“Road Trip” Dari Sukabumi sampai Flores

Posted on

 Road trip ataupun berkendara jarak jauh via darat bisa jadi alternatif untuk liburan. Tak cuma lebih fleksibel, melancong dengan mobil ataupun motor juga membuat turis lebih sanggup meresapi panorama alam dan budaya lokal.

Laporan gembiranya, Indonesia punya banyak pilihan destinasi yang cocok untuk road trip. Banyak wilayah di Indonesia memiliki akses jalan yang baik, panorama alam indah, budaya yang menarik, dan penduduk yang ramah.

Berikut 5 destinasi pilihan KompasTravel untuk road trip:

1. Sukabumi, Jawa Barat

Destinasi road trip paling dekat dari Jakarta dan sangat layak didatangi yakni Sukabumi. Akses ke Sukabumi sejak 2018 sudah semakin mudah dengan adanya Tol Bocimi.

Sukabumi terbilang kabupaten yang punya wisata komplet. Terdiri dari wisata gunung, sungai, , dan air terjun. Bila punya waktu liburan yang singkat, Geopark Ciletuh sanggup menjadi pilihan. Jumlah ada 32 titik wisata di sana, dengan akses jalan beraspal halus, panorama alam yang indah, dan pilihan akomodasi yang beragam.

Suasana perkemahan di Pinggir Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. KOMPAS.com/IWAN BAHAGIA Atmosfer perkemahan di Pinggir Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

2. Aceh

Bila mencari destinasi wisata yang anti mainstream, berkunjunglah ke Aceh. Provinsi satu ini menaruh kekayaan alam yang luar biasa. Aceh punya Halaman Nasional Gunung Leuser yang terkemuka dengan orang utan, Pulau Weh (Sabang) yang terkemuka denagn wisata bahari, Danau Takengon yang terkemuka dengan kemolekan danau air tawar dan wilayah penghasil kopi.

Akses jalan di Aceh terbilang baik dan hening pengendara, sampai-sampai membuat petualangan road trip semakin mengasyikkan.

Pengrajin menunjukkan motif kain tenun ikat kepada calon pembeli di Pasar Alok, Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (31/7/2018). Di Pasar Alok, setiap Selasa mulai pukul 06.0013.00 Wita merupakan hari khusus bagi perajin seantero Kabupaten Sikka dan daerah lainnya untuk menjual kain tenun ikat hasil kerajinan tangan yang dibuat dengan mesin tenun tradisonal.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Pengrajin menunjukkan motif kain tenun ikat kepada calon pembeli di Pasar Alok, Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (31/7/2018). Di Pasar Alok, setiap Selasa mulai waktu 06.0013.00 Waktu indonesia tengah (WITA) ialah hari khusus bagi perajin seantero Kabupaten Sikka dan wilayah yang ada untuk menjual kain tenun ikat hasil kerajinan tangan yang dibuat dengan mesin tenun tradisonal.

3. Pulau Flores, NTT

Bila punya waktu liburan yang cukup panjang, cobalah road trip dari Labuan Bajo sampai Larantuka. Dipastikan akan menjadi petualangan yang tak terlupakan.

Flores terkemuka memiliki budaya yang kaya, panorama alam indah, dan penduduk lokal yang sangat ramah. Akses jalan juga mudah, dengan masih-masing kabupaten memiliki karakter yang berbeda. Sampai-sampai membuat petualangan tidak akan membosankan.

Wisatawan berpose di Bukit Wairinding, Sumba Timur.Kompas.com/Silvita Agmasari Pelancong berlagak di Bukit Wairinding, Sumba Timur.

4. Pulau Sumba, NTT

Pulau yang memiliki luas 11.000 kilometer persegi ini punya lanskap alam yang unik dan terbilang berbeda dengan wilayah Indonesia yang ada. Laporan baiknya, akses jalan di Sumba sangat baik, beraspal halus. Sumba juga punya destinasi wisata yang komplit mulai dari , bukit, sabana, sampai wisata berbasis budaya.

Keindahan Helena Sky Bridge, Bantimurung, Sulawesi Selatan, di atas habitat kupu-kupu.ARSIP HELENA SKY BRIDGE BANTIMURUNG Keelokan Helena Sky Bridge, Bantimurung, Sulawesi Selatan, di atas habitat kupu-kupu.

5. Sulawesi Selatan

Ada banyak titik wisata di Sulawesi Selatan. Kebanyakan turis gemar road trip dari Makassar ke Toraja. Tak cuma itu juga ada destinasi wisata terkemuka yang ada seperti Halaman Nasional Bantimurung Bulusaraung dan Tanjung Bira.

Di Sulawesi Selatan road trip bisa sekalian wisata kuliner. Karna provinsi satu ini terkemuka memiliki banyak masakan lezat dengan kerasa yang kaya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *