Daftar Wisata Halal Indonesia Selain Lombok

Posted on

Wisata halal di Indonesia bukanlah hal baru. Sebagai negeri dengan kebanyakan penduduk beragama Muslim, bukan hal tidak gampang untuk mewujudkannya. Lombok beberapa kali sudah mendapatkan predikat sebagai destinasi tujuan wisata halal terbaik internasional.

Baru-baru ini, konsep wisata halal kembali merebak. Diawali dari ide calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno untuk menjadikan Bali sebagai wisata halal.

Ide tersebut mendapatkan beberapa penolakan. Alasannya, Bali ialah wisata berbasis budaya. Tidak hanya garis yang indah, Bali sebagai pulau paling eksotis di Indonesia memiliki budaya Hindu yang kental, dan menjadi daya tarik sepanjang ini.

Suatu wilayah untuk menjadi destinasi halal harus penuhi beberapa aspek. Salah satunya, mudah melangsungkan ibadah. Tidak hanya Lombok, Indonesia tahun ini tengah meningkatkan 10 wilayah yang lain untuk menjadi destinasi halal. Wilayah mana saja?

1. Aceh

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Pariwisata wilayah yang memiliki sebutan Serambi Mekkah ini akan terus ditingkatkan pemerintah.

Sebagai wilayah khusus yang mengaplikasikan syariat Islam, mengadakan destinasi wisata yang ramah terhadap muslim bukanlah hal yang tidak gampang. Di seluruh penjuru Aceh sudah tersaji tempat beribadah masjid, dan masakan halal.

Spot-spot wisata menarik juga bisa dinikmati dengan sangat ramah. Untuk wisata religi, kalian boleh mendatangi Masjid Baiturrahman.

Masjid yang dibentuk Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini memiliki arsitektur yang indah. Kurang sah kerasanya kalau ke Aceh namun tidak beribadah di masjid satu ini.

Wisata alamnya juga menaruh banyak kemolekan, sebut saja Pulau Weh. Pulau paling ujung Indonesia ini memiliki yang bersih, air yang jernih, dan jelasnya biota laut yang indah. Kerap dijadikan sebagai spot andalan untuk snorkeling ataupun diving.

2. Riau

Siak (Traverse.id)
Siak (Traverse.id)

Jika anda mendengar kata Riau, mungkin yang terlintas di pertama di angan merupakan soal kebakaran hutan.

Riau memang terkemuka langganan dan rawan kebakaran hutan. Namun, soal pariwisatanya mereka juga gak kalah dari wilayah yang lain.

Sebagai sebuah provinsi, Riau ialah satu di antara pusat persebaran budaya Melayu dan Islam di Sumatera. Karena itu, pariwisata halal bukanlah hal asing lagi.

Istana Siak salah satunya, istana megah dan besar yang menjadi tempat tinggal Kesultanan Siak Sri Indrapura.

Kamu di sini bisa berofoto-foto sembari menikmati lingkungan istana. Bentuk istananya pula sangat unik, arsitekturnya mengadaptasi gabungan budaya Arab, Melayu, dan Eropa.

Ada juga wisata alam yang sangat terkemuka, ialah Halaman Nasional Tesso Nilo. Halaman dengan hutan tropis seluas lebih dari 38 ribu hektar ini menjadi habitat hewan-hewan liar, salah satunya gajah.

Kalian bisa menciptakan beberapa mamalia, primata, hingga reptil hidup leluasa di sini. Namun, beberapa tahun baru-baru ini habitat mereka terancam oleh perusahaan-perusahaan sawit yang telah membuka lahan secara ilegal.

3. DKI Jakarta

DKI Jakarta
DKI Jakarta

Wisata di Bunda Kota Jakarta ini seakan gak ada habis-habisnya, mulai dari wisata budaya, alam, hingga modern seluruhnya ada. Kira-kira seluruhnya mengadakan kemudahan untuk beribadah dan kuliner halal bagi warga muslim.

Spot yang bisa didatangi di antara lain ada Kota Tua, sebuah permukiman yang terdiri dari bangunan-bangunan tua sisa pemerintahan Hindia Belanda saat masa penjajahan dahulu.

Ada juga wisata religi Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Jakarta ini juga menarik untuk ditelusuri. Tidak hanya muslim saja, adakala wisatawan mancanegara juga penasaran untuk melihat-lihat tempat ibadah dengan arsitektur bergaya Eropa itu.

Nanti akan ada pemandu yang akan mengajak kamu keliling dan menceritakan tentang sejarah pembangunan masjid yang dibentuk sejak masa Presiden Soekarno ini.

Sedangkan wisata alamnya, kalian boleh mendatangi pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Rata-rata dan air laut di sana bersih, jadi cocok untuk snorkeling dan diving.

4. Yogyakarta

Yogyakarta (visitjogja.com)
Yogyakarta (visitjogja.com)

Dalam aspek wisata budaya, Yogyakarta juga gak kalah dari Bali. Di Jogja, kalian bisa menikmati beragam budaya khas dan jelasnya keramahan warganya. Untuk meningkatkan wisata halal juga bukan hal tidak gampang bagi Jogja.

Dari segi masakan, Kota Pelajar ini sudah menyajikan beragam masakan khas yang jelasnya dibuat dari bahan-bahan halal bagi muslim, seperti gudeg, bakpia, dan jajajanan pasar yang lain.

Wisata religi juga bisa mendatangi ke Kampung Kauman. Di sana ialah kawasan saksi mata sejarah berkembangnya Islam di Jogja. Sejak dulu kampung ini di isi oleh santri-santri yang menimba ilmu di pondok pesantren.

Gak cuma itu saja, di sini juga bisa dijumpai masjid tua, ialah Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini begitu mempunyai sejarah karena pembangunannya diprakarsai oleh Sri Sultan Hamgengkubuwono I pada tahun 1773.

5. Jawa Barat

Bandung (lokawisatabandung.com)
Bandung (lokawisatabandung.com)

Dikabarkan dari halaman resmi web Pemprov Jawa Barat, sejak tahun 2016, Jawa Barat telah mendeklarasikan diri sebagai Provinsi Halal di Indonesia.

Teruji, dengan bahu-membahu bersama MUI untuk menghasilkan standar dan sertifikasi halal untuk kuliner dan pusat-pusat intermezo.

Di beberapa kota, seperti Bandung, kebanyakan hotal sudah mengaplikasikan standar halalnya. Kamar hanya dipakai untuk pendamping suami istri sah, setelah itu tempat spa terpisah, dan menjajakan minuman non-alkohol.

Tidak hanya itu, Bandung juga memiliki pariwisata religi yang menarik untuk didatangi seperti Masjid Raya Bandung. Bandung juga tengah mempersiapkan Masjid terapung Gedebage yang memilki arsitektur nan indah.

Seperti itu 5 destinasi wisata halal di Indonesia. Sesungguhnya, masih banyak lagi potensi-potensi wisata wilayah yang lain yang bisa ditingkatkan menjadi wisata ramah muslim.

Semoga saja, upaya pemerintah meningkatkan daerah-daerah ini bisa menyalip Malaysia sebagai negeri peringkat pertama di dunia dalam hal wisata ramah muslim.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *