5 Makanan Khas Kendari Yang Bisa Membuat Ketagihan

Posted on

Suka berliburan kuliner? Bila iya maka Anda perlu berusaha hidangan khas Kendari yang begitu lezat dan bisa membuat ketagihan. Kendari ialah satu dari semua wilayah di Sulawesi Tenggara yang menaruh kemampuan wisata dan kemolekan alam yang mempesona. Tidak hanya itu, sama halnya dengan wilayah yang lain, Kendari juga memiliki hidangan khas yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke sana.

Berdialog tentang permasalahan kuliner di Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Mengingat kira-kira di seluruh wilayah di Indonesia memiliki hidangan khas yang memiliki cita kerasa yang berbeda-beda. Satu dari semua hidangan nusantara yang tersohor yakni hidangan khas Kendari, Sulawesi Tenggara. Apa saja hidangan khasnya? Berikut ulasannya.

Hidangan Khas Kendari

1. Lapa-Lapa

5 Makanan Khas Kendari Yang Bisa Membuat Ketagihan Makanan

Hidangan khas pertama yang wajib untuk Anda cicipi saat berada di Kendari Sulawesi Tenggara yakni Lapa-Lapa. Seperti yang diketahui, Lapa-Lapa ialah hidangan khas yang berasal dari wilayah Buton, Sulawesi Tenggara. Hidangan khas yang satu ini memiliki cita kerasa yang gurih dan kerapkali timbul disaat merambah bulan Ramadhan.

Lihat juga makanan khas wonogiri

Biasanya masyarakat setempat menikmati hidangan Lapa-Lapa ini bersama dengan ikan asin. Satu dari semua ikan asing yang populer damai di Kendari yakni ikan Kaholeonarore yang memiliki cita kerasa yang khas. Bagi Anda yang berkunjung ke Kendari pastikan untuk berusaha hidangan khas yang satu ini.

2. Sinonggi

5 Makanan Khas Kendari Yang Bisa Membuat Ketagihan Makanan

Hidangan khas Kendari selanjutnya yang harus dicoba yakni hidangan Sinonggi. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Sulawesi Tenggara pasti sudah tidak asing dengan menu yang satu ini. Seperti yang diketahui, Sinonggi ialah hidangan dari Suku Tolaki yang sudah sangat populer.

Hidangan yang satu ini dibuat dari sari pati sagu yang diolah dan disajikan bersama rempah yang memiliki cita kerasa gurih. Suku Tolaka bisanya menyantap Sinonggi pada saat melakukan tradisi wilayah yang dinamakan Mosonggi.

3. Kasoami

5 Makanan Khas Kendari Yang Bisa Membuat Ketagihan Makanan

Kasoami ialah makan khas wilayah Kendari yang berbahan dasar dari ubi. Hidangan yang sudah sangat populer di Kendari ini sering disajikan dalam setiap hidangan. Saking populer nya, Anda bisa mendapatkan hidangan Kasoami ini kira-kira di setiap rumah makan di Kendari.

4. Ikan Dole

5 Makanan Khas Kendari Yang Bisa Membuat Ketagihan Makanan

Tidak hanya Lapa-Lapa, Buton ternyata masih memiliki hidangan unik dan lezat yaitu Ikan Dole. Sebanding sama namanya, hidangan khas ini dibuat maupun berbahan dasar ikan tenggiri yang populer kaya nutrisi. Cara pembuatannya juga amatlah mudah, yakni Anda hanya perlu menggiling daging ikan tenggiri yang dicampur dengan kelapa muda parut.
Sesudah itu, Anda bisa menggorengnya hingga corak dari ikan dole tersebut kelihatan kecokelatan. Hidangan khas wilayah Kendari yang satu ini sangat cocok dimakan dengan hidangan khas lain seperti sate gogos dan lapa-lapa.

5. Jus Patikala

5 Makanan Khas Kendari Yang Bisa Membuat Ketagihan Makanan

Puas menikmati hidangan khas Kendari yang begitu lezat, kurang lengkap kerasanya bila Anda tidak menikmati minuman khas Sulawesi Tenggara. Jus Patikala ialah minuman khas kendari yang berasal dari wilayah Kolaka. Minuman yang satu ini dibuat dari buah patikala yang rata-rata memiliki kerasa asam acap kali menyegarkan.

Tidak hanya menyegarkan, Just Patikala ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang tercantum dalam Jus Patikala ini seperti mampu mengurangi kolesterol dan serta berat badan. Minuman yang satu ini sangat cocok disantap oleh mereka yang sedang melangsungkan program diet.

Lihat juga makanan khas nias

Begitu jenis kuliner maupun hidangan khas Kendari Sulawesi Tenggara yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang jalan-jalan ke kota Kendari maupun sekitarnya, pastikan untuk berusaha dan menikmati beberapa hidangan khasnya yang begitu damai. Semoga info diatas bermanfaat dan mampu menginspirasi Anda.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *