Menikmati Indahnya Air Terjun Toroan di Madura

Posted on

Bagi penyuka spot-spot unik namun tak sangat dibanjiri wisatawan, coba jadwalkan untuk datang ke Madura pada rencana petualangan Anda.  

Destinasi di sebelah timur Jawa Timur ini menyuguhkan panorama alam alam yang indah nan eksotis. Satu dari keseluruhan yang mampu dinikmati yakni air terjun Toroan yang terletak di Kabupaten Sampang. 

Air terjun dengan ketinggian 20 meter tersebut memiliki keunikan karena terletak di pesisir Nepa, menghadap pada lautan lepas.

Tumpahan  air terjun langsung menyatu dengan air laut yang berada  di sebuah muara. Ada banyak turunan air di tempat ini. Namun hanya ada satu air terjun yang begitu deras dan besar. 

Dampak relaksasi

Dikelilingi dengan tumbuhan yang rindang serta kesegaran air yang dimilikinya menjadi keunggulan tertentu bagi tempat ini.

Perpaduan antara gemericik air terjun dengan deburan ombak di memberikan dampak relaksasi di tengah atmosfer alam yang masih alamiah.  Aliran air terjun tersebut mengalir dari Sungai Payung yang ada di bagian timur kota Sampang.

Corak kuning  keemasan menjadi karakteristik khas bilik tebing. Diwaktu air pasang, panorama alam air terjun dan laut menyatu indah tanpa dibatasi oleh daratan. Apalagi saat matahari mulai rehat ke peraduannya, wisatawan akan dimanjakan oleh indahnya sunset di antara 2 spot yang berbeda tapi dalam satu panorama alam.

Pada permukaan terdapat batuan karang yang dijadikan tempat berpijak bagi wisatawan untuk menikmati keelokan air terjun secara dekat atau hanya hanya berswa photo.

Berbeda halnya saat air surut. Walau air terjun tetap mengalir, aliran air laut yang surut akan meninggalkan hamparan pasir putih dengan batu karang yang besar dan unik menyelimuti tepian .

Biasanya surutnya air terjun dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menatap air terjun lebih dekat. Namun, wisatawan harus tetap berwaspada , karna air terjun Toroan memiliki kedalaman curah air setinggi kurang lebih 2 meter. 

Untuk menikmati keunikan air terjun Toroan  wisatawan hanya dipakai biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4. Untuk sarana lain, seperti kamar mandi umum, tempat makan atau musholla masih belum mendapatkan kepedulian khusus dari pemerintah setempat.

Air terjun Toroan ialah air terjun paling tinggi di Madura yang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang.

Tempat itu bisa ditempuh dengan kendaraan individu ataupun kendaraan umum. Akses jalan yang dilewati sudah beraspal dengan kondisi yang sedang baik. 

Kalau dari Surabaya, jaraknya 105 kilometer. Turis bisa mengenakan kapal fery di pelabuhan Tanjung perak ataupun melewati jembatan Suramadu. Sehabis menyeberang ke Pulau Madura, ada 2 jalur yang bisa ditempuh yakni melalui Pantura ataupun mengambil jalan memutar melewati tengah kota Sampang.

Sedangkan bagi yang sudah di Pulau Madura, wisatawan bisa langsung mengarah ke Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang. Setibanya di Ketapang wisatawan masih harus berjalan kaki kurang lebih sepanjang 50 meter mengarah letak air terjun dengan jalan yang sedikit curam.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *