Menikmati “Sweet Escape” di Telaga Sunyi Baturaden

Posted on

Bagi para wisatawan, kawasan Baturaden sudah jadi destinasi wisata tersohor. Wisata alam di sini memang begitu memanjakan mata.

Maka tak heran, jikalau berkunjung pada lokawisata di sana biasanya penuh wisatawan. Namun, jangan dulu urungkan keinginan ke sana karena keramaian, masih ada destinasi wisata yang jauh drai kata riuh.

Baturaden punya Telaga Sepi. Lokasinya memang agak jauh dan terpisah dari hiruk-pikuk destinasi wisata yang ada. Banyak yang bilang, Telaganya seperti sebuah persembunyian perlente di balik hutan.

Ada juga bibir telaga jaraknya hanya sekitar 150 meter dari parkiran.  Tumbuhan damar dan serta pinus berjajar meneduhkan atmosfer. pada waktu-waktu tertentu, kawasan ini juga akan ramai. Maka dari itu dianjurkan dating pada pagi hari untuk menjauhi kondisi tersebut.

Sepanjang jalan ke bibir telaga, wisatawan akan diperlihatkan dengan batu-batu besar yang punya tekstur menarik akibat pahatan air di sisi kiri.

Sudah sampai telaga, wisatawan juga akan dimanjakan dengan air yang jernih. Seru juga dipakai untuk aktifitas renang. Janganlah lupa abadikan momen dengan kamera underwater.

Namun, jangan terlena dengan kejernihan airnya., paling utama bagi turis, utamanya yang tak mahir berenang. Di kanan dan kiri tel;aga tertulis penjelasan bahwa kedalaman air mencapai 5 meter.

Dari puncak memang kelihatannya dangkal karena air yang jernih.

Zona telaga dihiasi dengan dinding-dinding batu. Ada air terjun kecil yang juga bias dinikmati. Sayangnya, air terjun ini tak akan menjatuhkan air pada masa kemarau.

Ke tempat itu, yang paling nikmat memang melupakan beban di Bunda Kota dengan ditemani suara gemericik air dan kicauan burung yang bersarang di hutan tersebut.

Ingat larangannya

Telaga Sepi punya ketentuan sendiri soal aktifitas renang para turis. Ada larangan berenang apabila hujan datang.

Telaga Sunyi Baturaden.https://pesona.travel Telaga Sepi Baturaden.

“Apabila dari arah atas (awan) sudah terlihat gelap, hendaknya bergegas. Apalagi jikalau air sudah mulai keruh dan serta berbusa, lekas tinggalkan zona telaga, karena di takutkan air bah mengalir deras,“ pesan Muntil, penjaga zona.

Untuk masuk ke sana, turis harus membayar tiket Rp 13.000. sebagai destinasi wisata, sarana zona sudah dilengkapi mulai dari parkiran yang luas, tempat bilas, toilet, hingga mushola.

Source link