6 Alasan Wajib Berkunjung ke Pasar Tanah Abang

Posted on
gambar by womantalk.com

Jakarta ialah sebuah ibukota yang lengkap dengan dunia pariwisata. Tidak saja alamnya saja maupun sejarah dan wisata buatannya. Tapi, saat kita ke Kota ini, kita juga akan disajikan dengan wisata berbelanja yang memang tidak gampang untuk ditolak.

Satu di antara rekomendasinya ialah Pasar Tanah Abang. Pasti banyak dari kita sudah tahu mengenai pasar ini bukan? Yup, dibawah ini ada beberapa sebab yang buat kita wajib mendatangi pasar satu ini.

gambar by merdeka.com

1. Terkemuka Hingga ke Seluruh Dunia

Penduduk Jakarta spesialnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada biasanya pantas besar hati. Jika pasar Tanah Abang ini ternyata selain di kenal di Indonesia saja. Kebalikannya juga diketahui hingga ke seluruh dunia.

Mereka selalu ingat betul gimana atmosfer pasar tanah abang, nuansa yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Riuhnya sebuah pasar yang terletak di negeri berkembang. Serta alotnya proses tawar menawar yang membuat turis mancanegara meliriknya.

2. Sejarahnya Menarik Untuk di simak

Nama Tanah Abang sendiri diambil dari sebuah cerita sejarah kerajaan Mataram yang melanda Batavia waktu itu. Yup, pangkalan perang yang dipakai kerajaan mataram ialah wilayah tanah abang yang saat ini didirikan sebagai sebuah pasar.

Pada tahun 1628 saat pasukan mataram mengepung. Tempat ini ialah sebuah perbukitan. Menariknya, semua tanahnya bercorak merah. Maka dari itu, dikenal seperti Tanah abang.

Setelah itu pada bertepatan pada 30 agustus 1735 seorang saudagar kaya memohon izin untuk membangun sebuah pasar di wilayah ini. Izin pula diberikan maka, dibangunlah 2 buah pasar. Satu di wilayah tanah abang, dan satu yang lain di senen.

3. Bisa Mengenakan Transportasi Umum

Berangkat ke pasar tanah abang dianjurkan memanfaatkan transportasi umum. Karena, jalan ke tempat ini macet. Maka dari itu, mulailah dari halte lebak bulus. Naik kopaja S615 maupun juga memanfaatkan jalur P13.

Bisa juga memanfaatkan Bis Trans Jakarta. Pilihlah arah ke tanah abang dan turun di halte Tanah Abang. Jika memanfaatkan kereta api, naik KRL dengan tujuan Tanah Abang. Turun di stasiun dan berjalan sedikit. Mudah sekali bukan?

4. Terdiri Dari 10 Lantai

Sudah seperti mall bukan dimana, objek wisata ini terdiri dari 10 Lantai. Dan menampung kurang lebih 10 ribu kios dengan bermacam rupa barang dagangan dan harga yang ditawarkan disini.

Ada kios tirai, pakaian anak, pakaian orang berusia, kebaya dan batik, sprei, Jilbab mulai dari model lama hingga model kekinian. Hingga keperluan sekolah seperti seragam dan serta sepatu.

5. Murah

Sebelum berdiri mall-mall yang menjulang atas dengan bermacam rupa pakaian mahalnya. Pasar ialah satu dari keseluruhan tempat berbelanja paling mengasyikkan. Karena, harganya yang murah.

Menariknya lagi ialah proses tawar-menawar yang seakan mengasyikkan bilamana bisa mendapatkan harga paling murah dari yang ditawarkan oleh pembeli. Tapi, ada juga yang tidak bisa menawar akibatnya, mendapatkan harga mahal.

6. Kualitasnya Tidak Mengecewakan

Banyak yang menyepelehkan mutu kain dari pasar ini. Mereka berfikir yang istilahnya pasar pasti memanfaatkan resep yang kurang baik. Tapi, di pasar ini semua kualitasnya nomor satu. Tidak kalah dengan yang berada di mall-mall besar Jakarta.

Pasar Tanah Abang memang memiliki pesona dan daya tarik yang tidak akan pernah ada habisnya. Mari datang dan kunjungi Pasar Tanah Abang yang menjadi bagian sejarah bangsa dan negeri ini. Kalau mereka sudah, kapan kita kesana?

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *