5 Makanan Khas Lebaran Yang Sering di Jumpai

Posted on

Santapan khas lebaran apa yang sudah anda nantikan malahan sejak sebelum puasa? Jajanan maupun kue-kue lebaran ada banyak yang menggugah mata. Terlebih lagi, iklan-iklan kuliner khas Bulan Ramadhan ada banyak menghiasi media.

Momen lebaran bukan hanya sebuah bentuk ibadah dan hadiah hari raya untuk umat muslim. Lebih dari itu, lebaran adalah momen dan peluang berkumpul bersama keluarga. Memperingati kemenangan, kumpul keluarga dan bersilaturahmi untuk bermaaf-maafan dan nikmati hidangan khas lebaran.

Indonesia sendiri adalah negeri kepulauan yang luas. Umat muslim di Indonesia mencapai 90% dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. jelasnya santapan khas lebaran setiap wilayah memiliki santapan yang berbeda-beda. Bermacam hidangan biasanya disesuaikan juga dengan citarasa setempat. Kali ini, ayo, mencicipi kuliner khas lebaran dari pulau paling barat Indonesia, Pulau Sumatera.

Santapan Khas Lebaran

1. Bebek Gulai Kurma dari Aceh

5 Makanan Khas Lebaran Yang Sering di Jumpai Makanan

Bebek gulai kurma ini walaupun bernama kurma bukan berarti terdapat kandungan kurma di dalamnya. Santapan ini dinamakan bebek kurma karena berasal dari Kota Serambi Mekah. Dimana, Mekah di Arab Saudi terkemuka dengan oleh-oleh hajinya berbentuk buah kurma. Bumbu dan bahan-bahannya tetap saja bumbu khas Indonesia.

Lihat juga makanan khas purbalingga

Kuah santan yang kental sangat berasa gurih, fresh, juga pedas. Daging bebeknya juga sangat empuk dan mudah dikunyah. Aneka rempah masih sangat merasa pula sampai dalam urat-urat dagingnya.

Bebek kurma ini juga memiliki sebutan lain ialah Sie Itek Masak Puteh. Proses memasaknya lama dengan mengenakan api kecil. Sampai-sampai bau amis dari bebek berbeda menjadi bau gurih dan lezat.

2. Gulai Nangka dari Medan

5 Makanan Khas Lebaran Yang Sering di Jumpai Makanan

Lebaran di Medan tidak lengkap seandainya tak menyantap santapan ini. Gulai nangka ini isinya daging ayam, bisa juga daging sapi. Setelah itu dicampur dengan daging buah nangka yang masih muda, dipadukan dengan iga sapi, maupun ceker ayam. Lalu ada ekstra sayur kacang panjang di dalamnya. Objek-bahan itu disatukan dengan kuah santan kental dan gurih.

Kuah santan ini punya banyak rempah. Sangat cocok untuk dimakan bersama ketupat lebaran. Boleh juga ditambah kerupuk bagi yang suka.

3. Rendang Dari Padang

5 Makanan Khas Lebaran Yang Sering di Jumpai Makanan

Santapan satu ini tentu sudah tak asing lagi. Terlebih buat kalian pecinta nasi padang, maupun santapan yang ada di rumah makan Padang. Wilayah yang khas akan santapan kaya rempah dan pedas ini banyak sekali penggemarnya dari pelosok nusantara.

Rendang khas Minang ini terkenal di mana saja. Tentu di Padang sendiri tetap terkenal. Rendang adalah santapan favorite semua orang dari bermacam suku. Dan ternyata adalah santapan yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri di kota asalnya.

4. Ayam Anam Dari Palembang

5 Makanan Khas Lebaran Yang Sering di Jumpai Makanan

Kali ini mampir ke wilayah Sumatera Selatan, tepatnya di ibukotanya, Kota Palembang. Santapan lebaran di sini tidak jauh-jauh dari kuliner tiap hari orang Palembang. Ayam anam ini adalah menu wajib saat lebaran di Kota Empek-Empek ini.

Ayam anam bahwasanya daging ayam yang dimasak dengan bumbu anam. Anam yakni bumbu khas Palembang. Seandainya di Jawa mirip dengan gulai ayam dengan kuah kekuning-kuningan. Ayam dimasak dengan bumbu sesudah itu direbus dengan santan kental. Kerasanya gurih dan nikmat. Dihidangkan dengan ketupat.

5. Gulai Ikan Patin Dari Riau

5 Makanan Khas Lebaran Yang Sering di Jumpai Makanan

Masih di Pulau Sumatera bagian selatan kita singgah ke Provinsi Riau. Saat lebaran tiba, berbeda dengan wilayah lain yang mengenakan daging-dagingan pada masakannya. Riau memutuskan ikan untuk dijadikan menu khas utamanya.

Gulai ikan patin ini adalah satu dari keseluruhan santapan khas lebaran yang memiliki citarasa kokoh dan menggugah selera. Disajikan dengan kuah kuning pekat. Memasaknya dicampur dengan bunga kecombrang yang beraroma wangi.

Lihat juga makanan khas pemalang

Pendamping yang cocok yakni nasi hangat, ubi rebus, dan sayur-mayur dari pucuk daun. Ditambah sambal khas Riau seandainya suka.

Dari Pulau Sumatera saja sudah menggugah selera, bukan? Kerasanya sudah tidak sabar menunggu bulan Ramadan dan sesudah itu lebaran. Jadi, apa saja santapan khas lebaran dari wilayah kamu? Selamat menunaikan ibadah puasa dan menantikan lebaran, ya!

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *