Indonesia Tempati Urutan Pertama Wisata Halal Dunia

Posted on

Pariwisata Indonesia di mata dunia kembali mendapatkan pengakuan. Kali ini, Indonesia ditempatkan di urutan pertama dalam wisata halal dunia type MasterCard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019.

Dalam laporan terkini MasterCard-CrescentRating GMTI, yang dipaparkan di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Selasa (9/4) kemarin, Indonesia berbagi tempat bersama Malaysia di posisi paling atas GMTI 2019.

Indonesia dan Malaysia mengungguli Turki yang menempati urutan ketiga, disusul Arab Saudi di peringkat 4 dan Uni Emirat Arab memenuhi catatan 5 besar.

Penilaian GMTI didasarkan pada 4 pertimbangan strategis, yakni aksesibilitas, komunikasi, pengendalian aspek lingkungan dan layanan yang diberikan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku bersyukur dengan ditempatkannya Indonesia dalam peringkat pertama wisata halal dunia GMTI. Menurutnya, status terbaik dunia sangat penting karena menjadi representasi mutu wisata halal dan bermacam usaha perbaikan yang dilakukan pemerintah sepanjang ini.

“Hasil ini juga menjadi bukti solidnya stakeholder pariwisata di Indonesia,” tambah Arief Yahya.

Perbaikan di area aksesibilitas, mulai dari lapangan terbang, pelabuhan, jalan hingga rel kereta api, menurut Arief Yahya, sebagai satu dari semua cara yang ditempuh pemerintah Indonesia. Tak cuma itu, pengembangan area komunikasi, mulai dari pengembangan Muslim Visitor Guide hingga Digital Marketing juga terus dilakukan. Sarana pendukung wisata halal, mulai dari tersebarnya tempat ibadah hingga sertifikasi restoran halal juga dinilai membantu Indonesia agar dapat menempati urutan pertama ini.

“Dengan upaya yang terus dilakukan, kami percaya tahun depan posisi GMTI Indonesia akan berada di atas Malaysia. Indonesia akan berstatus peringkat satu secara penuh,” percaya Arief Yahya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *