Menelusuri Danau Sentani, Nirwana Dunia Di Tanah Papua

Posted on

Kemampuan wisata di Indonesia memang tiada habisnya. Bila Anda menelusuri dari Sabang sampai Merauke, maka tak terhitung lagi berapa banyak obyek wisata yang sanggup didatangi. Daripada Anda menghabiskan waktu liburan di luar negeri, lebih baik mengeksplor tanah air sendiri bukan?

Cobalah tengok kemampuan wisata spektakuler yang terletak di wilayah timur, eksklusifnya Papua. Sebagian besar para turis pasti tahu Raja Ampat sebagai ikon wisata Papua, tetapi sempatkah terpikirkan untuk mendatangi Danau Sentani?

Danau Sentani
Danau Sentani. Image via: tempatwisataseru.com

Danau Sentani berada tak jauh dari pusat ibukota Provinsi Papua, adalah Jayapura. Danau ini menaruh bermacam pesona mengesankan yang tak akan terlupakan. Bermacam keunikan bentuk alam dan budaya menjadi bukti diri khusus, akibatnya tempat ini wajib dimasukkan dalam himpunan destinasi wisata Anda.

Kepingin berhasil tahu apa saja yang sanggup Anda temui di Danau mengagumkan ini? Mari kita cari tahu bersama-sama.

Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani
Festival Danau Sentani. Image via: kostisolo.co.id

Pertunjukan yang kerapkali menyita kepedulian para pelancong untuk datang ke Danau Sentani yakni adanya sebuah festival. Festival Danau Sentani diselenggarakan setiap bertepatan pada 19 Juni sebagai bentuk pelestarian kebudayaan sekalian memperlihatkan ikatan keharmonisan dan persatuan warga setempat. Papua memang diketahui sebagai wilayah yang cukup selalu terjalin konflik antar suku, akibatnya perdamaian harus diwujudkan melalui festival Danau Sentani ini.

Ada juga peserta yang mengikuti festival terdiri dari seluruh paguyuban yang ada di wilayah Kota ataupun Kabupaten Jayapura. Anda akan memandang pertunjukkan yang memadukan kebudayaan asli Tabi, dimana wilayah tersebut memiliki 16 sub suku dan sumber daya alam terbaik. Sering-kali dalam festival ini akan dijumpai pula penampakan buaya, tetapi tidak selalu ada. Anda bisa menangkap momen ini seandainya beruntung.

Danau sentani
Festival danau sentani. Image via: hipwee.com

Sebaliknya susunan kegiatan festival Danau Sentani akan diawali dengan tarian adat yang dilakukan di atas perahu. Sehabis itu besambung pada tarian perang khas Papua, sesudah itu upacara adat guna menobatkan Ondoafi (pemimpin adat asli Sentani). Lalu yang terakhir yakni menikmati bermacam ragam sajian kuliner khas Papua. Anda akan merasakan euforia kemeriahan festival karena di bulan-bulan tersebut angka pelancong mengalami kenaikan cukup signifikan.

Daya Tarik Yang lain di Danau Sentani

Tidak hanya adanya festival, tentu Danau Sentani memiliki daya pikat dari area yang lain. Apa sajakah itu?

Gugusan 22 Pulau

Gugusan 22 Pulau
Gugusan 22 Pulau. Image via: travellink-indonesia.com

Danau Sentani bertabur 22 pulau besar ataupun kecil. Pulau-pulau ini memiliki keistimewaan sendiri-sendiri dan banyak antara lain yang sudah dibuka menjadi obyek wisata. Tak heran seandainya tempat ini punya banyak pulau, karena luasnya saja mencapai 9.360 hektar.

Satu dari semua pulau yang cukup beken bernama Pulau Asei. Masyarakat setempat meyakini bahwa pulau tersebut ialah bagian tubuh naga. Tidak hanya itu, mereka juga mempercayai kalau mereka yakni generasi dari nenek moyang yang menaiki naga. Tengah yang menjadi karakteristik khas dari Pulau ini yakni kerajinan tangannya berbentuk lukisan kulit kayu.

Ditinggali Oleh Bermacam Berbagai Biota

Ikan Pelangi.
Ikan Pelangi. Biota Endemik Danau Sentani. Image via: mongabay.co.id

Perlu diketahui bahwa Danau Sentani ini mendapatkan pasokan air dari 34 sumber mata air dari sekitar Pegunungan Cycloop. Banyaknya debit air dan luas danau berakibat pada bermacam ragam biota yang menjadi penunggu. Paling tidak, ditemui 15 tipe tanaman air berbentuk wewejan, kayu apu, rumput pita, kangkung air, peperetan, keladi air, jukut, bakoan, rumput ikan, lumut air, enceng gondok, tasbih, teratai, gulma itik, dan ganggang hijau biru.

Tidak hanya tanaman air, danau ini juga ditempati oleh sekitar 30 tipe ikan tawar. Malahan 4 antara lain ialah endemik Danau Sentani. Spesies-spesiesnya yakni hiu gergaji (Pristis microdon), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), ikan pelangi sentani (Chilatherina sentaniensis), dan ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon).

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies. Image via: valenthuba.blogspot.com

Anda pernah menyaksikan serial kanak-kanak Teletubbies bukan? Karakteristik khas dari serial tersebut yakni settingnya yang ada di gundukan-gundukan perbukitan hijau. Tak hanya dalam serial kartun, Anda juga bisa mendapatkan tempat seragam di Indonesia, tepatnya di Danau Sentani. Anda sanggup memandang barisan bukit bergelombang nan hijau di sekitar Danau. Panorama alam mengagumkan ini sangat sayang untuk dilewati.

Makanya, upayalah untuk menikmati keelokan Bukit Teletubbis dari jarak jauh. Terdapat 2 cara yang bisa Anda lakukan. Pertama yakni saat berada di pesawat melewati bukit dari ketinggian. Sebaliknya yang kedua dengan menaiki Tugu MacArthur. Tugu ini lokasinya ada di wilayah Pegunungan Cycloop, tepatnya markas Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora.

  1. Asal Usul Nama Sentani

di sini kami tinggal dengan damai
di sini kami tinggal dengan damai. Image via: beritagar.id

Nama Danau Sentani tidak serta merta diberikan tanpa arti yang mendalam. Nama ini menjadi cerminan dan harapan bagi masyarakat Papua, eksklusifnya warga di sekitar danau. Sebutan Sentani diberikan oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin sekitar tahun 1898. Maksudnya sendiri yakni ‘di sini kami tinggal dengan damai’. Makanya, Danau Sentani diharapkan menjadi tempat yang membawa kedamaian hidup.

Letak Danau Sentani

Bila Anda berada di luar Provinsi Papua dan kepingin berhasil berkunjung ke Danau Sentani, lokasinya berada cocok di bawah lereng Pegunungan Cycloop. Tepatnya membentang dari Kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura. Jaraknya dari pusat kota Jayapura sendiri kurang lebih 50 kilometer. Tetapi dari lapangan terbang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dengan mengenakan kendaraan individu. Untuk para pelancong memang lebih dianjurkan mengenakan kendaraan individu, baik mobil maupun motor. Anda juga bisa menyewa kendaraan tersebut. Perihal tersebut dilakukan dengan tujuan mempermudah petualangan Anda bersama rombongan.

Rute Mengarah Danau Sentani dari Luar Papua

Rute untuk menikmati keelokan Danau Sentani ini bisa dibilang cukup mudah, walau Anda berasal dari luar wilayah Papua. Misalkan petualangan diawali dari Jakarta. Maka Anda harus mencari pesawat dengan jurusan Jayapura. Anda bisa naik Batik Air dengan harga tiket kiranya 2,6 juta untuk kelas ekonomi.

Sehabis sampai Jayapura, sewalah mobil seandainya Anda datang dalam bentuk rombongan. Sesungguhnya wisata rombongan ini lebih fleksibel karena sanggup menekan biaya. Sesudah itu lanjutkan petualangan dari Lapangan terbang mengarah Danau. Anda bisa membuka aplikasi Google Maps buat mendapat arah yang lebih jelas. Alternatif lain bilamana tidak kepingin berhasil menyewa mobil maupun motor yakni dengan mengenakan jasa ojek.

Dance of Spirit
Dance of Spirit. Image via: @lord_of_valor

Sesampainya di letak tujuan, silahkan bertualang setiap danau dengan cara menyewa kapal maupun perahu. Harga yang dibanderol mungkin sekitar 10 ribu – 50 ribu, tergantung kebijakan dari warga yang menyewakannya. Namun jangan sampai Anda tinggalkan peluang ini, kapan lagi bisa bertualang setiap menilik keelokan Danau Sentani. Belum tentu Anda akan mendapatkan peluang kedua di masa yang akan datang.

Jam Operasional Danau Sentani

Bicara kasus jam buka maupun operasional Danau, belum ada peraturan khusus secara resmi. Maksudnya, sampai sekarang Danau Sentani masih dibuka semasih 24 jam. Tentu saja waktunya disesuaikan dengan letak setempat, adalah Waktu Indonesia Timur (WIT). Tetapi bilamana Anda kepingin berhasil menikmati panorama danau dengan perbukitan dan pegunungan hijau sepanjang mata memandang, datanglah pada waktu pagi hingga sore hari. Tidak lupa untuk potret momen-momen khusus Anda dengan latar belakang danau yang menawan.

Gadis Sentani
Perempuan Sentani. Image via: @yulika_anastasia2

Harga Tiket Masuk Danau Sentani

Selanjutnya yakni kasus tiket masuk. Untuk berkunjung ke Danau Sentani, tarif yang harus Anda keluarkan cukup murah, adalah sekitar 10 ribu rupiah saja. Meski itu di hari kerja (Senin-Jum’at) ataupun weekend maupun hari-hari libur yang lain. Tarif ini masih sangat terjangkau bilamana dibanding dengan rata-rata harga kebutuhan yang tersebar di Papua.

Macam apa? Semakin penasaran dengan penampakan Danau Sentani secara nyata? Mari selekasnya rencanakan liburan panjang Anda dengan berkunjung ke sini. Tak melulu harus ke Raja Ampat kalau ada obyek wisata yang lebih dekat sekalian mempesona di ibukota Papua,  Jayapura.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *