Rekomendasi 13 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Kece Abiss

Posted on

Kerasanya tak begitu susah untuk menggambarkan keistimewaan yang dimiliki kota Surabaya yang berjuluk Kota Pahlawan ini. Satu antara lain yaitu pesona wisata yang dimiliki. Tak ubahnya kota metropolitan yang lain, Surabaya juga dihiasi dengan deretan gedung-gedung mahal yang seakan mencakar langit dan mall-mall yang buatnya merasa begitu sesak.

Namun jangan keliru, dibalik itu semua Surabaya memiliki banyak destinasi menarik. Mulai dari jejak sejarah kemerdekaan, wisata alam hingga kulinernya  menaruh pesona yang bakal membuat Anda rindu dan mau berhasil kembali mengunjunginya.

Penasaran mana saja tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dijelajahi? Simak anjuran pilihan berikut.

1. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho
Masjid Muhammad Cheng Ho. Image via: merahputih.com

Di Surabaya ada sebuah masjid unik yang dibentuk dengan mengusung arsitektur China yang dipadukan dengan budaya Arab di seluruh bagian bangunannya. Dengan dominasi corak merah seperti halnya klenteng kebanyakan, banyak yang mengira kalau bangunan ini bukanlah sebuah masjid kalau di bagian luarnya tak terdapat papan nama.

Saking menarik dan uniknya masjid ini, banyak golongan yang datang ke masjid ini khusus untuk beribadah ataupun hanya hanya untuk  memuaskan kerasa penasaran tentang masjid unik ini.

Info:

  • Nama: Masjid Muhammad Cheng Ho
  • Alamat: Jalan Gading Nomor.2 Ketabang, Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: free

2. Kebun Fauna Surabaya

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Fauna Surabaya. Image via: goodnewsfromindonesia.id

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya yang juga jadi ikon kota Suarabaya yaitu Kebun Fauna Surabaya ataupun yang lebih diketahui dengan sebutan KBS. Berdiri di atas tanah tak kurang dari 15 hektar, KBS ialah satu dari semua kebun fauna tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1916. Kebun fauna ini memiliki koleksi binatang lebih dari 300 spesies berbeda dengan jumlah totalitas hingga mencapai  3.000 hewan.

Terhitung di dalamnya terdapat mamalia, ungags, reptil, ikan serta spesies yang dilindungi hidup di tempat wisata di Surabaya yang satu ini. Tak hanya bertualang setiap mengenal satwa-satwa di dalamnya, Anda juga bisa menikmati keseruan menaiki perahu mengelilingi zona KBS. Ada juga jembatan pantau, bibliotek, spot potret-potret instagramable hingga jogging track yang bisa menambah keseruan Anda saat menjelajahi Kebun Fauna Surabaya.

Info:

  • Nama: Kebun Fauna Surabaya
  • Alamat: Jalan. Setail Nomor. 1 Darmo, Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya-Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 15.000,-/orang (tidak terhitung wahana)

3. Halaman Bungkul

Taman Bungkul
Halaman Bungkul. Image via: panduanwisata.id

Berada pas di pusat kota, Halaman Bungkul menjadi satu dari semua tempat wisata di Surabaya yang menemukan predikat sebagai halaman terbaik dari PBB.  Lampaunya Halaman Bungkul ini hanya diketahui sebagai tempat ziarah makam Sunan Bungkul, ialah seorang tokoh agama yang cukup mahsyur di Surabaya.

Namun bersamaan waktu, pemerintah kota mulai menata dan mengganti muka kawasan halaman ini jadi lebih atraktif dengan mnambahkan beragam sarana. Terhitung halaman bermain anak, wifi free hingga sentra orang dagang kaki 5 yang ditata lebih rapid an terorganisir.

Info:

  • Nama: Halaman Bungkul
  • Alamat: Jalan. Halaman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya-Jawa Timur
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: free

4. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung
Klenteng Sanggar Agung. Image via: travelbos.id

Sama seperti kota besar yang lain, Surabaya juga punya destinasi wisata yang sarat dengan budaya China seperti Klenteng Sanggar Agung salah satunya. Klenteng yang juga diketahui dengan nama Hong Tang San ini semakin menarik karena posisinya yang tampak di kawasan Kenjeran.

Diwaktu akan merambah zona klenteng, Anda akan disambut oleh arca si dewi (Dewi Kwan Im) dan punggawanya Sha Nan dan Tong Nu yang di bawahnya di jaga oleh arca naga yang meliuk. Tak cuma itu Anda juga bisa menikmati keelokan hutan bakau tak jauh dari klenteng tersebut sembari menunggu matahari tenggelam.

Info:

  • Nama: Klenteng Sanggar Agung
  • Alamat: Jalan. Sukolilo 100, Kenjeran, Kenjeran Surabaya-Jawa Timur
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: Rp 10.000,-/mobil, Rp 5.000,-/motor, Rp 3.000,-/pejalan kaki

5. Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park
Surabaya Carnival Park . Image via: blog.reddoorz.com

Memperkenalkan tema night market, Surabaya Carnival berusaha memperkenalkan atmosfer pasar malam dengan kemasan yang lebih modern dan berstandar internasional. Banyak wahana seru yang ditawarkan oleh tempat wisata di Surabaya ini, paling tidak ada 50 kategori wahana yang dipecah dalam 4 bagian khusus. Semisal untuk kanak-kanak dan keluarga, berumur serta wahana berbayar.

Maka tak heran kalau waktu libur dan weekend tiba, destinasi ini selalu sesak oleh hadirin yang bergelora. Bukan hanya warga Surabaya saja yang tertarik dengan kemeriahan dan keseruan Suroboyo Carnival Park, malahan banyak pengunung yang hadir dari luar kota. Sarana yang dimiliki theme park ini juga terbilang lengkap, mulai dari sarana MCK, zona parkir hingga zona kuliner tersaji di sini untuk membuat hadirin semakin nyaman.

Info:

  • Nama: Suroboyo Carnival Park
  • Alamat: Jalan. Ahmad Yani Nomor.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya-Jawa Timur
  • Jam buka: 16.30-23.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 60.000,-(hari biasa), Rp 80.000,-(akhir minggu/hari libur)

6. Atlantis Land Kenjeran

Atlantis Land Kenjeran
Atlantis Land Kenjeran. Image via: reresepan.com

Diresmikan sejak Desember 2017, destinasi yang mengusung tema halaman air bawah laut ini sekarang menjadi satu dari semua tempat wisata di Surabaya yang sedang hits. Dibentuk di atas lahan seluas 15 hektar, Atlantis Land Kenjeran menyuguhkan beragam wahana games seru nan mengasyikkan. Mulai dari wahana air seperti Atlantis Waterlan, Boomerang Slide, hingga Tornado Slide yang akan memberikan pengalaman seru meluncur dari ketinggian 25 meter.

Tak cuma itu juga ada wahana non air yang tak kalah seru yang bisa Anda coba  bersama keluarga. Mulai dari wahana Misteri Atlantis, Dino Land, Carousel, hingga Music Express. Tak ketinggalan ada juga wahana Istana Arca Parafin, , Happy Car, Wave Swinger sampai Bumper Car Senior bisa Anda coba di sini. Menarik bukan?

Info:

  • Nama: Atlantis Land Kenjeran
  • Alamat: Jalan Ria Kenjeran Sukolilo Baru,  Surabaya,  Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 100.000 (all in one tiket)

7. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam. Image via: monkasel.id

Satu dari keseluruhan hal menarik yang bisa Anda jelajahi di Surabaya selanjutnya yaitu Monumen kapal Selam ataupun selalu disebut dengan Monkasel saja agar lebih singkat. Sisi menariknya yaitu karena monumen ini yakni sebuah kapal selam sungguhan  buatan Unisoviet milik Tentara Nasional Indonesia angkatan laut (AL) yang menadi saksi mata kejayaan maritim di Indonesia. Kapal yang memiliki nama KRI Pasopati 410 ini malahan pernah dipakai dalam operasi militer untuk membebaskan Irian Barat.

Monumen yang tampak di Jalan. Pemuda ini disebut-sebut menjadi satu dari semua monumen kapal selam terbesar yang terdapat di kawasan Asia. Terbayang ‘kan macam apa serunya menjelajahi megahnya kapal selam raksasa ini? Jangan sampai lupa difoto di sini, karena bayak sudut instagramable yang saying kalau dilewatkan begitu saja.

Info:

  • Nama: Monumen Kapal Selam
  • Alamat: Jalan. Pemuda Nomor.39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya-Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-21.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 15.000,-

8. Kebun Bibit Wonoreo

Kebun Bibit Wonoreo
Kebun Bibit Wonoreo. Image via: kabarsurabaya.org

Destinasi wisata menarik selanjutnya yang bisa Anda nikmati di Surabaya yaitu Kebun Bibit Wonorejo yang berlokasi di kawasan Rungkut. Seperti namanya, tempat wisata di Surabaya ini dahulunya hanya dipakai sebagai kawasan pembibitan pohon-pohon untuk penghijauan di kota Surabaya. Namun bersamaan berjalannya waktu, gunanya juga dioptimalkan dan setelah itu dibuka untuk umum.

Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan udaranya yang bersih sekalian wahana yang menarik. Semisal mini zoo yang ditempati beberapa hewan-hewan seperti rusa, angsa, bebek serta beberapa hewan yang lain. Dibagian tengan halaman terdapat sebuah danau buatan yang indah dan bisa jadi spot gambar yang instagramable. Di zona halaman juga dibentuk ogging track dan fitness, akibatnya Anda juga bisa sekalian berolah raga. Kedengarannya mengasyikkan bukan?

Info:

  • Nama: Halaman Bibit Wonoreo
  • Alamat: Jalan. Kendal Sari Blok RK Nomor. 70, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00-17.00 WIB
  • Harga tiket:

9. Gram Walk

G Walk
Gram Walk. Image via: konsumenreview.com

Suka hunting kuliner saat travelling? Maka saat di Surabaya jangan sampai Gram walk terlewatkan dari catatan tujuan Anda. Tempat wisata di Surabaya yang satu ini memang dibentuk khusus untuk memanjakan para pecinta kuliner, tak hanya untuk warga Surabaya tapi juga turis. Tempatnya nyaman dan cozy, tak mengherankan kalau tempat yang satu ini jadi tempat nangkring enak yang selalu hits.

Kuliner yang ditawarkan di sini juga sangat beragam, mulai dari kuliner jadul khas Surabaya hingga kekinian yang sedang digandrungi bisa Anda temukan di sini. Lokasinya juga terbilang cukup strategis karena berada di satu dari semua kawasan elit di Surabaya ialah Citra Raya Surabaya.

Info:

  • Nama: Gram Walk
  • Alamat: Jalan. Niaga Gapura, Lontar, Sambikerep
  • Jam buka: 10.00-23.00

10. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum. Image via: spesial.net

Punya hobi upload gambar di media sosial? Kalau iya, maka tempat wisata di Surabaya ini sangat sempurna untuk Anda. Mengusung konsep 3 dimensi, museum ini memamerkan karya seni dalam bentuk goresan 3 dimensi yang menipu mata. Ada banyak koleksi latar belakang gambar 3 dimensi yang bisa Anda peruntukan spot gambar yang menciptakan gambar yang instagramable.

Mulai dari gambar yang memberikan ilusi sedang memanjat gedung pencakar langit, hingga ilusi karakter beken bisa Anda temui di sini. Jangan sampai lupa, ambil sudut gambar yang cocok agar gambar Anda semakin kelihatan nyata.

Info:

  • Nama: De Mata Trick Eye Museum
  • Alamat: Jalan. Hayam Wuruk 6, Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya-Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00-22.00 WIB
  • Harga tiket Rp 50.000,-/orang

11. Kenjeran Park

Kenjeran Atlantis Park

Dahulu, kawasan Kenjeran Park diketahui sebagai akwasan yang kumuh dan cukup rawan. Sekarang tidak lagi, tempat ini telah di tata ulang dan menjadi tujuan wisata keluarga di Surabaya.

12. Surabaya North Quay

jembatan suramadu saat malam
Surabaya North Quay Malam, jembatan Suramadu. Image via: https://ijenblueflametour.com/trip/surabaya-bromo-ijen-tour-drop-bali/

Mau berhasil mengenal keelokan pelabuhan dan kapal pesiar? Kunjungi saja Surabaya North Quay. Tempat wisata yang masih terhitung baru ini berada di pelabuhan Tanjung Perak, dan dengan kilat jadi destinasi wisata favorite pelancong.

13. Kebun Bibit Surabaya

Kebun Bibit Surabaya Pool
Image via: www.instagram.com/jelajahi_nusantara

Kalau anda mau berhasil menikmati atmosfer hijau bersama keluarga di Surabaya, Kebun Bibit bisa anda peruntukan alternatif tujuan nih. Atmosfer hijau dan adem di tempat ini bisa membuat bayangan kita lebih fresh.

Ada banyak destinasi menarik bukan di Surabaya? Jadi tak usah cemas kehilangan ide untuk menghabiskan hari libur saat berkunjung ke Kota Pahlawan tersebut. Yang pasti satu hari saja tak akan mampu untuk menikmati tempat-tempat wisata di Surabaya tersebut, karenanya atur ekspedisi Anda sekarang juga agar liburan jadi lebih mengasyikkan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *