8 Tempat Wisata Bontang Kota Industri yang Indah

Posted on

Apa yang terdapat di benakmu saat mendengar nama Bontang? Perusahaan gas negeri maupun pabrik pupuk? Tidak salah, sih. Bontang memang beken sebagai kota industri, lengkap dengan seluruh sarana yang di inginkan oleh pekerja dan keluarga mereka, seperti lapangan terbang, sekolah, hotel berbintang, dan lain-lain. Namun begitu, bersamaan berjalannya waktu, wisata Bontang ikut berkembang hingga menjadi satu dari semua destinasi utama bagi masyarakat Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Walaupun wilayah Bontang mencakup hutan dan , atraksi wisata yang boleh anda kunjungi lebih dari itu. Paling tidak ada 8 tempat wisata Bontang yang boleh anda pertimbangkan untuk didatangi. Berikut saran dari Tripzilla.

1. Mencari Ketenangan di Bontang Mangrove Park

Image credit: @saidd_achmad

Destinasi wisata Bontang ini adalah bagian dari Halaman Nasional Kutai, dan baru saja dibuka pada awal tahun dulu. Bontang Mangrove Park (BMP) sediakan jalan setapak sepanjang 1,3 kilometer dan tower pandang dengan atas 20 meter. Bila kamu naik ke tower ini, kamu akan berhadapan langsung dengan Selat Makassar.

Image credit: @emera_1811

Halaman bakau ini telah dipromosikan ke bermacam sekolah dengan tujuan agar pelajar sanggup mendalami tentang keanekaragaman biologi di Kalimantan Timur. Spot ini juga menarik untuk para turis paling utama menjelang matahari terbenam. Senja yang timbul di antara pepohonan bakau, ditambah burung-burung endemik yang balik ke sarang mereka; akan menjadi panorama alam yang mengagumkan.

Image credit: @indahpurnamasariy

Kamu juga bisa berjalan-jalan di BMP pada siang hari. Tak perlu cemas dengan teriknya matahari karena rindangnya bakau akan membuat kamu nyaman.

Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: 5,000-7,500 IDR per orang tergantung hari

2. Pulau Beras Basah yang Terkenal

Image credit: @fikadwaprl

Jenuh dengan kegiatan tiap hari? Para warga Bontang dan kota-kota di sekitarnya punya suatu kemewahan, adalah Pulau Beras Basah. Sesudah menempuh darmawisata sekitar 45 menit dari Tanjung Laut maupun Bontang Kuala, turis bisa berenang, snorkeling, dan menaiki banana boat di pulau ini.

Image credit: @adixaputra

Tidak saja pasir putih yang berpadu dengan lautan biru yang membuat ini istimewa. Bila kamu cermat, beberapa titik di sekitar dipadati oleh gelembung-gelembung yang berasal dari dasar laut. Gelembung tersebut adalah gejala sumber gas alam yang sanggup dieksplorasi. Luar biasa, kan?

Image credit: @ansariachmad

Di sisi lain pulau, terdapat tumpukan batu beton lonjong yang dipakai untuk menambat perahu nelayan yang mencari ikan. Sebagian pemuda kreatif menjadikannya sebagai tempat diambil foto. Keren juga buat menambah post Instagram.

Koordinat Lokasi
Biaya Sewa Kapal ke Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah: Mulai dari 500,000 IDR untuk kapal kapasitas maksimal 10 orang

3. Pulau Segajah yang Ajaib

Image credit: @rusdiahdevy_

Mendatangi Pulau Beras Basah belum lengkap tanpa mampir ke Pulau Segajah. Rata-rata, tour guide akan menyarankan turis datang ke Pulau Segajah dulu. Maklum, pulau seluas 2 hektar ini cuma timbul pada siang hari. Menjelang sore maupun saat air laut pasang, pulau ini akan lenyap begitu saja.

Image credit: @pulausegajah_wisatabontang

Sebagian turis sering mengarah Pulau Segajah dan mengenakannya sebagai titik berangkat untuk snorkeling di perairan sekitar pulau. Saat kamu menyelam, kamu akan memandang padang lamun, adalah hamparan tumbuhan yang didominasi rumput dan alang. Perhatikan dengan baik karena aneka spesies ikan berdimensi kecil yang unik bersembunyi di sela-sela tetumbuhan.

Biaya Sewa Kapal ke Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah: Mulai dari 500,000 IDR untuk kapal kapasitas maksimal 10 orang

4. Lembah Permai Adventure Park, Atraksi Wisata Pilihan Keluarga

Image credit: @wenny_syaing

Lembah Permai Bontang bukan hanya sekedar restoran biasa. Sejak dibuka pada tahun 2018, bermacam komunitas lokal gemar untuk mengadakan gathering di tempat ini. Destinasi wisata Bontang ini cukup lengkap, mulai dari kolam renang, wahana outbound, telaga buatan untuk bermain semacam, kolam yang berisi puluhan ikan koi, dan berbagai macam.

Image credit: @ellynghaty

Tempat piknik ini juga ramai oleh muda-mudi dan keluarga, paling utama pada akhir minggu. Terdapat banyak anjungan diambil foto untuk menambah koleksi selfie-mu.

Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: Mulai dari 50,000 IDR (terhitung voucher hidangan)

5. Cafe Singapore yang Luar biasa

Image credit: @ij_created

Warga Kalimantan Timur tak perlu jauh-jauh ke Singapore untuk memandang arca Merlion yang ikonik. Ada kloning arca tersebut di Cafe Singapore Bontang. Restoran ini cukup beken di golongan masyarakat Bontang karena tempatnya luas, akibatnya cocok untuk makan malam bersama keluarga maupun teman-teman.

Image credit: @nusalnugrohopratama

Memandang matahari terbenam di sini tampaknya pengalaman tak terlupakan. rawa yang terhampar, dan perairan yang tenang menambah romantis atmosfer senja.

Koordinat Lokasi
Harga Masakan: Mulai dari 30,000 IDR

6. Mengeksplorasi Halaman Nasional Kutai

Image credit: @tasyayaumil

Punya waktu satu hari untuk trekking dan menggali kekayaan hutan di Bontang? Destinasi wisata Bontang ini sediakan tantangan untuk kamu yang berjiwa petualang. Kebanyakan wisatawan Halaman Nasional Kutai ialah turis mancanegara yang pingin berhasil memandang kehidupan orangutan di habitat asli; tengah jumlah wisatawan Indonesia yang menghadiri tempat ini setiap bulannya bisa dihitung dengan jari! Sementara itu, dengan harga tiket masuk yang terjangkau, anda dapat melangsungkan pengembaraan di hutan tanpa diganggu sinyal smartphone.

Image credit: @azhariphoto

Walau sebagian besar orang yang datang ke Halaman Nasional Kutai ialah ekspeditor maupun akademisi, sedianya Halaman Nasional Kutai terbuka untuk umum. Anda dapat menyewa perahu untuk menyusuri perairan payau di sekitar hutan. Akan tapi, hendaknya kamu memohon guide untuk mendampingi, agar pengetahuanmu tentang flora dan fauna semakin meninggi.

Image credit: @ghazwanie

Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: Mulai dari 10,000 per orang tergantung hari
Biaya Guide: Mulai dari 100,000 per regu

7. Mengenal Budaya Lokal di Bontang Kuala

Image credit: @rezkymattara

Wilayah perairan Indonesia Timur yang sangat luas memang menekan penduduk lokal untuk akrab dengan laut. Tak terkecuali di Bontang, Kalimantan Timur. Ada perkampungan Bontang Kuala yang kira-kira semua bangunannya didirikan di atas air! Unik, kan? Letak ini adalah titik keberangkatan untuk menyeberang ke Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah. Makanya, dianjurkan untuk berangkat pagi-pagi sekali agar masih sempat bertualang setiap lingkungan Bontang Kuala.

Image credit: @nosalnugrohopratama

Berkunjung ke Bontang Kuala belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas wilayah sini, yang kebanyakan adalah seafood. Yang pasti, ikannya sangat fresh karena dipanen langsung dari tambak milik warga cocok sebelum dimasak. Pantas saja, satu dari semua masakan khas Bontang adalah Gammi Bawis, pernah mewakili Kalimantan Timur pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia Golongan Masakan Terpopuler tahun 2017.

Koordinat Lokasi
Harga Masakan: Mulai dari 30,000 IDR

8. Destinasi Liburan Alternatif, Halaman Wisata Graha Mangrove

Image credit: @yuniwidi_

Kota Bontang relatif dikelilingi pepohonan bakau akibatnya kamu akan mendapatkan beberapa atraksi wisata ‘menjual’ hutan bakau sebagai daya tarik. Seperti Kawasan Hutan Lindung Mangrove Bukit Sekatup Damai (BSD) Bontang ini, yang nyaman buat kamu berjalan-jalan santai pada sore hari. Wahana ini juga sediakan bermacam perlengkapan untuk kegiatan air, mulai dari speed boat, banana boat, perahu dayung, jet ski, hingga perlengkapan pancing. Lengkap!

Image credit: @m_ucuf

Tentu saja kunjunganmu belum mantap kalau tidak berupaya makan siang maupun makan malam di sini. Ada sekitar 60-an pondok untuk kamu bersantap bersama keluarga, maupun bisa juga menentukan tempat duduk di restoran terapung yang luar biasa luas.

Koordinat Lokasi
Harga tiket masuk: Mulai dari 5,000 tergantung hari
Harga hidangan: Mulai dari 30,000 IDR

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *