betawi

masak dodol
Ikut masak dodol. Image via: era.id

Untuk wisatawan yang datang bersama rombongan, bisa diharapkan untuk dipimpin oleh kantor manajemen Setu Babakan. Biasanya, rombongan wisata akan mendapatkan paket untuk mempelajari budaya asli Betawi. Tamu disuguhi tarian khas Betawi, seperti tari topeng yang ditampilkan oleh kanak-kanak yang mengikuti sanggar budaya di Setu Babakan.

Tak cuma memandang tarian, wisatawan juga bisa memandang cara membuat dodol Betawi. Tak cuma semata-mata memandang, wisatawan juga bisa ikut berusaha membuat dodol Betawi. Terlebih lagi hasil buatan dodol Betawi itu pula bisa dibawa berbalik sebagai oleh-oleh.

Memandang Rumah Asli Betawi

rumah betawi
Rumah Betawi. Image via: tigapilarnews

Karena Setu Babakan ialah kawasan cagar budaya, maka wisatawan bisa memandang rumah asli Betawi di posisi ini. Ada beberapa rumah dengan style asli Betawi di sini, lengkap dengan daun pintu yang khas dan terasnya yang luas.

Mebel style Betawi jelasnya juga berbeda dengan rumah-rumah yang lain. Ada juga rumah yang dijadikan kantor pengelola kawasan ini. Memang atmosfer yang berbeda saat merambah kawasan ini.

Daya Tarik Posisi Yang ada.

Kalau kita yakni pengunjung luar kota yang lagi liburan di jakarta, tentu kita membutuhkan objek wisata lain lagi sesudah selesai berjalan jalan di Setu babakan. Ada beberapa pilihan posisi wisata yang terletak di Jakarta selatan tang tentu tidak teralu jauh dari setu babakan.

Kebun fauna ragunan , Halaman langsat, Museum Layang Layang, water park pondok indah, Museum Satria Mandala, Halaman Mataram, Halaman Angrek Ragunan, dan Kampung Cipulir, yakni beebrap aobjek pilihan yang lokasinya tidak seberapa jauh dari Setu Babakan.

Gimana? Tertarik dengan daya tarik Setu Babakan? Mari rencanakan kujungan mu ke Setu Babakan dengan keluarga maupun ajak saudara anda. Nikmatia atmosfer Betawi di Benteng terakhirnya di Tanah Betawi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *