5 Makanan Khas Sidoarjo Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Posted on

Ada bermacam rupa masakan khas Sidoarjo yang mampu diburu sebagai wisata kuliner diwaktu berada di wilayah sisa lumpur lapindo tersebut.
Baik masakan ataupun minuman khas Sidoharjo sangat menggiurkan.
Apalagi masakan dan minuman tersebut hanya mampu dijumpai di wilayah Sidoharjo, pasti tidak akan dilewatkan.

Hidangan Khas Sidoarjo

1. Rujak Cingur

5 Makanan Khas Sidoarjo Yang Tidak Boleh Dilewatkan Makanan

Rujak ialah penganan masakan lokal yang identik bermacam rupa buah – buahan. Namun rujak di wilayah Sidoharjo ini cukup berbeda dari rujak pada rata-rata. Rujak tersebut disebut dengan rujak Cingur.

Komposisi dari rujak Cingur meliputi lontong, bermacam rupa sayur-mayur yang telah direbus, tahu serta tempe. Bumbu yang dipakai dalam penganan rujak Cingur berbeda, begitu pula dengan sambal yang dipakai. Sebaliknya sambal yang dipakai untuk rujak yaitu sambal gula jawa.

Pada rujak Cingur mengenakan sambal kacang. Sambal kacang sendiri biasanya dipakai untuk penganan pecel. Dengan mengenakan bumbu masakan rujak yang khas, membuat rujak Cingur harus dicicipi diwaktu mendatangi Sidoharjo.

2. Lontong Kupang

5 Makanan Khas Sidoarjo Yang Tidak Boleh Dilewatkan Makanan

Lontong Kupang juga ialah penganan masakan lontong yang hanya dijumpai di wilayah Sidoharjo. Komposisi dari penyajian lontong ini sangat khas dan berbeda dari penyajian lontong pada rata-rata.

Biasanya lontong selalu ditemani dengan bermacam rupa penganan daging, seperti ayam dan sapi. Khusus untuk lontong khas Sidoharjo tidak mengenakan bumbu dasar daging, kebalikannya satu dari keseluruhan penganan laut. Lontong kupang memanfaatkan kerang sebagai masakan tambahan untuk lontong.

Tipe kerang yang dipakai yaitu kerang kupang. Kerang tersebut ialah kategori kerang yang memiliki dimensi paling kecil.

Tipe kerang kupang dalam penganan lontong Kupang mampu dijumpai di sepanjang pesisir Sidoharjo. Kira-kira sebagian besar kondisi yang terdapat kategori kerang tersebut yakni yang penuh dengan lumpur.

Tak cuma sejenis kerang, ada beberapa bumbu lain dalam penganan lontong kupang. Bumbu tersebut meliputi Lentho dan sate kerang. Selagi sambal yang dipakai yaitu sambal petis udang yang dicampur dengan air jeruk nipis serta diberi dengan kuah.

3. Ote-Ote Porong

5 Makanan Khas Sidoarjo Yang Tidak Boleh Dilewatkan Makanan

Hidangan khas Sidoharjo ini ialah kategori gorengan. Bahan tersebut juga menjadi satu dari keseluruhan incaran para turis. Karena ote – ote porong hanya mampu dijumpai di wilayah Sidoharjo.

Tipe gorengan yang terkategori ke dalam kategori bakwan ini ialah perpaduan penganan masakan laut daging. Daging yang dipakai yaitu daging babi ataupun ayam. Namun sebagian besar ote – ote porong mengenakan daging ayam.

Bumbu yang dipakai dalam pengolahan ote – ote porong meliputi rumput laut, tiram, tepung terigu, daging ayam / babi dan kacang porong. Semua bumbu tersebut diolah menjadi satu adonan, setelah itu digoreng.

Hanya tips bagi yang kepingin berhasil berupaya ote – ote porong hendaknya bertanya dulu kepada penjual. Karena sebagian ote – ote porong yang ialah penganan daging babi tidak mampu dimakan oleh umat muslim.

4. Kue Lumpur Bakar

5 Makanan Khas Sidoarjo Yang Tidak Boleh Dilewatkan Makanan
Kue Lumpur Bakar khas sidoarjo

Kue lumpur ini ialah kue lumpur biasa. Namun cara pengolahan dengan cara terbakar diatas bara api dan bukan dipanggang. Karakteristik khas dari kue lumpur bakar ini memiliki tekstur lebih lembek dan lebih lembut dari pada kue lumpur bakar biasa.

5. Sup Kikil Sapi

5 Makanan Khas Sidoarjo Yang Tidak Boleh Dilewatkan Makanan

Bahan sapi khas Sidoharjo ini juga harus dicicipi diwaktu mendatangi Sidoharjo. Karena ada hal istimewa dari penganan sup kikil sapi. Tak cuma daging kikil yang sangat empuk, kuah sup tidak sangat kental walaupun kandungan lemak pada kikil sapi cukup banyak.

Demikianlah himpunan masakan khas Sidoarjo yang tidak boleh dilewatkan. Karena keberadaan masakan tersebut hanya ada di wilayah Sidoharjo.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *