Pantai Indah Di Jember Dan Banyuwangi

Posted on

Pengen liburan ke Bali, Pengen liburan ke luar negeri buat cari … Eh? Kenapa harus banget liburan jauh – jauh ke luar negeri ataupun ke Bali buat cari ya? Sahabat – sahabat taveler pada tahu enggak kalau di Pulau Jawa ini sedianya ada banyak menawan yang bisa dinikmati lho.

Sebut saja nama Jember dan Banyuwangi. Walaupun  kota – kota itu belum se-terkenal bali, tetapi 2 kota ini juga punya banyak   seksi yang wajib kalian kunjungi. Sahabat – sahabat traveler belum pada tahu kan? Eksistensi – menawan yang terletak di pesisir 2 kota di bagian timur pulau jawa itu?

Yup~ Inilan pantai di Jember dan Banyuwangi yang wajib kalian kunjungi. Catet, dan ingat dengan baik ya 7 ini 🙂

1. Iseng Ke Tanjung Papuma, Jember? Boleh Kok 🙂

Pantai Tanjung papuma dengan panoramanya yang indah.
Tanjung papuma dengan panoramanya yang indah.

Orang setempat mungkin ada yang mengenal ini dengan Pasir Putih Malikan, namun setelah itu ini lebih banyak diketahui dengan nama Tanjung Papuma. Menurut Travel Web Reservasi memang terdengar lebih keren sih dengan nama itu. yang enak buat bersantai dan surfing ini berada di Desa Sumberejo (Ambulu), Jember, Jawa Timur 68172, Indonesia. Dari pusat kota Jember sekitar 45 Kilometer ke arah selatan. (lokasi Pantai Tanjung Papuma di Foursquare)

Nama Malikan sendiri ternyata karena untuk mengarah ini harus melewati hutan yang bernama Malikan. Tidak hanya itu mengarah Tanjung Papuma harus sedikit berhati – hati karena jalanan condong licin, apalagi diwaktu kesana masa hujan. Selang nama Tanjung Papuma sendiri diketahui karena lansekapnya yang adalah daratan menjorok ke laut. Itu juga yang membuat Tanjung Papuma lebih unik dibanding dengan yang lain.

2. Bermain Dengan Ombak Di Paseban, Jember

Pantai Paseban yang menawan menjelang matahari terbenam.
Paseban yang memukau menjelang matahari terbenam (sumber foto)

Buat yang suka banget sama sunset, dan suara ombak yang tenang, Paseban yang tampak di barat laut Kota Jember ini pasti cocok banget! Berada sekitar 52 KM dari pusat kota, untuk mengarah ke ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam petualangan. Karena ombaknya relatif tenang, berenang di Paseban terkategori aman. Walaupun harus tetap ekstra hati – hati diwaktu berenang disitu. Selang untuk yang tidak pingin berhasil berenang bisa bermain di pasir Paseban yang landai.

3. Menikmati Uniknya Batu Berbentuk Ular Di Watu Ulo, Jember

Ombak Pantai Watu Ulo yang lumayan kencang, arus berhati - hati bermain di pantai ini.
Ombak Watu Ulo yang cukup kencang, arus berhati – hati bermain di ini. (sumber foto)

Ada yang aneh enggak dengan nama ini? Iya, nama “ Watu Ulo” mungkin terdengar tidak umum untuk yang tidak dapat berbincang jawa. Karena nama pantainya memang mengambil dari Bahasa Jawa, “watu” berarti batu sebaliknya “Ulo” berarti ular. Memang di ini ada batu yang tampak berjajar, tampak seperti tubuh ular yang tampak sebagian.

Konon katanya, batu yang wujudnya meyerupai ular tadi ialah bagian dari tubuh ular raksasa bernama Nogo Rojo. Terlepas dari keunikan namanya juga cerita legendanya, Watu Ulo ialah satu dari keseluruhan di Jember yang cukup beken dengan tiket masuknya IDR 5000 untuk mobil ataupun motor. Lokasinya berada di pesisir selatan Jawa, dari pusat kota Jember jaraknya sekitar 40 KM.

Kalau bersedia yang lebih unik, coba datang ke Watu Ulo antara 1-10 Syawal, ataupun sesudah lebaran. Biasanya disitu diadakan minggu raya dengan intermezo ekstra adalah penjualan hasil kerajinan nelayan setempat. O iya, janganlah lupa makan ikan bakar di warung yang ada disekitar yak!

4. Nikmati Hawaii Kerasa Banyuwangi, Plengkung.

G-Land atau terkenal juga dengan Pantai Plengkung mempunyai ombak yang bagus untuk surfing.
Gram-Land ataupun beken juga dengan Plengkung punya ombak yang bagus untuk surfing. (sumber foto)

Mungkin Plengkung ini akan lebih beken di golongan peselancar. Karena katanya ini memiliki ombak yang kualitasnya setara dengan Ombak di Hawaii. Digolongan peselancar professional Plengkung selalu diketahui dengan nama Gram-Land. Lokasinya yang tampak di kawasan Halaman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur membuat ini juga selalu didatangi wisatawan dari Bali. Apalagi dari bali hanya membutuhkan separuh hari petualangan darat.

Seandainya pingin berhasil mengarah ke Plengkung bisa melewati jalur pertama adalah dari Banyuwangi- Kalipahit dengan jarak 59 kilo meter memanfaatkan bis. Kalipahit- Pasaranyar sepanjang 3 kilo meter dengan ojek ataupun menyewa mobil. Pasar Anyar Trianggulasi- Pancur berjarak 15 kilo meter. Terakhir ialah jalur Pancur-Plengkung berjarak 9 kilo meter. Sebaliknya Cara kedua, melalui jalur darat-laut dari Banyuwangi-Benculuk sekitar 35 kilo meter naik bis ataupun kendaraan umum yang lain. Benculuk- Grajagan berjarak 18 kilo meter, setelah itu dari Grajagan ke Plengkung dengan fast boat.

5. Meresapi Hening Di Teluk Ijo / Teluk Hijau di Banyuwangi

Pantai Teluk Ijo atau pantai teluk hijau yang tenang dan menyenangkan.
Teluk Ijo ataupun teluk hijau yang tenang dan mengasyikkan. (sumber foto)

Pingin berhasil kabur dari keramain kota? Tenang saja, ada Teluk Ijo di Banyuwangi untuk sahabat – sahabat traveler sekalian. Walaupun jaraknya cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi, adalah sekitar 90 KM arah selatan. teluk ijo ini sangat direkomendasikan oleh Travel Web Reservasi. Soalnya Teluk Ijo/Teluk Hijau ini memiliki pasir halus, dan atmosfer tenang untuk liburan.

Teluk Ijo ini berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Rute paling gampang mengarah ini ialah melalui jalur Pesanggaran – Sarongan – Sukamade yang juga masih searah mengarah Sukamade yang terletak di Halaman Nasional Merubetiri.

6. Melepas Tukik, Bersahabat Dengan Alam Di Sukamade, Banyuwangi

Di Pantai Sukamade Banyuwangi bisa melihat pantai cantik sekaligus Penyu lucu.
Di Sukamade Banyuwangi bisa menatap menawan sekalian Penyu lucu. (sumber foto)

Seperti yang Travel Web Reservasi sebutkan sebelumnya, Teluk Ijo dekat dengan Sukamade, jadi sebisa mungkin sekalian mampir ke ini kalau berkunjung ke Teluk Ijo. Sayang, soalnya letak Sukamade cukup dekat dengan Teluk Ijo. Atraksi utama di Sukamade ini adlaah pengamatan penyu yang adalah binatang langka dan dilindungi. Itu juga yang membuat ini unik, dan banyak diminati pelancong mancanegara.

Dianjurkan memanfaatkan mobil 4×4 double gardan ataupun kendaraan off road untuk mengarah Sukamade. Karena jalurnya cukup menantang, jalanan berkelok, menanjak batuan terjal dan berlumpur menanti di sepanjang jalur mengarah . Pastinya akan sangat cocok sekali untuk para penyuka petualangan.

7. Pulau Merah, Banyuwangi Yang Tidak Pernah Membosankan.

Bersantai layaknya turis di Pantau Pulo Merah asik kok.
Bersantai layaknya wisatawan di Pantau Pulo Merah enak kok.

favorite peselancar/surfer di Banyuwangi bukan cuma Plengkung Saja, masih ada Pulau Merah/ Pulo Merah. Menurut Travel Web Reservasi, ini tidak akan membosankan walaupun sudah berkunjung berkali – kali. Diketahui dengan nama Pulo Merah karena ada sebuah bukit hijau kecil, namun tanahnya berupa merah di dekat .

Sekarang ini Pulau Merah ini bisa disandingkan dengan berkelas dunia seperti Kuta. Karena pasir pantainya juga halus seperti Kuta dan tidak banyak berkarang. Tidak heran kalau para peselancar kelas dunia banyak mengincar ini. Tidak hanya pantainya nyang seksi, ombaknya pula cukup menantang untuk berselancar.

PS : Untuk mendatangi – diatas metode yang sangat sederhana ialah terbang dengan penerbangan paling murah ke Surabaya, lalu dilanjutkan dengan petualangan darat menyusuri jalur pantura.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *