5 Makanan Khas Sumbawa Yang Lezat Dan Menggugah Selera

Posted on

Berdiskusi tentang kuliner di Indonesia memang tiada habisnya, mengingat kira-kira setiap wilayah memiliki hidangan khas dengan cita kerasa yang begitu lezat. Sumbawa menjadi satu di antara wilayah yang menaruh hidangan khas yang tidak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja?

Seperti yang diketahui, tak cuma memiliki kemampuan wisata yang menakjubkan Sumbawa juga memiliki hidangan khas yang sangat sayang untuk dilewatkan.  Jadi bagi Anda yang sedang liburan maupun singgah di Sumbawa sangat sayang sekali seandainya tidak berupaya makanan-makanan khasnya. Apa saja itu? Berikut hidangan Sumbawa yang perlu dicoba.

Masakan Khas Sumbawa

1. Ayam Bakar Taliwang

5 Makanan Khas Sumbawa Yang Lezat Dan Menggugah Selera Makanan

Sebanding sama namanya, Ayam bakar yang satu ini berasal dari kecamatan Taliwang maupun Bunda Kota dari Kabupaten Sumbawa Barat. Sedianya sekilas ayam bakar ini kira-kira sama dengan ayam bakar pada biasanya. Walau begitu, ada selisih yang membuat ayam bakar khas Taliwang ini begitu terkemuka.

Satu dari keseluruhan selisih ayam bakar Taliwang dengan ayam bakar pada biasanya yaitu dari kerasa bumbunya yang begitu khas. Lazimnya ayam bakar Taliwang ini memiliki kerasa pedas dan sedikit asam. Biasanya hidangan khas dari wilayah Sumbawa ini disajikan dengan mengenakan sambal yang pedas manis.

2. Gecok

5 Makanan Khas Sumbawa Yang Lezat Dan Menggugah Selera Makanan
Masakan khas wilayah Sumbawa selanjutnya yang sangat sayang untuk dilewatkan yaitu Gecok. Bagi Anda yang sudah pernah ke Sumbawa pasti sudah kerap mencermati hidangan khas yang satu ini. Gecok adalah hidangan khas  sumbawa yang sangat terkemuka, saking terkemuka nya hidangan ini Anda bisa menjumpainya di kira-kira setiap rumah makan.

Gecok sendiri yaitu kuliner Sumbawa yang dibikin dari jeroan daging dan hati sapi. Biasanya Gecok dihidangkan dengan cara dibalut dengan mengenakan parutan kelapa.

Lihat juga makanan khas kendari

Bumbu yang dipakai penambah yaitu tumisan fresh asam yang semakin menambah kesan renyah dan garing. Masakan Gecok ini kerap dihidangkan untuk menu tiap hari oleh masyarakat Sumbawa yang disajikan bersama dengan nasi.

3. Sepat

5 Makanan Khas Sumbawa Yang Lezat Dan Menggugah Selera Makanan

Kuliner khas Sumbawa ini adalah menu yang cukup tersohor bagi masyarakat Sumbawa. Masakan tradisional ini biasanya disajikan kala berbuka puasa sepanjang bulan Ramadhan. Untuk membuat hidangan Sepat Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti ikan, ayam maupun udang yang dimasak dengan cara terbakar.

Lainnya untuk bumbunya sendiri dibikin dari ramuan ekstra seperti bawang merah, cabai, terong, serta pula tomat. Biasanya untuk menambah cita kerasa asam pada kuahnya, masyarakat setempat kerap meninggikan asam jawa, belimbing maupun mangga. Bagi Anda yang penasaran, bisa mencobanya sendiri di rumah.

4. Rujak Lanang

Bagi Anda yang suka hidangan pedas, hidangan khas wilayah Sumbawa yang satu ini bisa jadi pilihan selanjutnya. Berbeda dengan rujak-rujak pada biasanya, kuliner yang satu ini dibikin maupun berbahan dasar kacang panjang. Perlu diketahui bahwa nama kacang panjang sendiri dalam bahasa sumbawa kerap disebut dengan istilah lanang.

Sampai-sampai tidak heran seandainya rujak yang satu ini kerap disebut dengan rujak lanang. Bagi yang sedang berada di Sumbawa pastikan untuk berupaya kuliner khas yang satu ini. Tidak hanya memiliki kerasa yang senang, rujak ini juga menyehatkan karena dibikin dari ramuan alami.

5. Pelu

5 Makanan Khas Sumbawa Yang Lezat Dan Menggugah Selera Makanan

Masakan khas selanjutnya yang juga kerap dihidangkan sebagai hidangan penambah yaitu Pelu. Bagi Anda yang sedang jalan-jalan ke Sumbawa akan mendapatkan bermacam berbagai pelu yang masing-masing dibikin dari ramuan dasar yang berbeda. Beberapa berbagai pelu yang bisa Anda temukan seperti pelu raras, pelu lanang, pelu antap, pelu nangka dan lain sebagainya.

Lihat juga makanan khas wonogiri

Ya demikian beberapa hidangan khas Sumbawa yang sangat sayang untuk dilewatkan. Menu-menu yang sudah sudah disebutkan diatas wajib Anda coba kala berkunjung ke Sumbawa. Tidak hanya senang, menu tersebut jarang sekali Anda temukan di wilayah yang lain, jadi pastikan untuk mencobanya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *