Cicipi Gurihnya Lemang Kantong Semar Khas Kerinci

Posted on

Tak cuma dodol kentang yang beken, Kerinci masih punya hidangan khas lain, yaitu Lemang Kantong Semar. Sajian itu pada dasarnya ialah masakan beras ketan, santan, dan garam.

Dalam bahasa lokal disebut kancung beruk lemang. Pada proses pembuatan, olahan pokoknya dibungkus dengan tanaman kantong semar. Nanti, disajikan bersama gulai. Biasanya, hidangan tersebut hanya disajikan pada momen istimewa seperti kenduri adat.

Kantong Semar berbentuk termos ataupun Nephents ampularia ialah yaitu satu dari keseluruhan flora yang mudah dijumpai di Halaman Nasional Kerinci Seblat.

Batangnya berupa cokelat dan bisa berkembang sepanjang 15 meter. Daunnya hijau dengan kantong berupa hijau ataupun merah. Kantong inilah yang dipakai untuk menjebak mangsa berbentuk serangga dan hewan kecil.

Uniknya, tanaman pemakan hewan dan serangga begitu yang dijadikan pembungkus satu dari keseluruhan panganan gurih khas di Kerinci itu

Suguhan untuk Kenduri Adat

Biasanya, lemang kantong semar dimakan sebagai pengganti nasi dan disajikan bersama gulai. Akan tapi ada juga yang menyajikannya dengan kuah kacang. Bagi penggemar kerasa manis, lemang juga bisa dinikmati dengan kuah srikaya. 

Namun, sajian lemang tak setiap hari sanggup ditemui. Karna, lemang kantong semar hanya dimasak dan dimakan di hari-hari khusus saja, contohnya pada kegiatan Kenduri Adat Sko yang berlangsung pada bulan Agustus ataupun September. 

Untuk membuat lemang kantong semar, yang harus dilakukan ialah memetik tanaman kantong semar dan mencucinya hingga bersih.

Batangnya tidak boleh dihilangkan agar kantong semar tidak bocor dan bisa menampung isian, beras ketan yang dicampur air santan kelapa beserta garam. Kantong semar yang telah berisi beras ketan disusun ke dalam panci dan dikukus hingga matang. Lemang kantong semar sehabis matang bisa langsung dimakan hangat-hangat. 

Sebagai info, kuliner tersebut sudah terpilih sebagai hidangan tradisional terpopuler dalam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia II 2017. Semoga dengan predikat tersebut, pemerintah dan warga Kerinci bisa terus melestarikan panganan tersebut hingga ke generasi-generasi yang akan datang.

Baca informasi yang ada mengenai Jambi berikut:

Masjid Seribu Tiang di Jambi

Mendaki Bukit Tapan, Surga Flora-Fauna Unik di Jambi

Berwisata dari Atas Jembatan Pedestrian Kota Jambi

Indonesia maish punya banyak destinasi menarik lain yang sayang untuk dilewatkan. Cari informasinya dalam Pesona Indonesia.

 

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *