5 Makanan Khas Klaten Tanpa Pengawet

Posted on

Sebagai satu di antara wilayah Jogjakarta yang menjadi tujuan utama melancong, santapan khas Klaten juga menjadi incaran sebagai buah tangan.

Tidak akan memuaskan apabila melancong ke Klaten Jogja tanpa membawa oleh-oleh apapun untuk keluarga ataupun sahabat.Dibawah ini yaitu anjuran menu santapan khas Klaten Jogja.

Masakan Khas Klaten

1. Geplak

5 Makanan Khas Klaten Tanpa Pengawet Makanan
Geplak khas klaten

Geplak ialah buatan khas Klaten yang berbahan dasar dari parutan kelapa. Sesudah itu parutan kelapa tersebut dicampur dengan gula dan diberi bermacam ragam varian perona santapan alami. Untuk takaran gula pasir yang dipakai punya takaran yang cukup banyak.

Bentuk dari geplak identik dengan bentuk bola-bola kecil. Kerasa dari geplak sangat manis. Disaat dimakan, santapan ini merasa legit dan renyah.

Hal yang istimewa dari geplak ini bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Sedangkan dalam pengolahannya tidak mengenakan ramuan pengawet apapun.

Karena seperti itu geplak ialah himpunan oleh-oleh utama bagi setiap turis yang berkunjung ke wilayah tersebut. Geplak sangat mudah untuk ditemui. Kira-kira setiap tempat pasti menjajakan kemilan ini.

2. Wajik

5 Makanan Khas Klaten Tanpa Pengawet Makanan

Untuk wajik juga punya ramuan pembuatan yang sama dengan geplak, yakni parutan kelapa. Namun untuk wajik terdapat ramuan ekstra yang berbentuk tepung beras ketan. Modifikasi corak dari wajik juga sama dengan geplak, penuh dengan corak warni seperti merah, kuning dan hijau.

Perbandingan lain dari geplak dan wajik terletak pada cara penyajiannya. Untuk geplak disajikan dalam bentuk bola – bola kecil. Sebaliknya untuk wajik dibungkus mengenakan kertas minyak dan dibentuk seperti kerucut.

Cita kerasa dari wajik juga kira-kira sama dengan geplak, yakni manis dan legit. Namun untuk wajik punya tekstur yang lebih keras dari pada geplak. Karna kemilan tersebut mengenakan tepung beras ketan.

Tak cuma menjadi incaran para turis, wajik ini juga bisa bertahan dalam kurun waktu cukup lama. Masakan tersebut menjadi himpunan dari santapan khas nusantara tanpa ramuan pengawet namun bisa bertahan dalam waktu cukup lama.

3. Slondok

5 Makanan Khas Klaten Tanpa Pengawet Makanan

Masakan Klaten ini ialah satu di antara dari buatan singkong. Bentuk dari slondok sangat unik yakni seperti cincin. Kemilan yang satu ini punya tekstur yang sangat renyah dan gurih.

Slondok juga terkategori ke dalam kemilan tanpa ramuan pengawet apapun, namun bisa bertahan dalam kurun waktu lama. Perihal tersebut diakibatkan proses pengolahan slondok melalui proses penjemuran dulu.

Langkah pertama, singkong digiling dulu, sesudah itu direbus. Sehabis singkong empuk, dibiarkan dingin, lalu dicampur dengan bumbu. Adonan tersebut dibentuk menyamai cincin, lalu dijemur hingga kering.

Sehabis melalui proses penjemuran, slondok digoreng. Lalu ditambahkan dengan bermacam ragam varian bumbu bubuk, baik bumbu jagung manis, BBQ, dan lain – lain.

4. Kepelan

5 Makanan Khas Klaten Tanpa Pengawet Makanan

Kepelan berasal dari wilayah Ds Keden, Pedan. Kemilan ini tercantum kategori buatan yang berbahan dasar gandum. Sesudah itu diolah dengan bermacam ragam bumbu seperti garam, bawang merah, bawang putih dan merica.

Karakteristik khas dari santapan ini berbentuk bundar. Untuk cita kerasa dari kepelan yaitu gurih.

Biasanya kepelan dimakan dengan saus cabai atau saos tomat. Hendaknya kemilan yang satu ini dimakan disaat masih hangat dan baru digoreng.

5. Keripik Belut

5 Makanan Khas Klaten Tanpa Pengawet Makanan

Masakan khas Klaten dan wilayah Jogja yang lain kerap dijumpai buatan santapan yang berbahan dasar sangat unik. Tercantum dengan keripik belut.

Kemilan yang satu ini juga menjadi andalan oleh – oleh khas Klaten. Tak cuma terkategori ke dalam buatan langka, kerasa kemilan ini juga kelihatannya ada cita kerasa gurih dan renyah.

Begitu himpunan dari santapan khas Klaten yang proses pengolahan sama sekali tidak mengenakan ramuan pengawet namun bisa bertahan dalam kurun waktu lama.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *