Lombok Terpilih Sebagai Wisata Halal Terbaik di Indonesia

Posted on

Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali terpilih sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik di Indonesia mengungguli 10 destinasi lain di Tanah Air.

Muslim Travel Index (IMTI) 2019 mengatakan, 10 destinasi wisata halal unggulan Indonesia (Lombok, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur (Malang) dan sekitarnya.

Selagi Sulawesi Selatan dan sekitarnya punya nilai rata-rata sebesar 55, paling tinggi skor 70 dicapai destinasi Lombok. Sebaliknya skor terendah 33 diperoleh destinasi Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya).

“Hasil IMTI 2019 menunjukkan terbentuknya kenaikan skor di 10 destinasi wisata unggulan Indonesia,” kata Fazal Bahardeen CEO CrescentRating dan HalalTrip dalam penjelasan resmi yang diterima MoneySmart. 

Selagi itu pada IMTI 2018, 10 destinasi unggulan mencatatkan skor paling tinggi 58 yang diperoleh Lombok dan terendah destinasi Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya) sebesar 30.

Fazal juga menjelaskan, IMTI 2019 mengacu pada standar Global Muslim Travel Index (GMTI) yang mengadopsi 4 kriteria meliputi; Access, Communication, Environment, dan Services (ACES).

“Masing-masing kriteria terdiri dari 3 komponen. Untuk Access terdiri atas visa requirements, air connectivity, transport infrastructure. Communication sendiri mencakup outreach, ease of communication, dan digital presence. Sesudah itu Environment meliputi safety and culture, visitor arrivals, dan enabling climate. Sebaliknya komponen Services terdiri dari core needs (halal food and prayers); core services (hotels, airports), dan unique experiences,” katanya.

Ni Wayan Giri Adnyani selaku Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar mengatakan, Indonesia sebagai pemain global halal tourism harus memakai standar global wisata halal mengacu pada GMTI.

“Menteri Pariwisata menargetkan, Indonesia tahun ini menjadi ranking 1 sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia model GMTI,” kata ia.

Ia meninggikan, untuk kunjungan pelancong mancanegara (wisman) halal tourism tahun ini ditargetkan mencapai 5 juta wisman maupun 25 persen dari sasaran 20 juta wisman.

Sebab Lombok layak jadi Destinasi Wisata Halal

Pantai Kuta di Lombok
Kuta di Lombok (Shutterstock).

Mendengar Lombok, selintas yang berada di benakmu pasti kemolekan bawah laut Gili Trawangan. Namun bukan cuma memiliki wisata yang mempesona saja, Lombok layak dijadikan destinasi halal karena memang sudah sebanding sama standar Muslim.

Apa saja sih sebab yang menekan Lombok layak menemukan predikat sebagai objek wisata halal terbaik di Indonesia? Dari bermacam sumber ini ia ulasannya.

1. Diketahui sebagai kota 1000 Masjid

Buat kamu yang Muslim, gak usah khawatir kesulitan mencari rumah ibadah di Lombok. Dijuluki sebagai kota dengan 1000 Masjid membuat kamu mudah melangsungkan kewajiban biasa beribadah. Malahan lokasinya pula menyeluruh dan tersebar di seluruh wilayah. Hanya berjarak 2 kilometer, kamu sudah bisa mendeteksi Masjid di Lombok. Jadi, tidak hanya bertamasya, kewajiban beribadah pula dipastikan gak bakal kelewat satu waktu pula.

2. Masakan halal

Kalau sudah menemukan julukan kota 1000 Masjid, masakan yang disediakan juga pasti halal. Kamu gak perlu khawatir karena di sini telah banyak restoran halal tersebar di seluruh penjuru.

Salah satunya ialah Ayam Taliwang. Perlu kamu ketahui pula bahwa kuliner di Lombok juga dibanderol harga terjangkau lho. Sekali makan, hanya Rp 15 ribu sudah bikin kamu kenyang.

3. Timbul hotel syariah

Lombok tidak main-main dalam mempraktikkan standar halal untuk pariwisatanya. Ini teruji dengan banyaknya hotel-hotel berlabel syariah yang sudah dipastikan oleh lembaga halal Indonesia.

Di Mataram sendiri spesialnya, telah banyak hotel berkonsepkan tersebut. Hotel ini menawarkan atmosfer kondusif seperti pelayanan masakan bersertifikat halal. Juga di bagian toilet disediakan kran untuk wudhu. Dan di masing-masing kamar tersuguh perlengkapan sholat serta Alquran.

4. Mulai membuat peraturan syariah

Bukan cuma hotel saja berkonsep syariah, malahan objek wisata pantainya juga tengah disiapkan demikian. Pemda NTB sedang merancang karena itu. Mekanismenya di syariah ini pelancong pria dan wanita akan dipisah.

5. Masyarakat yang agamis

Bukan karena mengarah destinasi wisata halal, tapi kultur masyarakat di Lombok memang agamis. Hal itu disebabkan banyaknya umat Muslim di sana. Sebagian besar penduduk pulau Lombok paling utama suku Sasak menganut agama Islam. Agama kedua terbesar yang dianut di pulau ini ialah agama Hindu, yang dipeluk oleh para penduduk generasi Bali yang berjumlah sekitar 15 persen dari seluruh populasi di sana.

Gimana nih guys, udah paham belum kenapa Lombok layak mendapatkan predikat destinasi wisata halal terbaik di Indonesia. Kalau belum pernah pelesiran kesana, gak ada salahnya Lombok dijadikan catatan travelingmu pada waktu liburan mendatang. Penerbangan ke sana juga sudah cukup banyak dan setiap hari kok. Jadi tunggu apa lagi. Selamat liburan!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *