Gumuk Pasir Parangkusumo Gurun Sahara Yogyakarta

Posted on

Gumuk Pasir Parangkusumo, tempat wisata di Yogyakarta yang mirip Gurun Sahara! Yak benar, mungkin kalian tidak akan percaya, tapi keberadaan tempat wisata cukup mengejutkan sebagian besar traveler. Memang, kondisi Gumuk Pasir Parangkusumo ini cukup mirip dengan Gurun Sahara yang lokasinya di Afrika Utara.

Konon disebutkan gundukan pasir seperti ini hanya ada 2 di dunia. Salah satunya ada di Meksiko, dan yang paling dekat dan mudah dijangkau yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di Yogyakarta ini. Untuk yang belum tahu, posisi cocok keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo ini yaitu berada di antara Pantai Parangtritis dan Depok.

Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta
Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Keberadaan gurun pasir mini di Yogyakarta ini bahwasanya ini tidak lepas karena keberadaan Gunung Merapi, Gunung Merbabu yang berada di bagian Utara Yogyakarta. Tak cuma itu eksistensi Kali Opak, Kali Progo dan Parangtritis juga ikut menyumbang terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk pasir ini memang karya seni yang dibuat secara alami oleh alam. Kalian pasti terkesima, kala pertama kali merambah kawasan gumuk pasir di dekat Parangtritis ini. Kalian akan memandang lautan pasir luas dengan hiasan berbentuk gundukan-gundukan pasir alami dengan bermacam bentuk dan dimensi.

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki gundukan pasir dengan ketinggian berbeda - beda.
Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki gundukan pasir dengan ketinggian berbeda – beda.

Seakan tempat ini yaitu tumpukan pasir yang terencana dibentuk oleh alam, untuk dimanfaatkan oleh manusia. Wujudnya sendiri bermacam rupa, tergantung kodisi alam yang membentuknya. Memang modifikasi bentuk gumuk pasir itu dipengaruhi oleh penghalang material pembuat gumuk pasir yang berbentuk vegetasi, kecepatan angin, juga arah angin.

Disebutkan kalau Gundukan pasir yang terkumpul disini yaitu ialah material yang berasal dari abu vulkanik Gunung Merapi. Aneh kan? Tapi yang jelas material vulkanik dari gunung yang tampak di utara yogyakarta tadi terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai yang lain hingga akhirnya sampai ke Parangtritis.

Banyak warga lokal mulai dari anak kecil hingga dewasa yang bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta ini.
Banyak warga lokal mulai dari anak kecil hingga berumur yang bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta ini.

Material vulkanik tersebut terbawa hingga lautan, dan terombang-ambing oleh ombak laut selatan yang ganas tanpa arah. Sesudah itu, lama-lama namun pasti material tadi lenyap, menjadi lebih tipis dan berbeda menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi . Yang berlangsung sesudah itu, debu tadi diterbangkan oleh angin.

Proses tadi berlangsung secara lama-lama dan nonstop dan membentuk Gumuk Pasir Parangkusumo. Iya, proses alamiah tadi yaitu kreasi alam yang berbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang Parangtritis hingga Depok. Sesudah bertahun – tahun, Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut akhirnya semakin melebar meninggi karena tiupan angin sepanjang tahun.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini benar - benar mirip dengan Gurun Sahara.
Gumuk Pasir Parangkusumo ini benar – benar mirip dengan Gurun Sahara.

Untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut fenomena unik ini, kalian bisa main juga ke ke Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis yang lokasinya tidak jauh dari sana. Di tempat ini kalian bisa memohon untuk dijabarkan lebih lanjut tentang fenomena gumuk pasir ini. Karena itu, tak cuma destinasi yang bisa memacu adrenalin dengan Sandboardingnya, Gumuk Pasir Parangkusumo ini sebenaranya juga ialah tempat yang mengasyikkan untuk Eduwisata di Yogyakarta.

Namun, akhir-akhir ini, tempat wisata di selatan Yogyakarta ini kian ngehits sebagai tempat bermain Sandboarding. Iya, Gumuk Pasir Parangkusumo ini bisa dijadikan wisata yang menantang dan seru untuk kalian yang kepingin berhasil merasakan bermain ski diatas pasir. Maupun lebih kerennya sih cukup diketahui dengan nama Sandboarding saja. Kalian bisa berusaha bermain Sandboarding di atas gundukan pasir yang tingginya beberapa meter!

Pasir halus seperti ini yang membentuk Gumuk Pasir Parangkusumo.
Pasir halus seperti ini yang membentuk Gumuk Pasir Parangkusumo.

Perlu diingat, pada siang hari hawa di Gumuk Pasir Parangkusumo ini akan sangat panas, jadi waktu paling baik untuk bermain sandboarding di gumuk pasir yang berada di selatan Yogyakarta ini yaitu sore hari, sampai matahari akan terbenam. Harga sewa papan Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo yaitu berkisar IDR 150.000 untuk satu papan sandboarding, dan bisa dipakai untuk sepuasnya hingga kecapekan.

Posisi Gumuk Pasir Parangkusumo

Percaya atau enggak, Gumuk Pasir Yogyakarta ini terletak tepat di tepi jalan raya menuju Pantai Parangtritis.
Percaya maupun enggak, Gumuk Pasir Yogyakarta ini terletak cocok di tepi jalan raya mengarah Parangtritis.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada tidak jauh dai muara Sungai Opak dan Parangtritis. Tepatnya, berada diantara Parangtritis dan Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Peta Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo di Google Maps)

Cara Mengarah Gumuk Pasir Parangkusumo

Kalau kalian sudah pro dalam bermain Sanboarding, bisa coba meluncur dari gundukan pasir setinggi ini.
Kalau kalian sudah pro dalam bermain Sanboarding, bisa coba meluncur dari gundukan pasir setinggi ini.

Langkah yang amat gampang yaitu memulai ekspedisi dari kota Yogyakarta. Cari saja arah ke selatan, lewat jalan Parangtritis. Memang posisi Gumuk Pasir Parangkusumo searah dengan jalan mengarah Parang Tritis. Kalau sudah berada di Jalan Parangtritis, untuk mengarah ke Gumuk Pasir Parangkusumo tinggal lurus saja hingga kalian menciptakan Parangtritis. Bayar tiket masuk kawasan wisata Parangtritis sebesar IDR 3000 per orang. Dan teruskan ekspedisi karena Gumuk Pasir Parangkusumo berada tidak jauh dari loket tadi dan berada cocok di pinggir jalan raya.

Saksikan Video Sanboarding Di Gumuk Pasir Parangkusumo Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *