5 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Kamu Coba

Posted on

Santapan khas Kuningan menjadi santapan yang wajib dicoba oleh pengunjung yang berkunjung.

Kuningan yakni satu dari keseluruhan kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Posisinya berada di dataran besar. Sampai-sampai udara di sekitarnya juga dingin dan sejuk.

Santapan khas Kuningan menjadi satu dari keseluruhan daya tarik wisata di Kabupaten ini. Pengunjung yang berkunjung ke Kuningan tak pernah lupa membawa oleh-oleh khas wilayah ini.

Bermacam tipe santapan dan minuman bisa dinikmati oleh pengunjung. Beberapa antara lain yakni:

Santapan Khas Kuningan

1. Hucap

5 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Kamu Coba Makanan

Hucap yakni satu dari keseluruhan tipe panganan khas wilayah Kuningan. Bila dilihat sepintas hucap mirip dengan ketoprak. Hucap terdiri dari tahu, kupat, kecap dan bumbu kacang. Perbandingan antara hucap dan ketoprak yakni cita kerasa hucap lebih manis daripada ketoprak. Hucap sangat cocok dijadikan menu makan pagi. Hucap dijual di pasar-pasar tradisional.

2. Tahu Kopeci

5 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Kamu Coba Makanan

Santapan lain yang wajib dicoba saat di Kuningan yakni tahu Kopeci. Tahu Kopeci ataupun biasa disebut juga tahu Lamping ialah sajian yang paling diburu oleh pengunjung. Di pusatnya ialah di pinggir Gunung Ciremai untuk membeli tahu ini tamu harus antri cukup panjang.

Bila datang agak siangan biasanya suka kehilangan. Wujudnya mirip dengan tahu sumedang hanya saja isi tahu Kopeci ini lebih padat dan lebih lembut. Tahu ini sangat bugar dinikmati selagi hangat. Menyantapnya dengan cabe rawit menjadi kenikmatan tertentu saat berada di Kuningan.

3. Kecimpring

5 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Kamu Coba Makanan

Jajanan lain yang wajib dibeli saat di Kuningan yakni Kecimpring. Kecimpring ialah panganan berbahan dasar singkong berbentuk oval. Ada 2 varian kerasa dari kecimpring. Varian kerasa original ialah perpaduan kerasa gurih dan aroma khas daun bawang. Serta varian kerasa oncom yang memiliki kerasa pedas karena disematkannya oncom di tengah kecimpring. Biasanya orang-orang menjadikan kecimpring sebagai kemilan maupun sahabat makan bakso.

4. Jeniper

5 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Kamu Coba Makanan

Minuman khas yang wajib dibeli saat di Kuningan yakni Jeniper. Jeniper yakni kepanjangan dari Jeruk Nipis Peras. Kabupaten Kuningan ialah sentra industri UKM Jeniper ini. Kerasa jeruk nipis yang asam namun menyegarkan ini banyak dijadikan sebagai ramuan oleh-oleh pengunjung. Dimensi botol Jeniper yang dijual juga beragam dari mulai dimensi kecil hingga dimensi besar. Terlebih lagi tamu bisa meminta dikirimkan via paket pengiriman ke alamat yang dituju. Jeniper sangat lezat jikalau diminum dalam keadaan dingin.

5. Peuyeum Ketan khas kuningan

5 Makanan Khas Kuningan yang Wajib Kamu Coba Makanan

Satu lagi santapan khas Kuningan yang bisa dijadikan oleh-oleh yakni peyeum ketan. Nama lain dari santapan ini yakni tape ketan. Olahan dasarnya tentu saja ketan putih yang diberi ragi sebelum akhirnya dibungkus dengan memanfaatkan daun jambu. Santapan ini biasanya dijual di dalam ember-ember corak hitam.

Dalam setiap embernya berisi 70 – 100 buah peyeum ketan. Buat yang kepingin berhasil membeli peyeum ini dianjurkan untuk bertanya lebih dulu ke penjualnya. Apakah peyeum ini sudah matang ataupun belum. Janganlah lupa pula perhatikan bertepatan pada kadaluarsa yang biasanya ditempel di ember peyeum itu. Cita kerasa peyeum yang nikmat biasanya hanya berumur 3 hari saja.

Santapan khas Kuningan yang beragam ini sangat cocok dijadikan buah tangan bagi pengunjung. Beberapa panganan tersebut malahan sudah dijual diluar dari wilayah Kuningan.

Sebagian besar masuk ke toko oleh-oleh khas Jawa Barat yang biasanya tersebar di beberapa tempat wisata ataupun rest zona.  Namun yang dibilang buah tangan tentu paling bugar membeli langsung di kotanya. Santapan-makanan tersebut bisa membuat Kuningan lebih diketahui oleh pengunjung.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *