Air Terjun Talang Kemulun, Surga tersembunyi di Kerinci

Posted on

Kabupaten Kerinci yang tampak di wilayah Jambi diketahui dengan wisata gunungnya, merupakan Gunung Kerinci.

Namun, mengerti kah Anda, tidak hanya itu Kabupaten Kerinci juga punya destinasi wisata tersembunyi yang tak kalah pesonanya, merupakan Air Terjun Talang Kemulun.

Neskipun telah lama ditemui, ialah pada 1995, Air Terjun Talang Kemulun tetap terurus alami. Destinasi ini malahan disebut-sebut sebagai surge tersebunyi di wilayah Jambi.

Terletak di Desa Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Air terjun Talang Kemulun masuk dalam kawasan hutan Halaman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang tersembunyi di balik hutan. Perihal tersebut lah yang membuat atmosfer di sekitar air terjun ini masih tampak alami.

Tak jauh dari pusat kota

Asumsi surga tersembunyi sesungguhnya mengejutkan. Karna, letak Air Terjun Kemulun pada dasarnya tak jauh dari pusat kota. Radiusnya hanya berbeda beberapa kilometer saja.

Maklum, kepopulerannya tak bisa menyaingi wisata alam yang lain di Kerinci. Sementara itu, kemolekan destinasi Air terjun Kemulun bisa dibilang tak kalah menarik.

Air Terjun Talang Kemulun punya sekitar 12 tingkatan tangga-tangga yang menjulang mahal. Sudah begitu, pengunjung akan mendapatkan sensasi yang berbeda pada tiap tingkatan.

Dinformasikan dari pesona travel, wisatawan bisa mendeteksi banyak kategori berbagai batu, tercantum batu akik, pada tiap undakannya.

Keindahan alam Air Terjun Talang Kemulun, Kerinci, Jambi.https://pesona.travel Kemolekan alam Air Terjun Talang Kemulun, Kerinci, Jambi.

Tak cuma itu, air yang mengalir pada destinasi tersebut jernih, dingin, dan menyejukkan.

Panorama alam yang tak kalah indah bisa dinikmati sejak pengunjung berada di tingkatan paling bawah. Atmosfernya pula membuat siapa saja yang dating akan merasa nyaman.

Suara riuh dari derasnya air terjun yang melewati bebatuan bertingkat, serta hawa dingin seakan membawakan wisatawan pada ketenangan khas desa. Belum lagi latar panorama hijau di sekitar air terjun, membuat pengunjung betah berlama-lama saat berada di sana.

Tak tidak mudah mendatangi destinais itu. Pengunjung hanya perlu menempuh petualangan sekitar 15 menit memanfaatkan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dari Kota Sungaipenuh sampai ke ujung desa.

Selanjutnya, petualangan dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang satu jam dari Desa Kemulun dengan melewati perkebunan kopi, sayur, kulit manis, kebun karet, dan kawasan hutan TNKS.

Tenang, petualangan tak akan merasa panjang karena sepanjang mengarah ke Air Terjun Talang Kemulun, pengunjung akan ditemani dengan banyak suara kicauan burung, kera hitam berlengan panjang, dan masih banyak binatang yang lain yang saling bersahutan mengiringi petualangan.

Ya, tak ada salahnya menyempatkan diri untuk mendatangi Air Terjun Talang Kemulun saat berada di Kerinci, bukan?

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *