6 Air Terjun di Solo Sekitar Wisata Jawa Tengah Yang Terkenal

Posted on

Tak cuma populer akan bermacam festival dan lagu Keroncongan, kota Solo juga tenar sebagai satu dari keseluruhan destinasi wisata paling hits di nusantara Indonesia.

Teruji dari tahun ke tahun, jumlah pelancong ke kota Solo semakin melonjak. Dan hal itu jelasnya tidak lepas dari yang istilahnya bagian pariwisatanya.

Dan untuk info sekarang kita ingin mengupas seputar air terjun yang berada di sekitar kota Solo, bukan Solok di Sumbar ya tetapi satu dari keseluruhan kabupaten di Jawa Tengah.

Ya, penasaran kan apa saja nama air terjun di sekitar Solo yang paling wajib buat didatangi? Oke, langsung saja kita simak 6 catatan grojogan terindah dibawah ini referensi terkini dari regu JejakPiknik.

1. Grojogan Sewu

photo by situs.reservasi.com

Alamat: Jln.Raya Tawangmangu, Kec.Beji, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.18.000
Nomor.Telp: (0271)697 051

Objek wisata terdekat ke kota Solo tersebut hanya berjarak sekitar 37 kilo meter dari pusat kota dan tempat ini pula diketahui sebagai satu dari keseluruhan destinasi liburan paling tenar di Jawa Tengah.

Dengan letak begitu strategis dan serta mudah dijangkau membuat kawasan yang punya seribu pesona tersebut tidak pernah sunyi wisatawan terlebih lagi di hari biasa pula tempat ini selalu ramai.

2. Jumog

photo by visitjawatengah.jatengprov.go.id

Alamat: Ds.Gandu, Berjo, Kec.Ngargoyoso, Kab.Karanganyar, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.5.000

Obyek air terjun selanjutnya yang wajib buat didatangi yakni Jumog. Berhubung letak curug satu ini masih sangat dekat dengan Grojogan Sewu, jadi jangan sampai spot tersebut dilewatkan begitu saja ya.

Cukup dengan membayar tiket Rp.5.000 per orang, Sahabat JejakPiknik mampu menikmati sejuknya air terjun dan segarnya udara di sekitarnya serta panorama alam alamnya yang memesona.

3. Parang Ijo

photo by travelingyuk.com

Alamat: Jln.Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec.Ngargoyoso, Kab.Karang Anyar, Jateng
Map: KlikDisini
Jam Buka: 08.00-18.00
HTM: Rp.3.000
Nomor.Telp: 0822 2564 7563

Air terjun yang terletak di lereng gunung Lawu tersebut memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terbilang cukup dekat dengan objek wisata candi Cetho.

Meski akses jalan mengarah letak cukup kecil tidak bisa dilalui kendaraan roda 4 tetapi spot ini cukup layak disinggahi baik itu untuk hanya menikmati udara segarnya maupun panoramanya yang sangat indah.

4. Segoro Gunung

photo by petatempatwisata.com

Alamat: Ds.Segoro, Kec.Ngargoyoso, Kab.Karanganyar
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free

Lokasinya yang bersebelahan dengan air terjun Parang Ijo ini juga cukup layak buat dikujungi. Alasannya, spot tersebut memiliki panorama luar biasa indahnya dan suasananya pula masih condong asri.

Mumpung belum semua orang tahu, berkunjung ke zona air terjun Segoro ini akan menyuguhkan kedamaian bagi Sahabat JejakPiknik yang menginginkan ketenangan serta kedamaian.

5. Jurug Pengantin

photo by akutj.id

Alamat: Ds.Gumeng, Jenawi, Kab.Karanganyar, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Free
Nomor.Telp: 0852 2648 4842

Tak kalah indah dengan curug kembar di Solok Selatan, Jurug Pengantin di dekat Bengawan Solo ini juga menyajikan 2 aliran air bak sepasang pengantin sedang bersanding.

Walau tidak begitu mulia namun pesona Jurug Pengantin ini cukup eksotis dan sangat pantas buat dijadikan sebagai spot untuk hunting photo instagramable.

6. Girimanik

photo by yogyakarta.panduanwisata.id

Alamat: Ds.Ngerapah, Setren, Slogohimo, Kab.Wonogiri, Jateng
Map: KlikDisini
Jam Buka: 08.00-17.00
HTM: Rp.5.000
Nomor.Telp: 0853 2907 7180

Objek wisata yang memiliki panorama senada dengan air terjun Solo Meronda di Sulsel ini lokasinya memang agak dekat ke kota Salatiga, tetapi tak ada salahnya kan berkunjung ke zona tersebut untuk menyingkirkan kepenatan.

Bertandang ke letak curug ini Sahabat JejakPiknik akan disajikan dengan kemolekan panorama alami berhiaskan tumbuhan hijau, bebatuan serta udara sejuk menyegarkan

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *