Pesona Curug Cikaso, Air Terjun Indah Di Sukabumi

Posted on

Berdialog tentang air terjun, Indonesia memang banyak memiliki air terjun yang terkemuka indah dan memesona. Satu dari keseluruhan air terjun yang terkemuka dengan keindahannya ialah Curug cikaso. Air terjun ini masih alami dan memiliki panorama alam yang begitu indah. Tempat ini menjadi satu di antara tempat wisata alam paling diminati di Ujung Genteng.

Curug Cikaso
Curug Cikaso. Image via: @fikry.anshor

Posisi Curug cikaso

Air terjun dengan keindahannya yang sangat memesona ini terletak di Kampung Ciniti, tepatnya di desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug cikaso kerapkali disebut dengan Curug Luhur, tetapi beda tempat dengan Curug Luhur Bogor ya.

Terdapat 3 titik curahan dari Curug cikaso. Titik curahan pertama bernama Curug Aseupan, dan selanjutnya Curug Menong dan Curug Aki.

Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 meter. Lebar dari curug ini ialah 100 meter, yang dibagi menjadi beberapa aliran air terjun. Curug Cikaso bermuara di Muara Tegal buleud Kabupaten Sukabumi. Anda akan memandang pesona kemolekan dari limpahan 3 air terjun yang indah dengan rimbunan pepohonan yang begitu asri dan menawan.

Air dari Curug cikaso ini melimpah ke dalam kolam yang berupa biru kehijauan. Hasil dari limpahan ketiga curug yang menjadi curahan Curug cikaso ini memang betul-betul membuat tampias corak yang indah dan memberikan perasaan yang sejuk menyegarkan. Titik-titik dari curahan air tersebut pula melekat pada dedaunan yang terdapat di sekitarnya. Tanpa disadari, hal itu membuat panorama alam menjadi semakin istimewa.

Curug cikaso sangat indah untuk dinikmati saat debit air sedang melimpah. Dengan debit air yang melimpah, curahan air dari Curug cikaso akan menjadi lebih deras. Selain itu, gemuruhnya pula akan menjadi lebih dahsyat. Namun harus diingat, wisatawan yang datang harus berjaga-jaga.

renang
Renang. Image via: tripadvisor.co.id

Kolam di Curug cikaso memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Selain itu saja, di bawah kolam ini pula terdapat pusaran air yang deras dan kokoh.

Jadi, seandainya Anda bernazar untuk berenang, Anda harus berenang di bagian yang aman. Seandainya tidak tahu bagian dari mana yang aman dipakai untuk berenang, Anda bisa menanyakannya kepada penjaga Curug Cikaso.

Jalan/ Rute Mengarah Curug cikaso

Curug cikaso cukup mudah dijumpai karena posisinya hanya sekitar 8 kilometer dari Surade. Dari Jampang Kulon, curug ini akan bisa ditempuh dalam jarak 15 kilometer. Seandainya Anda dari Ujung Genteng, Anda akan menempuh jarak sekitar 32 kilometer. Dari pusat kota Sukabumi sendiri, curug ini memiliki jarak sekitar 110 kilometer. Namun seandainya Anda berada di Pelabuhan Ratu, Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 70 kilometer.

Untuk mengarah ke Curug cikaso ini Anda harus melangsungkan ekspedisi mengarah Ujung Genteng. Seandainya dari Sukabumi, Anda harus mengambil arah mengarah Jampang Kulon dan setelah itu dilanjutkan ke Surade. Di tengah-tengah ekspedisi mengarah ke Surade, Anda harus berbelok di pertigaan yang ada dan mengarah ke Jalan Cikaso.

foto indah
Gambar indah di Curug cikaso. Image via: @bidikanling

Jalan mengarah Curug cikaso pula sangat menantang. Bagi Anda yang belum terbiasa angkat kaki ke tempat wisata alam Curug, Anda jelas akan merasa tertantang. Selain persiapan wujud dan mental saja yang harus Anda persiapkan, namun Anda juga harus mempersiapkan kendaraan yang betul-betul layak jalan.

Banyak sekali badan jalan yang rusak berat. Medannya tidak gampang seperti tanjakan, turunan, dan tikungan yang sangat curam. Perihal tersebut betul-betul harus dimengerti akibatnya usahakan yang menyetir kendaraan memang betul-betul lihai untuk berkendara di medan jalan tersebut.

Nantinya, Anda bisa parkir kendaraan Anda di tempat parkir khusus turis yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata alam Curug Cikaso. Untuk mencapai ke letak air terjun, Anda harus berjalan dalam jarak 1 kilometer. Menantang bukan?

Seandainya Anda kepingin berhasil ekspedisi yang lebih mudah, Anda bisa menaiki perahu dengan biaya 60 ribu berkapasitas 10 orang. Anda juga bisa menyewa pemandu dengan biaya 50 ribu hingga 70 ribu rupiah saja.

 

Pangkalan perahu
Dermaga perahu. Image via: garisbatas.com

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso

Anda bisa merambah zona Curug cikaso dengan tiket yang cukup murah.

Harga tiket masuk diperhitungkan per mobil 27 ribu rupiah saja ditambah duit parkir sebanyak 6 ribu rupiah. Untuk Anda yang berjalan kaki, Anda hanya perlu membayar 3 ribu per orang. Tidak lupa Anda juga harus membayar biaya kebersihan 2 ribu per orang.

Biaya ekstra lain yang terdapat di Curug cikaso ialah biaya sewa perahu. Sewa perahu ini memiliki tarif yang bermacam-macam. Sebaliknya bagi Anda yang kepingin berhasil angkat kaki ke toilet, Anda hanya perlu membayar 2 ribu rupiah saja. Pokoknya, Anda bisa menikmati semua yang terdapat di Curug Cikaso dengan harga murah seperti yang telah ditawarkan di atas.

bersama itu indah
Kebersamaan di curug cikaso. Image via: wisatasenibudaya.com

Jam Buka Curug cikaso

Jam buka dari Curug cikaso tentu saja hanya dari pagi hari sekitar jam 8 hingga sore hari. Dengan mendatangi Curug cikaso di pagi maupun siang hari, Anda akan betul-betul menikmati panorama alam yang hijau dan gemericik dari suara air curug yang betul-betul akan memanjakan kuping Anda.

Mitos Curug Cikaso

Memperdebatkan tentang tempat wisata alam Curug cikaso tidak akan pernah terlepas dari mitos yang diyakini oleh masyarakat setempat. Ada sedikit mitos yang konon mengatakan bahwa air terjun yang indah ini terbukti punya penunggu. Mitos yang berkitaran di masyarakat setempat ialah bahwa penunggu dari Curug Cikaso ialah Nyai Blorong.

selfie cantik
Selfie perlente. Image via: tempatwisatamu.com

Nyai Blorong menunggu curug Aseupan, Eyang Santang menunggu Curug Meong, dan Prabu Siliwangi ialah penunggu dari Curug Aki.

Adat di kita memang seperti itu. Acapkali satu tempat disebut memiliki cerita mistis tertentu. Karena itu kembali lagi pada anda untuk percaya maupun tidak.

Seandainya kepingin berhasil berenang, mintalah petugas untuk memilihkan tempat yang betul-betul aman agar tidak berlangsung hal-hal yang tidak di impikan. Beberapa wisatawan memandang adanya penampakan diwaktu mendatangi Curug cikaso. Namun, semua itu kembali kepada Anda apakah Anda percaya maupun tidak.

Yang jelas, setiap himbauan dan peringatan yang disampaikan oleh pihak Curug cikaso diharapkan demi bisa dipatuhi sebijak mungkin.

Daya Tarik Yang lain

Sebagai satu di antara curug yang paling indah di kotaSukabumi, Curug cikaso tentu saja memiliki daya tarik yang unik. Berikut beberapa daya tarik dari Curug cikaso yang membuat semua orang menjadi semakin penasaran untuk mengunjunginya.

Terdiri dari 3 air terjun

Berbeda dengan curug lain yang biasanya hanya memiliki 1 curahan air terjun, namun air terjun Curug cikaso rupanya memiliki 3 tumpahan air terjun yang sangat memesona. Dengan tumpahan dari 2 air terjun tersebut membuat gerojokan dari curug menjadi semakin keras dan luar biasa.

air terjun kembar 3
Air terjun kembar 3. Image via: maribolangyuk.blogspot.com

Dibalik pas wisata air terjun biasanya memang ada cerita mistis dan unk yang melekat padanya.Konon, ketiga curahan dari Curug cikaso tersebut memang pernah disinggahi oleh seseorang dan saat ini menjadi penunggu dari curug tersebut.

2. Airnya yang deras dan jernih

Bersumber dari 3 curahan curug tentu membuat aliran air di Curug cikaso menjadi semakin deras. Tidak hanya airnya yang mengalir dengan sangat deras, rupanya curug ini pula memiliki air yang fresh dan air yang berupa indah.

berperahu di air jernih
berperahu di air jernih curug cikaso. Image via: travelingyuk

Seandainya Anda bernazar untuk angkat kaki ke Curug Cikaso, Anda bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang.Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat untuk menikmati indahnya air terjun di Curug cikaso.

Selamat liburan!

Pesona Curug Cikaso, Air Terjun Indah di Sukabumi

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *