Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Posted on

Air Terjun Gitgit Buleleng – Cari informasi wisata Air Terjun di Bali ? inilah data Alamat, Letak dan Rute Jalan, Jam Buka, Sarana, Sejarah & Deskripsi Daya Tarik Wisata & Harga Tiket Masuk Air Terjun Gitgit di Gianyar Bali.

Hi sobat traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis situs data Wisata Bali, yang kali ini akan mereview satu dari keseluruhan Tempat Wisata di Buleleng,

objek wisata yang menawarkan pesona kemolekan wisata alam di bali yang masih alami dan tersembunyi belum banyak didatangi, Air Terjun Gitgit.

Informasi Tempat Wisata di Bali Terbaru Gitgit Waterfall ini kang dian sajikan untuk memenuhi catatan objek wisata air terjun di buleleng bali beken sebelumnya,

seperti Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Munduk, Air Terjun Banyumala, Air Terjun Aling Aling, Air Terjun Les, Air Terjun Bertingkat, Air Terjun Campuhan dll.

Ya lalu seperti apakah daya tarik wisata Sejarah Air Terjun Gitgit ? dimanakah Alamat Air Terjun Gitgit dan macam mana cara mengarah ke Letak Air Terjun Gitgit ?

sesudah itu dari waktu berapa hingga jam berapakah Waktu Operasional Tempat Wisata Air Terjun di Sukasada Buleleng Bali ini ?

selanjutnya berapakah Harga Tiket Masuk Air Terjun Gitgit Buleleng Bali ? baiklah untuk menjawabnya, ayo mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Source Image Via IG @ayselcaan

Sahabat traveler’s, apabila berdiskusi seputar Tempat Wisata di Bali memang sangat beragam sekali, dan itu menjadi daya tarik tertentu bagi turis.

Destinasi wisata alam Pantai di Bali memang semasih ini diketahui masih sebagai destinasi favorite turis baik dalam ataupun mancanegara.

Sebut saja contohnya Pantai Kuta yang beken dengan Beach Club Kuta Bali nya seperti Omnia Bali, Pantai Sanur, Pantai Pandawa hingga Pantai Nusa Dua Bali dan yang yang lain.

Namun pertanyaannya apakah wisata Bali yang beken dan wajib anda kunjungi hanya pantainya saja ? tentu jawabannya bukan.

Ada banyak tempat wisata di Bali tak cuma yang lain yang juga bagus serta pula sangat menarik untuk didatangi saat kita berangkat liburan ke pulau dewata,

seperti diantranya ada objek wisata Danau di Bali, Bukit di Bali, Rafting di Bali, Pemandian Air Panas di Bali hingga objek Wisata Malam di Bali ada.

Ya satu dari keseluruhan Objek Wisata di Bali yang tidak kalah menarik dan eksotis juga seromantisnya dengan wisata di Bali yaitu wisata Air Terjun di Bali.

Dan satu dari keseluruhan destinasi wisata favorite turis yang menawarkan daya tarik wisata air terjun yang indah mempesona panorama alam alamnya yaitu Air Terjun Gitgit.

Air terjun Gitgit yaitu air terjun yang terletak di Singaraja, Bali, terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng yang berjarak 11 kilo meter ke arah selatan dari Singaraja.

Air Terjun Gitgit memiliki ketinggian sekitar 48 meter di atas permukaan sungai, dengan lebar paling atas 3 meter dan ke bawah semakin lebar hingga 5 meter.

Bagi penduduk sekitar, objek wisata air terjun ini juga selalu disebut dengan nama Air Terjun Desa.

Sejarah Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, ada cerita menarik seputar Sejarah Air Terjun dekat Singaraja ini, dipastikan semenarik Sejarah Pandawa dan Sejarah Pura Tanah Lot.

Sahabat traveler’s, Pada era kolinialisme maupun penjajahan, satu dari keseluruhan markas orang Belanda berada di wilayah Persanggrahan Gitgit,

sejarahnya, objek Wisata Air Terjun Gitgit lampaunya pebih terkenal diketahui dengan sebutan ” Ceburan Tuan “, adalah tempat pemandian Tuan-tuan Belanda.

bersamaan berjalannya waktu, di tahun 1939 akhirnya tempat ini dibesarkan menjadi tempat wisata oleh seorang Pegawai Belanda yang bernama Dokter.Chooykas.

Dokter Chooykas pada saat itu yaitu ialah salah seorang Kepala Liefring Van der Tuuk yang saat ini diketahui dengan Gedong Kertya.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, Bila ditanya dimana letak tempat wisata Air Terjun di Bali paling indah dan banyak pilihannya ? maka Bali utara dengan Buleleng yaitu juaranya.

Di Kabupaten Bali ini ada banyak sekali objek wisata air terjun yang sangat indah tak cuma Air Terjun Gitgit seperti Air Terjun Munduk dan Sekumpul, Air Terjun Les dan yang yang lain.

Ya lalu hal menarik dan luar biasa apa yang bisa anda punyai kala melangsungkan petualangan wisata ke air terjun ini ?

Air Terjun di Bali Yang Indah dan Masih Perawan

Air Terjun di Buleleng BaliSahabat traveler’s, Objek wisata ini sendiri lokasinya yang masuk wilayah Tempat Wisata di Bali utara ini terletak di wilayah pegunungan Gitgit.

Sampai-sampai dengannya obyek wisata air terjun Gitgit ini menawarkan eksotisme alam nan sejuk, khas sebuah kawasan yang terdapat di dataran besar pegunungan.

Air terjun yang jatuh dari atas tebing ke bawahnya cukup besar sekitar 48 meter, akibatnya menjadikannya sebagai air terjun paling tinggi di Bali.

Oleh karena besar dan kuatnya arus air, embun dan uap air yang jatuh dari atas tebing tersebut terlihat beterbangan membasahi sekitarnya.

Aliran air yang jatuh ke bawahnya juga rupanya sangat jernih dan bersih, serta dingin akibatnya memancing anda untuk lekas berendam di sana.

Temperatur udara di kawasan air terjun ini sangat sejuk, dengan atmosfer yang cukup tenang karena lokasinya jauh dari hiruk pikuk bisingnya hidup di perkotaan.

Tempat Wisata Air Terjun di Buleleng Bali ini ibarat sebuah surga bagi turis asal perkotaan, karena tempat ini layaknya sebagai tempat pengobatan tubuh dan jiwa secara alami.

Kawasan hutan disekitarnya masih perawan rimbun sekali, dan telah menjadi habitat alami bagi aneka hewan seperti Burung yang tidak capek bernyanyi.

Tempat Wisata Adventure di Bali

Sahabat traveler’s, apabila anda seorang traveler’s yang punya jiwa adventure, menaklukan medan mengarah wisata air terjun ini punya sensasi tertentu.

Perlu anda ketahui bahwa, jalanan mengarah letak air terjun ini yaitu berbentuk jalanan setapak dan berkelok serta medannya naik turun serta pula licin.

Jadi kesiagapan dan kesiapan anda untuk melintasi rute jalan ke air terjun gitgit ini jelas akan menguji nyali dan adrenalin anda.

Tempat Wisata Unggulan Bali Selatan

Air Terjun di daerah Buleleng BaliSahabat traveler’s, penyebabnya lain kenapa anda wajib mendatangi satu dari keseluruhan Tempat Wisata di Bali Selatan ini yaitu karena sarana wisatanya lengkap.

Kita ketahui kawasan Bali selatan yaitu ialah destinasi wisata di Bali yang saat ini sangat banyak didatangi oleh turis.

Karena itu disebabkan tak cuma posisinya yang cukup dengan Bandar Udara Internasional Ngurah rai, juga sarana dan prasarana wisatanya sangat lengkap.

Di kawasan Bali Selatan banyak tersaji pilihan penginapan mulai dari hotel berbintang hingga villa serta pusat kuliner seperti restaurant dan cafe.

Belum lagi kawasan Bali Selatan sangat terkenal sebagai buruan para turis yang menyenangi liburan di Pantai Bali yang berpasir putih.

Jadi kala anda memilah liburan ke Air Terjun Gitgit ini, semua sarana wisata yang akan menjadikan liburan anda mengasyikkan, mudah dan lengkap tersaji.

Aktivitas Wisata Menarik di Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan apabila berkunjung ke Air Terjun Gitgit ini, diantara yang terpopuler yaitu sebagai berikut ;

1. Berenang

Sahabat traveler’s, aktivitas favorite hadirin yang datang ke sini sudah pasti yaitu berendam di air kolam air terjun ini.

Aktivitas bermain air sembari menikmati kemolekan dan kenyamanan tempat ini sembari merefresh tubuh di kolam air terjun yang dingin yaitu hal asik dan mengasyikkan.

2. Diambil foto

Bukan rahasia lagi, kemolekan dari air terjun ini telah memincut banyak juru potret untuk menjadikan lokasinya ini sebagai buruan gambar kamera mereka.

Eksotisme alam berbentuk air terjun dengan backdrop alam sekitarnya yang masih alami, bersih dan hijau membuat banyak pilihan spot menarik untuk diseleksi.

3. Trekking

Air Terjun Gitgit Buleleng BaliSahabat traveler’s, keseruan dari objek wisata air terjun ini sudah diawali saat anda mulai mengarah letak loket tempat wisata air terjun ini.

Lokasinya berada sekitar 50 meter dari loket penjualan tiket dan areal parkir, dengan kemiringan medan 45 derajat.

Anda harus berjalan menyusuri jalan setapak selebar 1 meter melewati anak tangga dari paving block yang sudah diberi pengaman pembatas besi di sisi kanan kirinya.

Dengan rute jalan yang berkelok, naik dan turun menerobos rerimbunan pepohonan serta rambatan semak belukar yang berkembang pada tebing yaitu hal amat asik.

Semasih petualangan anda pula akan bisa melihat hamparan hijau pesawahan dengan atmosfer khas alam pedesaan, serta pula perkebunan cengkeh dan kopi.

Sarana Wisata Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, pengelolaan Tempat Wisata di Buleleng Bali ini sudah tertata dengan baik untuk beri kenyamanan kepada pengunjungnya.

Di sini telah ada sarana wisata belanja berbentuk kios-kios yang menajajakan aneka barang cendera mata maupun souvenir khas Bali walau tak selengkap Pusat Oleh Oleh Krisna Bali

Selain itu, untuk keperluan makan dan minum di kawasan ini pula sudah tersaji beberapa Tempat Makan di Bali berupa kios yang mengadakan aneka menu kuliner,

antara lain warung makan yang sajikan beberapa Makanan Khas Bali seperti antara lain Ayam Betutu Gilimanuk dll.

Untuk keperluan tempat istirahat turis, di sekitar letak air terjun, juga sudah disediakan bale yang cukup besar dengan kursi dari semen,

selagi untuk tempat penginapan sekelas Hotel Murah di Bali dekat ar terjun gitgit, anda bisa mendapatkannya dengan gampang di sekitar kota singaraja.

Gambar Photo Air Terjun Gitgit Buleleng Bali di Instagram

Gambar Foto Air Terjun Gitgit Buleleng Bali Instagram

Harga Tiket Masuk Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, data harga tiket masuk terkini ke air terjun gitgit yaitu setiap hadirin dipakai tarif Rp.5.000 (berumur) dan Rp.3.000 (anak).

Alamat Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, Alamat Gitggit Waterfall terletak di Jalan. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161 [ Peta Lokasi ]

Lokasinya berjarak sekitar 70 KM kawasan Tempat Wisata di Denpasar, 62 KM dari kawasan Wisata Kintamani, dan 63 KM dari kawasan Tempat Wisata di Gianyar,

Jam Buka Objek Wisata Air Terjun Gitgit

Waktu operasional tempat wisata air terjun di bali ini yaitu setiap hari, mulai buka waktu 08.00 – 17.00 WIB.

Peta Letak Air Terjun Gitgit

Silahkan anda bisa lihat di peta letak atas.

Rute Jalan Mengarah Ke Air Terjun Gitgit Dari Lapangan terbang Ngurah Rai

Sahabat traveler’s, cara mengakses letak ini sangat mudah, karena lokasinya berada dekat pinggir jalan raya Denpasar – Bedugul – Singaraja.

Letak air terjun ini hanya berjarak sekitar 11 kilo meter dari Singaraja ke arah selatan mengarah desa Pancasari dan 16 kilo meter dari kawasan wisata Bedugul.

Lainnya bagi anda yang dari arah kota denpasar, anda harus menempuh jarak 67 kilo meter maupun membutuhkan waktu berkendara sekitar 2 jam petualangan.

Bila dari denpasar, rute jalannya yaitu silahkan arahkan kendaraan anda mengarah Bedugul maupun singaraja.

Sehabis anda melewati kawasan Wisata Bedugul, lanjutkan arah kendaraan anda mengarah Gitgit maupun Singaraja.

Ya sesudah tiba di desa Gitgit, maka selanjutnya perhatikan papan arah petunjuk mengarah letak air terjun yang terletak di samping kiri jalan.

Sahabat traveler’s, akses jalan mengarah letak aur terjun ini sangat bagus, karena jalan rayanya sudah beraspal hotmix.

Namun ada hal yang harus anda perhatikan, karena letak air terjun ini berada di dataran besar pegunungan.

Ialah anda harus berwaspada karena jalanannya berkelok, dengan tikungan tajam naik dan turun serta jalanannya selalu diselimuti kabut putih cukup tebal.

Ya sahabat traveler’s, cukup mudah dan jelas bukan ? macam mana apakah anda tertarik berkunjung ke sini ? pasti tertarik bukan ?

Apalagi perlu anda tahu, ternyata apabila kita berekreasi ke air terjun gitgit ini, maka disekitar kawasan desa Gunung Luwih Gitgit ini ada 4 air terjun yang lain.

Asyiknya, letak ke 4 air terjunnya tersebut sangat bersebelahan, akibatnya bagi anda yang berjiwa petualang, ini bisa jadi perjalan wisata yang lengkap dan mengasyikkan bukan ?

Himpunan Air Terjun di Desa Gunung Luwih Gitgit Buleleng Bali

1. Air Terjun Bertingkat

Air Terjun BertingkatSahabat dari namanya saja objek wisata air terjun di desa Gitgit ini sudah bisa ditebak, daya tariknya yaitu air terjun dengan beberapa tingkatan.

Terdapat 3 tingkatan air terjun di sini, dengan tingkatan ketinggian yang cukup besar dan berbeda-beda, serta curahan air yang mengalir di atas bebatuannya.

Masing-masing tingkatan air terjun ini, di bawah tempat jatuh airnya terdapat kolam di dasarnya, dengan corak air yang jernih dan bersih.

Aktifitas wisata menarik di Air terjun bertingkat ini yaitu tak cuma berenang, anda juga bisa bermain di cocok jatuhan air terjun serta naik ke teras yahg lebih besar.

Bagi hadirin yang ingin datang ke sini tidak terdapat pemungutan tiket masuk dan parkir, ataupun free untuk saat ini.

Sedangkan untuk fasilitasnya, di sini sudah terdapat beberapa gazebo, serta warung penjual masakan dan minuman.

2. Air Terjun Campuhan

Air Terjun Campuhan Sahabat travler’s, objek wisata yang lain yang terdapat di sekitar Air Terjun Gitgit yaitu air terjun Campuhan, yang istilahnya dalam bahsa Bali diartikan “Campur”.

Daya tarik objek wisata ini yaitu air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter, dan kombinasi 2 sungai dari 3 sumber mata air terjunnya.

Di areal bawah air terjun terdapat kolam air yang berdimensi kecil namun airnya sangat jernih dan dingin.

Air terjun ini berada di antara tebing yang kecil dan dikelilingi rimbunya pepohonan, akibatnya suasanya cukup dingin dan gelap.

Air terjun Campuhan ini ternyata diketahui juga dengan nama Air Terjun Kembar, karena di sini ada 2 buah air terjun berdampingan yang wujudnya sama maupun kembar.

Setiap hadirin yang akan masuk ke objek wisata air terjun campuhan maupun air terjun kembar ini, maka perlu memasok Rp.5.000/orang untuk bayar tiket masuknya.

Untuk fasilitasnya di sini sudah tersaji areal parkir walau cukup kecil, sesudah itu ada kedai masakan dan minuman serta penjual kerajinan tangan.

3. Air Terjun Colek Pamor

Air Terjun Colek Pamor Sahabat traveler’s, nama air terjun ini cukup unik bukan ? dan diketahui juga dengan nama lain Air Terjun Gitgit 2.

Air terjun ini punya ketinggian sekitar 20 meter, dengan sumber airnya berasal dari sebuah gua yang ialah jalur air bawah tanah.

Gua ini yaitu yang menghubungkan aliran air sungai dari sungai Buleleng mengarah desa gunung luwih Gitgit.

Letak Air Terjun Colek Pamor berada lebih atas dari letak Air Terjun Campuhan maupun Kembar, dan untuk mengakesnya anda harus masuk ke dalam hutan.

Daya tarik wisatanya, karena posisinya yang tersembunyi dan masih sangat alami, maka banyak turis yang datang ke sini untuk trekking.

Tamu yang datang ke sini tidak dipungut biaya untuk tiket masuk, serta karena masih sepinya dengan hadirin, maka belum tersaji sarana wisata saat ini.

4. Air Terjun Mekalangan

Air Terjun Mekalongan Air terjun selanjutnya yang terdapat di sekitar Air Terjun Gitgit yaitu Air Terjun Mekalangan.

Air terjun ini ternyata ialah satu rentetan maupun kelanjutan dari air terjun campuhan, dimana seumber airnya dari air terjun kembar tersebut.

Arus air terjun ini cukup deras dan volumenya lebih besar.

Ya sahabat traveler’s, begitu bebarapa letak air terjun yang terletak di sekitar Air Terjun Gitgit yang bisa anda kunjungi juga.

Macam apa, apakah anda semakin tertarik untuk mendatangi satu dari keseluruhan dari air terjun di desa gunung luwih gitgit, kabupaten Buleleng Bali di atas ?

Ataupun anda tertarik mendatangi tempat-tempat wisata di Bali utara yang sangat menarik yang lain tak cuma objek wisata air terjun ?

Tempat Wisata di Sekitar Air Terjun Gitgit di Buleleng Bali

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tengah merangkai berangkat liburan ke Bali dan sedang menyusun itinerary Paket Tour Bali, seperti Paket Wisata Bali 1 Hari,

berikut yaitu catatan saran nama – nama tempat wisata di kabupaten buleleng yang beken dan wajib untuk didatangi,

Air Terjun di Buleleng

Air Terjun Tembok Barak Singaraja Bali

Source Via IG indonesia_paradise

mulai dari objek wisata air terjun di buleleng juga menawarkan objek wisata air terjun yang lain seperti Air Terjun Desa Musi,

lalu sesudah itu Air Terjun Fiji Lemukih, selanjutnya Air Terjun Tembok Barak, Air Terjun Wana Ayu Padang Bulia dan Air Terjun Kroya Sambangan.

di Buleleng

Untuk wisata di buleleng, anda bisa mendatangi Pantai Gili Putih, sesudah itu Pantai Lovina dan tempat snorkeling Pantai Pemuteran.

Pemandian Air Panas di Buleleng

selanjutnya buleleng juga memiliki objek wisata alamiah hot spring yang beken adalah Pemandian Air Panas Banyuwedang dan Pemandian Air Panas Sanih.

untuk wisata alam yang lain di buleleng yang beken antara lain ada wisata Pulau Menjangan ( Taman Nasional Bali Barat ),

lalu kemudiana da juga Wanagiri Hidden Hills dan Sambangan Secret Garden, objek Desa Wisata di Bali yang beken Desa Munduk dll.

sedikit tips, untuk mengeksplorasi wisata buleleng yang begitu banyaknya, berdasarkan Pengalaman Sewa Motor di Bali aku individu,

memakai jasa Rental Motor Bali ternyata lebih efektif dan murah untuk menjelajahi objek wisata seperti Air Terjun Gitgit Buleleng Bali,

salah satunya yaitu karena Harga Sewa Motor di Bali ternyata cukup murah, dan ketentuan untuk menyewanya jga mudah apabila ketimbang Rental Mobil Bali.

untuk tempat penginapan, aku rekomendasikan anda bisa memilah Mimpi Resort Menjangan dan Menjangan Dynasty Resort,

bagi anda yang liburan ala backpacker, di sekitar singaraja mungkin saat ini sudah tersaji Hotel Kapsul di Bali yang bisa dijadikan tempat bermalam yang murah.

Ya sahabat traveler’s, demikianlah data Alamat, Letak dan Rute Jalan, Jam Buka, Sarana, Sejarah & Deskripsi Daya Tarik Wisata & Harga Tiket Masuk Air Terjun Gitgit Buleleng.

Air Terjun Gitgit

 

  • Air Terjun Gitgit
  • Sarana
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Air Terjun Gitgit
Alamat : Ds.Gunung Luwih Gitgit, Buleleng Bali
Nomor Tlp : –
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
HTM : Rp.5.000 (Berusia) Rp.3.000 (Anak)
Sarana : Warung Santapan & Souvenir dll

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *