Indahnya Alam di Bukit Cendana Jogja

Posted on

Tak cuma beken dengan wisata sejarah dan keraton, Yogyakarta juga beken dengan wisata alam yang dapat kalian jumpai di banyak posisi. Tak cuma di Kabupaten Bantul, di Kabupaten Kulon Progo juga terdapat destinasi wisata alam yang indah, yang akan memuaskan mata dan menerangkan angan sesudah penat dengan aktifitas tiap hari. Umpamanya Bukit Cendana Jogja yang menyegarkan mata.

Ya! Bukit Cendana, sebanding sama namanya, kamu akan menciptakan hamparan tumbuhan Cendana di kawasan wisata ini. Namun bukan cuma hijaunya pepohonan yang bakalan menjadi panorama alam menarik. Dari bukit ini kamu juga bisa melihat panorama alam Waduk Sermo dari Gardu Pandang yang berada di posisi bukit ini. Hamparan pepohonan dan waduk yang mengalir adalah perpaduan yang harmonis.

Bukit Cendana Jogjakarta via @ariesieass
Bukit Cendana Jogjakarta via @ariesieass

Tak cuma pemandangannya yang menenangkan, udara di bukit ini merasa sejuk. Kalian boleh menikmati atmosfer dan difoto dengan latar belakang yang keren, ataupun mengambil gambar lanskap yang instagrammable. Malahan, anda dapat juga hunting sunset maupun sunrise di bukit ini. Namun untuk sampai ke puncaknya, kamu perlu menerapkan tracking sekitar 5 menit dari tempat parkir, dan itu sedikit meletihkan.

Apalagi buat kamu yang kurang biasa olahraga. Tetapi itu tentu bukan apa-apa, karena sesudah sampai di tujuan kelelahanmu akan selekasnya terbayar dengan panorama alam yang mengagumkan. Kawasan wisata ini dibesarkan secara swadaya oleh masyarakat sekitar Dusun Tegiri 2 sejak setahun lalu, yakni Januari 2017. Maka yang juga perlu kamu perhatikan sepanjang berekreasi ialah untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Harga Tiket Masuk dan Sarana Bukit Cendana Jogja

Untuk masuk ke posisi wisata Bukit Cendana Jogja ini, hingga kini belum ditetapkan tarif tiket oleh pihak pengelola kawasan wisata. Jadi kamu hanya akan dimohon membayar seikhlasnya, tak cuma biaya parkir kendaraan yakni IDR 2.000 untuk motor, dan IDR 5.000 untuk mobil. Biaya masuk seikhlasnya tadi akan dimanfaatkan untuk pengembangan kawasan wisata ini.

Sampai sepanjang ini, penyediaan sarana dalam kawasan wisata sudah bagus. Tak cuma Gardu Pandang dan zona parkir, tempat wisata ini sudah cukup nyaman dengan tersedianya toilet, gazebo, spot difoto, dan yang tak kalah penting adanya warung makan. Spot gambar yang cukup diminati oleh hadirin ialah ayunan gantung, ataupun Ayunan Tarzan.

Salah satu atraksi yang bisa dicoba di Bukit Cendana Jogja via @gtt.travelguide
Satu dari keseluruhan atraksi yang bisa dicoba di Bukit Cendana Jogja via @gtt.travelguide

Rencananya, tak cuma menetapkan tarif tiket masuk, pihak pengelola juga akan mengadakan penginapan. Dengan demikian, para hadirin bisa merasakan pengalaman menginap di lingkungan yang sangat alami. Kamupun nantinya bisa melihat sunrise sembari olahraga, ataupun mengabadikan momen mengagumkan itu dengan kamera.

Rute Cara Mengarah Kawasan Bukit Cendana

Jadi, kamu berminat liburan ke posisi Waduk Sermo sekalian berkunjung ke Bukit Cendana Jogja? Petualangan dari Kota Jogja dapat kalian tempuh melalui Jalan. Pengasih-Sentolo mengarah ke Kulon Progo. Sesudah itu, ikuti Jalan. Sermo Kokap, mengarah Girimulyo. Ikuti penanda arah mengarah kawasan Bukit Cendana. Apabila bingun, anda dapat memakai peta posisi Bukit Cendana di Google Maps disini.

Kamu gak ingin berpose seperti ini di Bukit Cendana nanti via @hamida_ayu_p
Kamu gak pingin berhasil berlagak seperti ini di Bukit Cendana nanti via @hamida_ayu_p

Sepanjang petualangan di Kulon Progo, kamu akan melihat panorama alam bukit dan sawah, dengan jalur yang sudah dapat kalian lalui baik dengan motor ataupun mobil. Kamu hanya perlu membenarkan kondisimu kendaraanmu cukup prima, karena petualangan yang kamu tempuh cukup berliku dan terdapat beberapa tanjakan.

Tips Wisata Ke Bukit Cendana Jogja

Bukit Cendana Jogja bisa dikunjungi kapan saja, asalkan cuaca sedang cerah dan bersahabat via @bojjezt_23
Bukit Cendana Jogja bisa didatangi kapan saja, asalkan cuaca sedang terang dan bersahabat via @bojjezt_23

Agar liburan kamu ke Bukit Cendana Jogja mengasyikkan dan tanpa halangan, hendaknya kalian menbaca sebagian kiat penting sebagai berikut:

  • Buat kamu yang pingin berhasil menikmati atmosfer indah perbukitan dengan Waduk Sermo yang indah, yakinkan kalian datang dengan kendaraan yang prima.
  • Persiapkan juga dirimu, mulai dari kesehatan karena kamu akan menempuh petualangan dengan kaki yang cukup membutuhkan tenaga. Terlebih sesudah kamu mengendarai motor ataupun mobil. Bawalah perbekalan santapan dan minuman yang cukup, dan duit tunai sesuai kebutuhan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan solnya tidak licin.
  • Sebagai bekal fotografi, janganlah lupa membawa piranti berbentuk kamera ataupun gadget yang cukup mencukupi. Hasil gambar yang bagus, tak cuma menjadi kenang-kenangan pengalamanmu berekreasi alam, jelasnya jadi modal untuk menambah koleksi gambarmu di media sosial.
  • Jangan ragu bertanya pada penduduk asal jikalau dalam petualangan kamu merasa ragu. Interaksi dengan orang sebanyak-banyaknya ialah satu di antara faedah dari petualangan.

Ya, gimana? Sudah kepengen berekreasi ke Bukit Cendana Jogja belum kalian? Siapa tahu sesudah baca ini bakalan ajak temen, keluarga ataupun orang tersayang untuk berkunjung ke Bukit Cendana Jogja! Ayo!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *