Langkah-langkah Penting untuk Minimalisir Limbah saat Perjalanan

Posted on

Sempatkah Anda mendengar mengenai style hidup zero waste? Style hidup yang paling terkenal di abad 21 ini mengajak masyarakat kurangi mengkonsumsi, meminimalisir limbah, dan mengoptimalkan daur ulang.

Namun saat Anda sedang mengaplikasikan ekspedisi, mungkinkah style hidup ini mampu seluruhnya diterapkan? Misalkan Anda sungguh-sungguh tak membuang ataupun menggunaan banyak barang yang berpotensi menciptakan sampah, toh kendaraan yang Anda tumpangi pula akan menciptakan jejak karbon yang juga masuk dalam golongan limbah.

Terkait karena itu Anita Vandyke, seorang ahli dalam gerakan tanpa limbah Australia dan penulis buku bertajuk A Zero Waste Life in Thirty Days mencurahkan kalimat yang sangat menginspirasi.

Ia menyebut, “Ekspedisi tanpa sampah yaitu semua tentang usaha, bukan kesempurnaan.” Kalimat ini seakan mengajak kita berfikir optimis bahwa ekspedisi dengan meminimalisir limbah sangat mungkin dilakukan. Berikut langkah-langkahnya.

Ilustrasi. Ilustrasi.

Diawali dari perencanaan ekspedisi

Vandyke mengatakan, mendatangi daerah-daerah yang punya komitmen dan ketentuan mengenai pengurangan limbah akan sungguh menunjang Anda terus-menerus kurangi limbah ekspedisi.

Beberapa negeri dari Delhi hingga San Francisco semisal, saat ini telah melarang pemanfaatan kantong plastik. Selang Uni Eropa memutuskan untuk menghapus plastik sekali gunakan pada tahun 2021.

Pemlilihan tujuan yang pas ini juga harus diimbangi dengan pengaturan seluruh hal mengenai akomodasi Anda sepanjang berada di tempat tersebut.

“Pilihan katering mandiri sangat sempurna, karena itu berarti Anda mampu berbelanja di pasar dan memasak hidangan Anda sendiri, menyingkirkan sampah yang bisa dibawa berbalik dan restoran,” tutur Vandyke.

Tak hanya tujuan melancong, Vandyke meninggikan, pilihan maskapai penerbangan Anda juga mampu mempengaruhi perlakuan Anda terhadap limbah.

“Walaupun limbah maskapai masih ialah perkara besar, banyak maskapai telah mengambil langkah untuk kurangi volume yang masuk ke tempat pembuangan akhir,” kata Vandyke.

Ada juga penerbangan leluasa plastik sekali gunakan pertama di dunia yang dioperasikan oleh maskapai Portugal Hi Fly dilakukan pada bulan Desember 2018. Setelah itu pada bulan Februari 2019 Qantas juga berkomitmen untuk memindahkan 100 juta barang plastik sekali gunakan pada penerbangan pada tahun 2020.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *