Mengenal Lebih Dekat Pantai Timang Gunung Kidul

Posted on

Buat kamu yang menggemari wisata pantai, sesekali berekreasi ke kawasan Timang akan menambah pengalamanmu mengenai wisata . Alasannya, ini memiliki panorama alam yang agak unik dibandingkan pada lazimnya.

Letak ini ada di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Tepatnya di sebelah barat Nglambor, Pantai Jogan dan Pantai Siung, dan sebelah timur dari Seruni, Pok Tunggal dan Ngetun.

Meski tergolong tempat wisata baru di Jogja, Pantai Timang ini namanya melejit dengan cepat via @adityakurniawan
Walau terkategori tempat wisata baru di Jogja, Timang ini namanya melejit dengan kilat via @adityakurniawan

Karakter Timang

ini sudah populer hingga ke mancanegara, dengan kondisi yang terdiri dari zona pasir putih bersih seperti pada lazimnya, dan zona bukit batu yang cukup curam di sebelah barat . Bukit ataupun pulau batu ini sendiri bernama Pulau Panjang, ataupun Pulau Timang.

Dan pulau inilah yang memperkenalkan keunikan pada . Tidak hanya dengan adanya gondola tradisional yang dikelola warga setempat, kondisi pulau yang bermaterial batu karang kokoh itu memperkenalkan kemolekan yang sangat alami, dan kerap menjadi incaran juru foto yang menggemari photo lanskap alam.

Karena ombaknya cukup besar, Pantai Timang ini tak cocok untuk kamu yang suka berenang di laut @dikomerd
Karena ombaknya cukup besar, Timang ini tak cocok untuk kamu yang suka berenang di laut @dikomerd

Tangkapan Laut di Pulau Timang

Oleh penduduk, kereta gantung dimanfaatkan mencari hasil laut. Hasil tangkapan lazimnya berbentuk lobster maupun udang laut ataupun udang karang yang memang banyak di sana.

Ada banyak orang yang penasaran ingin mencoba serunya naik gondola ini @kvntli
Ada seluruh orang yang penasaran pingin berhasil berusaha serunya naik gondola ini @kvntli

Namun, kamu dan para tamu jelasnya bisa memanfaatkan gondola tradisional itu untuk mendatangi Pulau Timang. Jarak antara dan Pulau Timang yang berkisar 100 meter ini boleh anda tempuh, dengan membayar jasa kepada mereka sebesar IDR 150.000.

Kamu berminat mengenakan sarana ini? Maupun sarana yang ada ialah jembatan gantung? Yang jelas, memang dibutuhkan mental yang berani untuk berusaha meluncur di atas deburan ombak laut yang besar.

Timang Sebagai Obyek Wisata Alam

Sebagai tempat wisata alam, ini menyajikan kemolekan alam yang cocok untuk kamu yang berjiwa muda dan berani. Anda dapat menantang adrenalin dengan menaiki kereta gantung atau jembatan gantung yang terletak di sana. Berada di Pulau Panjang dengan jurang yang curam tentu tantangan tertentu juga. Tidak hanya sebab tantangan, tentu kamu juga bisa menjadikan sarana transportasi tadi dan daratan beserta tepian terjal itu untuk mengambil gambar kenang-kenanganmu di ini.

Sedangkan pada sisi yang berpasir putih, di mana kondisi alam sangat nyaman untuk merilekskan tubuh dan angan, anda dapat rehat dan menikmati panorama alam laut lepas sehabis lelah menyelesaikan kegiatan.

Gondola Pantai Timang yang menantang inilah salah satu yang membauat pengunjung penasaran dengan tempat wisata berupa pantai ini @levinaxvr
Gondola Timang yang menantang inilah satu dari semua yang membauat tamu penasaran dengan tempat wisata berbentuk ini @levinaxvr

Tidak perlu takut, karena sebagai letak wisata, ini juga disediakan bermacam sarana yang ada, ialah gazebo, warung makan, mushola, tempat parkir, dan toilet.

Tiket masuk ke letak ini cukup terjangkau, ialah Rp5.000 per orang. Sedangkan biaya sarana lain ialah Kereta Gondola ke Pulau Timang Rp150.000 dan Jembatan Gantung Rp100.000. Cukup cukup, tetapi proporsional dengan jasa operator alat-alat tersebut.

Rute Cara Bertolak Ke Timang

Mendatangi ini boleh anda lakukan mulai dari Wonosari mengarah Baron. Sesampai di pertigaan Jalan. Mulo ambilah arah kiri ke Siung. Jalan lurus, maka nanti akan ada lapangan sepak bola, dan akan ada papan penanda ke Timang. Dari sana jalan yang harus kamu tempuh memang penuh bebatuan.

Selain gondola, penghubung Pantai Timang dengan Pulau Timang adalah jembatan tali ini via @lisa__ang
Tidak hanya gondola, penghubung Timang dengan Pulau Timang ialah jembatan tali ini via @lisa__ang

Tips Wisata Ke Timang

Timang ini ialah satu dari semua pantai populer di Jogja. Karena itu ada baiknya kamu mengenali sebagian kiat wisata ke Timang ini. Siapa tahu akan berkhasiat untuk kegiatan liburanmu kesana.

    • Datanglah berekreasi bersama beberapa orang sahabat. Terlebih untuk mengambil photo disaat berada dalam wahana tradisional itu.
    • Berada di atas pulau terjal yang jarang kamu masuki, waspada selalu dengan tepian yang tidak berpengaman.
    • Sangat dianjurkan untuk mengenakan kendaraan berkondisi prima. Kalau kamu berangkat dengan bis, pada jalan mengarah terdapat ojek pangkalan yang bisa mengantarmu dengan tarif Rp30.000.
    • Isi penuh daya baterai ponsel, kamera dan power bank.
    • Membawa bekal hidangan dan minuman yang cukup.
    • Jangan sampai lupa gunakan sunglass dan tabir surya. Membawa pula payung mengingat cuaca yang tak terprediksi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *