5 Makanan Khas Wonosobo Yang Paling Populer

Posted on

Tidak hanya identik dengan kawasan wisata dataran agung Dieng, hidangan khas wonosobo juga ikut menjadi tersohor.

Bukan hanya turis dalam negeri yang berkunjung ke wonosobo, namun turis juga banyak dijumpai di wilayah tersebut.
Disaat berliburan ke wonosobo, alangkah baiknya juga ikut mengeksplorasi kuliner khas dataran agung dieng.

Santapan Khas Wonosobo

1. Keripik Jamur

5 Makanan Khas Wonosobo Yang Paling Populer Makanan

Jamur memiliki kandungan nutrisi agung dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun hal itu hanya berlaku pada tipe jamur tertentu. Karena ada beberapa tipe jamur yang sama sekali tidak boleh untuk disantap dan memiliki toksin yang sangat mematikan.

Kandungan nutrisi dalam jamur seperti protein dan asam amino. Kandungan kandungan protein di jamur paling agung diantara yang ada. Lainnya asam amino mampu membantu dalam proses pengobatan penyakit.

Bermacam ragam masakan jamur juga dijumpai dalam kuliner nusantara. Malahan jamur mampu menjadi MSG alami. Jadi tak wajib mengenakan micin apabila memperbanyak jamur ke dalam masakan hidangan.

Pada wilayah wonosobo, masakan jamur dikemas secara berbeda dan unik. Penganan jamur khas wonosobo juga adalah tipe cemilan, yakni keripik jamur. Karena masakan tersebut sangat langka, keripik jamur harus menjadi oleh – oleh wajib diwaktu mendatangi wilayah wonosobo.

2. Carica

5 Makanan Khas Wonosobo Yang Paling Populer Makanan

Carica adalah buah yang berasal dari dataran agung dieng, wonosobo. Tumbuhan dari buah tersebut hanya mampu dijumpai di wilayah tersebut.

Bentuk buah carica seperti buah pepaya, namun ukurannya sangat kecil. Kerasa dari daging buah carica asam, sebaliknya biji carica asam manis. Biasanya buah carica selalu dijadikan sebagai masakan manisan dan keripik.

Walaupun carica mampu dijumpai di wilayah lain, namun carica di wonosobo cukup istimewa. Karena carica yang dijual baru dipetik, akibatnya sangat terjamin kesegaran alami dari buah carica. Tidak hanya itu harga buah carica di wonosobo lebih murah.

3. Sagon

5 Makanan Khas Wonosobo Yang Paling Populer Makanan
Sagon khas wonosobo

Sagon adalah hidangan tradisional khas wonosobo yang terkategori ke dalam tipe kue. Bentuk dari kue ini biasanya bundar dengan tekstur luar sagon kesat. Corak dari kue sagon putih dan agak kecokelatan.

Kue sagon berbahan dasar tepung sagu, parutan kelapa dan gula pasir. Cara pengolahan kue ini terbakar atau dipanggang dengan oven. Namun masyarakat lebih memutuskan untuk mengolah dengan membakar secara tradisional mengenakan kayu bakar ataupun arang.

Meski tekstur luar dari kue sagon nampak kesat, namun cita kerasa dari kue berbanding terbalik dari tampilan. Kerasa dari sagon sangat manis, gurih dan lembut di mulut.

4. Geblek

5 Makanan Khas Wonosobo Yang Paling Populer Makanan

Geblek adalah hidangan ringan sejenis kerupuk dan selalu dijadikan sebagai cemilan ataupun lalapan. Meski memiliki tekstur dan tampilan seperti kerupuk, kerasa dari geblek sangat berbeda dari kerupuk. Kerasa dari geblek agak alot namun memiliki cita kerasa yang cukup gurih.

Santapan ringan khas Wonosobo ini berbahan dasar tepung pati dan daun kucai. Adonan tepung pati dibentuk persegi dan dipipihkan, setelah itu ditaburi dengan potongan daun kucai. Pengolahan hidangan ini dengan cara digoreng.

5. Opak Singkong Wonosobo

5 Makanan Khas Wonosobo Yang Paling Populer Makanan

Opak singkong adalah masakan hidangan khas wonosobo yang berbahan dasar singkong. Opak ini juga mampu dijumpai di wilayah lain. Namun di wilayah wonosobo opak singkong cukup berbeda.

Karakteristik khas opak singkong wonosobo terdapat taburan daun kucai. Lainnya opak singkong wilayah lain memiliki tampilan polos.

Selang cara pengolahan opak singkong wonosobo dan wilayah lain pada dasarnya sama yakni masakan opak dijemur dulu setelah itu digoreng.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *