5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak

Posted on

Tidak hanya terkemuka dengan wisata pulau karimunjawa yang banyak diburu, santapan khas Jepara juga ikut menjadi buruan para pengunjung.
Kategori santapan sangat variatif, mulai dari santapan ringan hingga santapan pengganti nasi.

Sebelum bertamasya ke Pulau karimunjawa, memang hendaknya mencari referensi lebih dulu tentang kuliner khas Jepara yang paling senang.

Hidangan khas Jepara

1. Horog-Horog

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan

Kuliner ini adalah satu dari keseluruhan santapan pengganti nasi khas Jepara. Penganan tersebut juga menjadi santapan tiap hari yang favorite bagi masyarakat setempat. Namun walaupun dijadikan sebagai santapan pokok pengganti nasi, horog-horog juga sanggup dijadikan cemilan yang yang mengenyangkan.

Horog-horog adalah masakan dari tumbuhan aren. Karakteristik khas dari masakan ini punya tekstur luar kesat. Namun kala dimakan, horog-horog merasa lembut dan halus.

Cara menikmati horog-horog, sanggup dimakan sebagai santapan ringan biasa. Untuk cara penyajian horog-horog sebagai santapan pokok pengganti nasi sanggup dimakan bersama bermacam rupa lauk. Biasanya masyarakat setempat menyajikan horog-horog bersama dengan pecel, sate, gulai dan lain-lain.

Penganan satu ini adalah kuliner khas Jepara yang wajib diburu. Tidak hanya kerasanya senang, santapan tersebut tidak akan pernah dijumpai di wilayah tak cuma Jepara.

2. Bontosan

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan

Sekilas santapan ini terlihat seperti lontong. Karna dikemas memanfaatkan daun pisang dengan cara digulung. Walau dikemas seperti lontong, corak dan tekstur bontosan berbeda jauh dengan lontong.

Bontosan yaitu masakan santapan yang dibikin dari olahan baku kerupuk ikan kerapu. Kerupuk yang dipakai yaitu kerupuk mentah ataupun kerupuk basah. Tidak hanya kerupuk, olahan lain yang dipakai yaitu tepung beras.

Cara pengolahan dari bontosan cukup mudah. Pertama-tama, kerupuk dihaluskan lebih dulu, lalu dicampur dengan tepung beras dan diberi sedikit air. Adonan setelah itu dibungkus memanfaatkan daun pisang dengan cara seperti membungkus lontong, setelah itu dikukus.

Cara menikmati bontosan, sanggup dimakan begitu saja seperti cemilan. Bisa juga dijadikan sebagai santapan pokok pengganti nasi. Untuk santapan pendampingnya sambal dan kerupuk.

3. Bongko Mento

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan

Hidangan khas Jepara ini adalah sejenis kue tradisional. Masyarakat setempat biasanya menyajikan bongko mento dalam kegiatan arisan, syukuran dan lain – lain. Tekstur dari santapan ini sangat lembut.

Ramuan – olahan yang dipakai dalam pengolahan bongko mento sangat beragam. Ramuan tersebut meliputi tepung terigu, bihun, jamur kuping, dada ayam fillet, telur, santan dan rempah – rempah. Semua olahan dicampur secara menyeluruh, setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

4. Rondo Royal / Monyos

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan

Rondo royal yaitu masakan santapan ringan khas Jepara. Penganan santapan ini sedianya sangat tenar, namun agak seperti diabaikan.

Sementara itu bukan hanya di wilayah Jepara, di wilayah lain juga selalu membuat santapan ini. Sayangnya rondo royal hanya dijual di Jepara, paling utama di angkringan. Sebaliknya di wilayah lain hanya dijadikan sebagai santapan rumahan dan tidak dijual di tempat umum.

Rondo royal sendiri adalah kategori masakan tape singkong yang digoreng. Cara pengolahannya, tape singkong dicampur dengan tepung beras dan diberi air sesuai kebutuhan. Sesudah itu adonan tape singkong digoreng.

5. Lontong Krubyuk

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan

Kuliner ini adalah satu dari keseluruhan dari bentuk penyajian lontong yang hanya dijumpai di wilayah Jepara.

Lontong disajikan bersama kuah bakso dan daging ayam semur yang telah disuwir. Biasanya dimakan bersama dengan kerupuk.

Seperti itu referensi dari santapan khas Jepara yang senang dan hanya dijumpai di wilayah Jepara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *