5 Makanan Khas Probolinggo Yang Menarik

Posted on

Santapan khas Probolinggo yang begitu melimpah kerasa banyak dinikmati oleh pengunjung. Probolinggo ialah bagian dari provinsi Jawa Timur.

Tepatnya sekitar 100 kilometer dari kota Surabaya. Probolinggo populer sebagai satu dari semua akses mengarah objek wisata Gunung Bromo. Maka tak heran banyak pengunjung yang singgah dan menikmati beragam kategori pangan kota ini.

Santapan khas Probolinggo menjadi satu dari semua daya tarik wisata kuliner. Walaupun populer sebagai kota buah-buahan yang siap panen sepanjang masa.

Namun kota ini juga memiliki beragam santapan yang wajib dicoba oleh setiap pengunjung yang berkunjung.

Santapan Khas Probolinggo

1. Nasi Glepungan

5 Makanan Khas Probolinggo Yang Menarik Makanan

Nasi Glepungan ialah menu nasi yang wajib dicoba saat berkunjung ke Probolinggo. Nasi ini ialah perpaduan antara tempe, tahu, sambal, ikan asin, nasi dan sari-sari jagung.

Tampak mudah namun cita kerasa yang ditawarkan sangat menggugah selera. Paket nasi komplit ini sangat cocok mengisi perut-perut pengunjung yang kelaparan sehabis bertualang setiap kota Probolinggo.

2. Soto Kraksaan

5 Makanan Khas Probolinggo Yang Menarik Makanan

Soto Kraksaan ini sangat populer selain bagi warga Probolinggo namun juga oleh pengunjung. Soto ini diberi nama Kraksaan karena banyak yang menjual soto ini di sekitar rutan Kraksaan. Kelainan antara soto ini dengan soto yang ada yakni dari ayam yang dipakai. Pada soto Kraksaan ayam yang dipakai hanya ayam jantan saja. Tidak hanya itu bumbu yang dipakai juga berbeda, di soto ini dipakai serbuk kelapa yang disangrai sebagai penambah kerasanya. Untuk santapan pendamping sendiri ditambahkan kentang kukus dan kerupuk udang.

3. Anggur

5 Makanan Khas Probolinggo Yang Menarik Makanan

Probolinggo populer sebagai kota anggur. Karena itu tak lepas dari hasil panen anggurnya yang berbobot premium. Tidak hanya itu masa panen buah ini juga tak mengenal masa. Tidak hanya anggur kota ini juga populer dengan buah mangganya. Mangga yang populer yakni mangga manalagi, mangga gadung dan mangga arumanis. Sebutkan ketiga kategori buah mangga tersebut maka sudah terbayangkan nikmatnya dari masing-masing kategori mangga tersebut. Kedua buah-buahan ini menjadi komoditas utama yang disebar keseluruh pulau Jawa karena buah-buahan ini selalu ada sepanjang masa.

4. Kepiting Olok

5 Makanan Khas Probolinggo Yang Menarik Makanan

Kepiting Olok ialah satu dari semua santapan yang wajib dicoba saat ke Probolinggo. Olok yakni satu dari semua kategori kepiting muda yang biasanya terdampar di . Daging-daging kepiting muda itu sebelumnya dikeluarkan dari cangkangnya. Untuk sesudah itu dicampur dengan bumbu udang. Setelah itu daging masakan tersebut dimasukkan kembali ke dalam cangkang sebelum akhirnya dimasak. Bagi pecinta seafood diharuskan berupaya santapan ini. Cita kerasa yang nikmat dan kerasa gurih dari kepiting muda itu sangat menggugah selera.

5. Sirup Pokak

5 Makanan Khas Probolinggo Yang Menarik Makanan

Sirup Pokak yakni satu dari semua buah tangan yang bisa dibawa berbalik oleh pengunjung. Sirup ini dibikin dari gabungan jahe, gula merah, cengkeh, pandan, daun jeruk purut dan kayu manis. Cita kerasa yang ditimbulkan saat meminum sirup ini memberi kehangatan. Sirup ini juga dapat menyembuhkan masuk angin, meredakan batuk hingga mengurangi kandungan kolesterol. Banyaknya manfaat yang diberikan membuat permintaan sirup ini terus menaik.

Santapan khas Probolinggo di atas bisa dinikmati setiap pengunjung yang berkunjung ke Probolinggo. Santapan-makanan tersebut menjadi satu dari semua daya tarik wisata kuliner tak cuma wisata alamnya yang memang mengagumkan.

Pastikan tidak ketinggalan menikmati santapan khas wilayah ini lebih-lebih buah-buahannya. Karena Probolinggo populer sebagai kota Mangga dan kota Anggur. Buah-buahan di kota ini memang panen sepanjang masa. Jadi tak akan salah jikalau berupaya bermacam ragam buah-buahan itu bukan?.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *