5 Negara ini Punya Tradisi Musim Dingin Terunik di Dunia

Posted on

Beberapa perihal yang bisa dilakukan semasih waktu dingin, salah satunya ialah menerapkan perayaan. Tak seperti Indonesia yang memang tak memiliki waktu dingin, beberapa negeri di dunia biasa menggelar tradisi perayaan hingga festival untuk menyongsong waktu dingin. Bermacam aktivitas waktu dingin ini tak cuma dilaksanakan sebagai ajang intermezo, ada pula yang mengusung konsep berbagi untuk membuat perayaan lebih berkesan hingga momen kumpul bersama keluarga besar. Penasaran dengan 5 negeri dengan tradisi waktu dingin terunik di dunia? Berikut informasinya!

Kiruna Snow Festival, Swedia

 

Tradisi waktu dingin terunik di dunia yang pertama boleh anda temukan di Swedia. Saat waktu dingin tiba, warga Kiruna di Swedia akan memanfaatkan hawa yang mencapai minus 10 derajat Celcius sebagai waktu sempurna untuk memahat es. Di Kiruna Snow Festival, akan ada lebih dari 20 pemahat internasional yang ikut dalam ajang kompetisi memahat es tersebut.

Mengusung tradisi berbentuk festival, beberapa pemahat internasional yang ikut serta dalam Kiruna Show Festival tersebut akan bersaing dengan karya terbaiknya untuk memenangkan gelar Snow Sculpting Champion. Kiruna Show Festival sendiri termotivasi dari tradisi memahat es yang diawali pada tahun 1986 oleh warga dalam perayaan peluncuran satelit Viking.

Perayaan onde, Cina

 

Untuk memperingati puncak waktu dingin, orang Cina biasa menggelar perayaan yang disebut dengan Perayaan Onde. Perayaan biasa orang Cina yang dilaksanakan setiap bertepatan pada 21 ataupun 22 Desember ini punya sejarah dan arti dari onde yang dimakan. Onde yang oleh orang Tionghoa biasa disebut Tan Cik ini memiliki arti dingin dan puncak.

Perayaan Onde sendiri sudah ada sejak era Dinasti Han (206 SM – 220 SM) dan pada era Dinasti Song (1127 – 1152 Meter), yang dilaksanakan dengan sembahyang arwah leluhu serta 5 komponen di bumi (air, logam, api, tanah, dan kayu). Perayaan ini juga hanya dirayakan oleh keluarga, tradisinya dengan berkumpul bersama, membuat onde, menikmati onde, serta berdoa bersama.

Venice Winter Carnival, Venice, Italia

Venice, kota ikonik Italia, memang memiliki banyak pesona. Pesona tersebut terus sinambung hingga waktu dingin tiba. Tak hanya beken dengan kanal-kanal air serta gondola menarik sebagai transportasi utama, Vinice ternyata juga memiliki tradisi waktu dingin yang cukup unik berbentuk Venice Winter Carnival yang penyelenggaraannya sudah berlangsung ribuan tahun.

Diawali sejak abad ke-11, tradisi perayaan waktu dingin ini memiliki beberapa perihal istimewa, salah satunya ialah acara topeng. Hal itu jelasnya tak terlepas dari hakikat bahwa Italia terkenal sebagai negeri mask-maker terbaik di dunia. Dalam perayaan inilah mask-maker terbaik di Italia berkesempatan memamerkan bermacam karya-karya masterpiece-nya.

Sappora Snow Fest, Jepang

Jepang memang memiliki julukan Negeri Matahari Terbit, namun julukan tersebut tak membatasi Negeri Sakura ini untuk mengadakan tradisi waktu dingin yang unik dan menarik. Merupakan Saporo Snow Fest, perayaan waktu dingin yang berlangsung di Pulau Hokkaido, menjadi satu di antara festival waktu saju menarik dan terbesar di Asia.

Uniknya, festival waktu dingin di Jepang tak menunjukkan budaya yang kerap dinaikan kawasan Eropa, namun memainkan atribut buatan salju seperti bangunan hingga patung-patung raksasa yang dibikin dari salju. Bermacam wahana seperti perosotan salju juga disediakan bagi tamu agar tak hanya bisa menikmati panorama alam, namun juga punya peluang bermain yang mengasyikkan.

Rogers Santa Claus Parade, Kanada

Rogers Santa Claus Parade, Kanada memang didesain untuk menyongsong Natal, namun juga tak lepas dari perayaan waktu dingin yang mengasyikkan. Menunjukkan parade kendaraan hias sepanjang 1,8 kilometer di Vancouver, Rogers Santa Claus Parade menunjukkan sekitar 200 peserta berbalut kostum riang bertajuk Natal.

Bergerak dari jalan Broughton mengarah Jalan Howe, uniknya parade ini bukan sekadar dilaksanakan sebagai ajang intermezo saja, lho. Mengusung motto “spirit of giving”, parade ini juga mengajak publik untuk memberikan kontribusi berbentuk duit maupun barang yang akan dibagikan kepada mereka yang kurang beruntung. Sebuah tradisi perayaan waktu dingin dan Natal yang menarik, bukan?

Begitu info 5 negeri dengan tradisi waktu dingin terbaik di dunia yang perlu kamu ketahui. Bilamana tertarik untuk merasakan langsung keseruannya, kamu juga bisa memperhitungkan untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun kali ini untuk berkunjung ke satu di antara negeri dengan tradisi waktu dingin terunik di atas. Siapa tahu berarti!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *