Review Harga Tiket Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Posted on

Waktu liburan memang paling nikmat berkunjung ke beberapa wilayah yang memperkenalkan rindu. Salah satunya ialah Yogyakarta. semua yang pernah datang ke kawasan ini pasti sepakat akan karena itu. Karena, kemolekan Yogyakarta memang tidak pernah bisa tergantikan. Perpaduan epik antara budaya, alam, dan wisata buatan seakan bersatu menjadi satu kesatuan.

Gunung Kidul memiliki bermacam berbagai kemolekan yang tidak kalah bagusnya dengan yang lain. Malahan, kawasan inilah yang bahwasanya memperkenalkan pesona memukau dan bisa membius siapa pula yang pernah mendatangi tempat ini.
Air Terjun Sri Gethuk ialah satu dari keseluruhan kemolekan yang tidak akan pernah terlupakan. Inilah ia patahan surga yang terbang ke Gunung Kidul dan singgah di kawasan ini. Penasaran dengan apa yang terletak di kawasan ini? Mari, kita jelajahi bersama apa yang terletak di objek wisata unggulan Gunung Kidul ini.

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk . Image via: datawisata

Air Terjun Sri Gethuk

Inilah objek wisata yang sampai waktu sekarang masih di kelola oleh warga masyarakat sekitar secara simpel. Meski simpel. Namun, memiliki arti dan membekas di hati. Gimana simpel bukan berarti seadanya, tapi tetap menjunjung besar mutu dan keselamatan sebagai sebuah bentuk pelayanan kepada sobat native yang datang.

papan nama
Papan nama. Image via: tripadvisor.co.uk

Nama dari Sri gethuk ini sudah tenar sejak lama. Dimana, ketika itu banyak nitizen yang mencari kawasan ini. posisinya memang sedikit tersembunyi. Sampai-sampai, banyak yang kesasar. Apalagi, dahulu papan petunjuk belum sangat ramah seperti saat ini. tapi, begitu sisi indahnya dari sebuah pencarian dan petualangan

Warga sekitar lebih suka menyebut nama kawasan ini sebagai air terjun slempret dimana, letak kawasan ini berada di kawasan slempret.

Mitos di Sekitar

Yogyakarta ialah kawasan keraton yang sampai waktu sekarang masih di percaya dan memiliki tradisi serta budaya yang erat. Seperti halnya, mitos dan misteri di tempat ini. Dimana, nama dari air terjun ini sendiri berkaitan dengan penunggu yang terletak di sekitar objek wisata.

Kawasan sri gethuk ialah kerjaaan jin yang di pimpin oleh Raja bernama Anggo Menduro yang konon katanya menyenangi musik tradisional jawa. Ya, air terjun ini menaruh perlengkapan musik gamelan tersebut.

main air
Main air bersama kawan. Image via: lelungan.net

Uniknya lagi, beberapa saat sobat native akan mendengar suara gamelan yang tidak sangat kencang, tapi juga tidak pelan. Ya, sesudah di dekati suara gamelan tersebut akan menghilang. Bagi sobat native yang pernah mendatangi kawasan ini, apakah pernah mengalaminya?

Jikalau pernah mendengar pasti sepakat bilamana dari sekian banyak gamelan hanya kethuk dan slompret. Perlengkapan musik gamelan yang bunyinya paling dominan. Oleh karna demikian, warga sekitar memberikan nama kawasan ini dengan nama Air terjun sri kethuk ataupun dipelesetkan menjadi sri gethuk.

Objek wisata ini mengaji dari sebuah tebing yang memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Memiliki 3 sumber mata air. Pertama ialah mata air ngandong, dohpoh, dan ngumbul. Dimana, ketiga sumber air ini tidak pernah surut walaupun masa kemarau sekali pula. akibatnya, debit air terjun ini juga tidak pernah berkurang.

duduk santai
Duduk santai amati air. Image via: unisifm.com

Atmosfer dan Nuansa

Berada di kawasan ini sangat mengasyikkan. Merasa damai di hati, dimana sobat native bisa memandang panorama alam sekitar, berbentuk pepohonan yang menjulang besar. Memperkenalkan pesona alam yang begitu mengesankan. Di tambah lagi, air terjun di sini memliki tingkatan bebatuan yang berbeda. Sampai-sampai, air akan jatuh mengikuti alur batu yang ada.

Ada juga satu air terjun utama yang memang debitnya tidak begitu deras. Di seputar terjun air ini, ada sebuah cekungan dengan bebatuan karst nan esoktis. yup, di cekungan ini pula sobat native akan disuguhkan panorama alam pelangi nan elok. jadi, jangan sampai terlampaui ya sobat native.

Kegiatan

Di sini, sobat native tak cuma menikmati air terjun ataupun dengan nasris selfie semata. Malahan ada kegiatan lain yang wajib di coba. Salah satunya ialah rafting sungai oya. Rasakan keseruan bersama sahabat menaklukkan derasnya sungai oya.

Clift jump
cliff jumping. Image via: lelungan.net

Setelah itu, cliff jumping, dimana, sobat native di tantang untuk naik ke atas tebing setelah itu meloncat dari ketinggian dan menceburkan diri ke sungai oya. Berani berupaya? Maupun bisa juga canoying. Kegiatan ini menguji adrenalin sobat native dengan menuruni tebing memanfaatkan tali. Jadi, mana yang akan sobat native seleksi untuk menikmati air terjun ini.

Alamat Letak

Air Terjun Sri Geethuk terletak di Dusun menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Yogyakarta. jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 45 kilometer. waktu yang harus di tempuh ialah 1 jam hingga 1,5 jam.

rafting
Rafting. Image via: idetrips.com

Transportasi Mengarah Ke Air Terjun

Mengarah ke kawasan ini sangat mudah, pengunjung bisa mengawalinya dari Kota Yogyakarta mengarah ke piyungan. Setelah itu, naik kearah pathuk. Lanjutkan hingga ke pertigaan gading. Lalu, belok ke kanan mengarah kearah playen. Ya, sampai di playen lanjutkan ekspedisi mengarah ke kecamatan palihan.

Di pertigaan palihan pengunjung bisa belok ke kanan sampai berjumpa dengan papan petunjuk. Ikuti saja, papan petunjuk yang terletak di sini hingga sampai di air terjun sri gethuk. Jarak yang harus di tempuh dari papan petunjuk ini mengarah ke posisi ialah 7 kilometer. semasih ekspedisi mengarah ke kawasan ini pengunjung akan disuguhkan dengan hutan kayu putih yang sangat memukau hati.

Mengarah ke titik posisi ini pengunjung akan disuguhkan dengan 2 jalan. Bisa memanfaatkan  trekking ke hutan dengan jarak tempuh kurang lebih 450 meter. Maupun bisa memanfaatkan perahu dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit.

transport via air
Perahu rakit Drum. Image via: datawisata.com

Di sini, pengunjung akan disuguhkan panorama alam sungai oya yang berupa hijau. Jangan bertingkah aneh-aneh karena, sungai yang nampak tenang ini memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter, ada juga 3 meter. Tidak hanya sungai oya, pengunjung juga akan disuguhkan dengan bebatuan yang luar biasa keren. Seperti menjelajahi di sebuah sungai amazon.

Bagi yang menentukan jalan trekking, jangan berkecil hati. Karena, lintas yang di lalui tidak kalah kerennya. Pepohonan yang menjulang besar diiringi sungai-sungai kecil serta zona persawahan. Coba datang di ketika masa panen. Hijaunya sawah bisa mengalihkan dunia untuk sekejap.

Harga Tiket Masuk

tiket
Tiket. Image via: masbidintravel

Agar dapat menikmati kawasan ini sobat native akan dipakai biaya sebesar 10 ribu rupiah. kalau kepingin berhasil menyewa pelampung dan ban akan dipakai biaya sebesar 5 ribu rupiah. bilamana kepingin berhasil menyewa perahu dan menyusuri sungai oya akan dipakai harga 30 ribu rupiah. Ya, untuk menikmati seluruh aktiifitas di kawasan ini akan dipakai tarif antara 30 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Gimana pesona Gunung Kidul dari kawasan ini? menarik sekali bukan untuk sobat native jelajahi. Kawasan yang pas bagi sobat native yang kepingin berhasil menghabiskan hari libur bersama dengan keluarga. Rasakan sensasi yang berbeda dan pengalaman menarik saat mendatangi kawasan ini.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *