Pengen Coba Jadi Indiana Jones di Pantai Timang Yogyakarta ?

Posted on

Timang yang terletak di sebelah tenggara Kota Yogyakarta berbeda dengan destinasi sejenis yang lain. Para turis, bisa berlagak layaknya Indiana Jones di sini karena medan dan wahana yang ada begitu memacu adrenalin.

Petualangan menjadi Indiana Jones diawali dari darmawisata untuk sampai tersebut.

Untuk sampai di Timang, turis bisa menempuh darmawisata sepanjang 50 kilometer dengan waktu tempuh 1,5 – 2 jam melalui Wonosari, Bunda Kota Kabupaten Gunung Kidul.

Di sinilah darmawisata menjadi Indiana Jones diawali, karena letak ini harus melalui jalanan terjal beralaskan bebatuan yang berbukit-bukit. Transportasi yang paling dapat menaklukkan medan tersebut yaitu dengan kendaraan berpenggerak 4 roda (4 wheel drive).

Untuk itu, masyarakat di seputaran Timang telah sediakan paket wisata Off Road memakai kendaraan kategori Jip berpenggerak 4 roda. Tak cuma transportasi itu, alternatif lain bisa memakai jasa ojek trail.

Memakai ojek, kesan berpetualang mungkin lebih merasa dan menantang!

Timang, bukanlah landai untuk berenang, kebalikannya beralaskan koral yang tajam dan terdapat palung dalam.

Namun, di Timang terdapat sebuah wahana yang jarang ditemui pada yang lain, yaitu Gondola dan Canopi Trail (jembatan gantung) sebagai sarana menyeberang mengarah Watu Panjang (sebuah batu koral besar).

Gondola dan Canopi Trail tersebut menjadi karakteristik khas dari Timang yang belum ada di yang lain. Ini juga yang menjadi dayantarik pengunjung.

Untuk melintasi Canopi Trail, pengunjung harus merogoh Rp 100.000. Lalu, untuk menyeberangi dengan Gondola, dipakai tarif sebesar Rp 150.000 (pengunjung dalam negeri) dan Rp 200.000 (pengunjung mancanegara).

Tantangan lain

Tantangan yang lain sehabis menaklukkan medan yang cukup tidak gampang pada darmawisata, yaitu gondola dari ketinggian sekitar 35 meter di atas permukaan laut.

Menurut sejarahnya, Gondola di Timang sudah ada sejak 1997 yang dipakai sebagai sarana angkut para nelayan setempat dalam mencari Lobster.

Pada 2013, Gondola tersebut mulai dipakai bagi turis yang mau berhasil menyeberangi Watu Panjang. Setelah itu, pada 2018 mulai tenar di media sosial, eksklusifnya Instagram.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *