5 Makanan Khas Pemalang yang Mantap untuk Disantap

Posted on

Masakan khas Pemalang wajib dijajal saat mampir sejenak maupun bertamasya ke kota ini. Kuliner dari kota ini tentu sangat beragam dan berbeda dari wilayah yang ada.

Mulai dari santapan berat pendamping nasi hingga santapan ringan untuk snack maupun cemilan.

Kota ini memiliki julukan Kota Ikhlas. Terlebih lagi lagu resmi kedaerahannya bertajuk Mars Pemalang Ikhlas.

Tak cuma julukan tersebut, Pemalang juga dijuluki dengan satu dari semua nama kuliner khasnya, adalah Kota Grombyang. Penasaran bukan, seperti apa santapan grombyang dan kuliner yang ada? Simak baik-baik ya.

Masakan Khas Pemalang

1. Kraca Rica-rica

5 Makanan Khas Pemalang yang Mantap untuk Disantap Makanan

Kraca ada keong sawah yang berupa hitam. Ingat, jangan tertukar dengan keong emas ya. Karena ialah 2 kategori yang berbeda. Protein yang terdapat dalam kraca ini cukup mahal.

Di Pemalang, kraca dimasak menjadi rica-rica dengan bahan khas Indonesia. Seperti ketumbar, kemiri, lengkuas, bawang merah dan putih, dan cabai hijau yang pedas.

Kerasanya gurih dan cocok disajikan dengan nasi hangat. Cara makan yang paling nikmat yakni ditusuk dengan jarum maupun tusuk gigi untuk diambil dagingnya dalam cangkang.

2. Sate Loso

5 Makanan Khas Pemalang yang Mantap untuk Disantap Makanan

Berbeda dengan sate Madura yang berbahan dasar daging kambing maupun ayam, sate loso mengenakan daging sapi maupun daging kerbau olahan dasarnya. Setelah itu sebelum terbakar daging yang akan dibuat sate loso, dibacem dulu. Mungkin ini yang membuat cita kerasanya sangat bugar dan berbeda dari sate yang ada.

Mantap sekali kalau dimakan dengan sambal kacang. Masakan yang cocok menemani yakni sup urat, tulang muda dan tauge. Sangat boleh ditemani nasi sebagai makan siang maupun malam.

3. Grombyang

5 Makanan Khas Pemalang yang Mantap untuk Disantap Makanan

Ini yang dibahas pada awal tadi. Masakan khas yang paling tersohor di Kota Pemalang. Bisa dikatakan populernya seperti rawon di Jawa Timur. Dibuat dari daging kerbau maupun sapi, yang empuk dengan kuah manis dan ditaburi daun bawang dan bawang goreng.

Bisa juga disajikan seperti sate babat yang disiram bumbu kacang. Dimakan bersama nasi maupun lontong juga boleh. Masakan khas Pemalang ini mudah ditemui di mana saja. banyak warung yang menjualnya setiap hari.

4. Kamir

5 Makanan Khas Pemalang yang Mantap untuk Disantap Makanan

Yang satu ini ialah jajanan khas Pemalang. Sedianya asalnya dari Arab.namanya pula diambil dari bahasa Arab, khamir yang maksudnya ragi. Dinamakan demikian karena bahan-bahannya dicampur ragi maupun khamir dan didiamkan satu malam. Jajanan ini tersohor seperti roti Maryam di wilayah makam Sunan Ampel, Surabaya.

Kamir dibikin dari adonan terigu, telur, mentega, ada yang ditambahkan dengan pisang maupun tape. Terdapat 2 kategori kamir di Pemalang. Adalah kamir terigu ada kamir beras. Keduanya berdampingan bugar.

5. Lotek

5 Makanan Khas Pemalang yang Mantap untuk Disantap Makanan

Sedianya santapan satu ini sangat mirip dengan pecel. Nyaris sama dan tak ada kelainannya. Namun ternyata kelainannya yakni lotek ini tidak memakai bawang putih, daun jeruk dan kencur pada bumbunya. Cocok untuk yang tidak suka bawang putih, kencur maupun daun jeruk.

Isinya sayur-mayur seperti kangkung, kacang panjang, tauge, kecipir, sawi, nangka muda, daun ubi, dan timun. Kombinasinya sangat bermacam-macam dan cocok sekali di lidah.  Penasaran? Silakan dicoba.

Sudah puas mencicipi hidangan anda di rumah? Apakah tidak bosan dengan sajian menu itu-itu saja? jelasnya kepingin berhasil berupaya masakan baru yang langka dan cocok di mulut dan di kantong, bukan. Masakan khas Pemalang ini sangat cocok untuk anda yang menyenangi kekayaan kuliner Indonesia.

Jadi, kapan akan berupaya mencicipinya? Ayo, datang ke Pemalang dan menikmati jamuan nusantara yang sangat tradisional dan eksotis. Salam cicip

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *