Agar Tak Perlu Antre Pemeriksaan Imigrasi Setibanya di Amerika Serikat

Posted on

Bepergian ke daratan lain kerap kali memeras tenaga, lebih-lebih seandainya waktu tempuh petualangan pesawat melebihi 10 jam. Salah satunya bilamana bepergian ke Amerika Serikat.

Tak cuma lamanya petualangan yang membuat capek penumpang, sesampainya di lapangan terbang tujuan di Amerika Serikat juga mesti antre panjang untuk peninjauan imigrasi.

Penyelidikan imigrasi tidak memiliki patokan waktu yang pasti karena masing-masing wisatawan akan diselidik secara perinci oleh petugas, sampai-sampai kesabaran lebih dibutuhkan sehabis terbang belasan jam.

Namun, ternyata tidak semua peninjauan imigrasi dilakukan sesampainya di Amerika. Jika penumpang naik pesawat Etihad Airways, ada Custom and Border Protection (CBP) Facility yang disediakan kala transit di Lapangan terbang Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab.

Kompas.com merasakan sendiri manfaat CBP Facility yang disediakan di sana. Para penumpang yang baru tiba di Lapangan terbang Abu Dhabi akan ditunjukan ke gate masing-masing bagi yang memiliki penerbangan lanjutan, sebanding sama tujuannya.

Bagi penumpang ke Amerika, ditunjukan untuk ke gate paling ujung di Halte 3 Lapangan terbang Abu Dhabi untuk merambah sebuah rubrik tempat CBP Facility beroperasi.

Di sana, layaknya peninjauan imigrasi pada rata-rata, penumpang satu per satu berhadapan langsung dengan petugas imigrasi dari USA Homeland Security ataupun Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat.

Ada sekitar belasan petugas yang bersiaga untuk mengontrol dokumen petualangan para penumpang yang bakal mengarah Amerika. Apabila petugas menyetujui petualangan para penumpang, paspor akan langsung dicap dan mampu langsung mengarah boarding lounge.

Etihad Airways.KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Etihad Airways.

Mengutip dari halaman resmi Etihad Airways, etihad.com, tertera bahwa Lapangan terbang Internasional Abu Dhabi adalah satu-satunya lapangan terbang di luar Amerika Utara yang sediakan CBP Facility.

Etihad juga mengatakan, penumpang yang telah melewati peninjauan imigrasi akan diduga seperti penumpang penerbangan dalam negeri setiba di Amerika, ataupun tiada lagi peninjauan imigrasi.

Menurut Etihad, sarana tersebut sangat memangkas waktu bagi para penumpang, lebih-lebih yang masih memiliki penerbangan lanjutan sesampainya di negeri Paman Sam.

Apa yang diterangkan Etihad ternyata memang benar adanya. Diwaktu Kompas.com tiba di Chicago, Illinois pada Kamis (4/4/2019) waktu setempat, tiada lagi antre untuk peninjauan imigrasi.

Hanya ada beberapa petugas imigrasi yang menunggu di pintu garbarata ataupun penghubung dari pesawat ke gedung halte. Mereka hanya membenarkan orang yang tiba sama dengan yang terdapat di photo paspor.

Sesudah itu, penumpang tinggal mengambil bagasi dan keluar dari lapangan terbang.

Pada peluang berbeda, Kompas.com pernah merasakan macam apa mengikuti proses antrean untuk peninjauan imigrasi kala berkunjung ke New York melalui Lapangan terbang Internasional John F Kennedy, beberapa bulan lalu.

Untuk antre hingga tiba gilirannya mengarah peninjauan imigrasi, bisa sekitar 30 menit ataupun lebih.

Dengan demikian, turis yang berencana ke Amerika memiliki pilihan, apakah kepingin berhasil melalui peninjauan imigrasi di lapangan terbang saat transit ataupun seperti biasa kala tiba di negeri bagian tujuan.

Ada juga hal yang sangat utama yaitu mempersiapkan dokumen petualangan, terhitung visa, serta mampu menjelaskan tujuan petualangan dengan baik kepada petugas imigrasi agar petualangan berlangsung bisa dengan mudah.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *